3 Extension Chrome yang Permudah Hidup Mahasiswa
ilustrasi extension chrome yang sedang digunakan mahasiswa. | Sumber: Firmbee.com/Unsplash

Semenjak pandemi, hampir semua kegiatan diselenggarakan secara virtual. Mulai dari bekerja yang dilakukan dari rumah, kegiatan akademik seperti menghadiri kelas dan pengerjaan tugas juga dilakukan secara daring. Gak cuman itu, kegiatan lainnya seperti olahraga dan nonton konser bahkan digelar secara virtual. Walhasil, hampir kebanyakan orang kini bergantung pada internet.

Siapa nih yang sudah setahun lebih kuliahnya diadakan secara online? Bagi Kawan yang berstatus sebagai mahasiswa, mungkin kini telah berteman baik dengan laptop dan internet. Tiada hari tanpa berselancar di internet, belum lagi pengerjaan tugas-tugas kuliah yang memang membutuhkan internet. Untuk itu, ternyata ada loh kumpulan extension yang dapat mempermudah tugas Kawan sebagai mahasiswa. Bukan seorang mahasiswa? Tenang saja, extension ini tetap dapat berguna bagi siapa saja, kok!

Tapi sebelumnya, apa sih extension itu?

Mengutip dari Chrome Developers, extension atau ekstensi merupakan program perangkat lunak kecil yang dapat di-customize sesuai kebutuhan saat browsing melalui web. Extension dibangun di atas teknologi web seperti HTML, JavaScript dan CSS. Biasanya extension memiliki beberapa komponen dan fungsi. Seperti aplikasi yang ada di smartphone, extension juga hadir dalam berbagai macam kegunaan. Berikut ini beberapa di antara extension yang dapat bermanfaat membantu pekerjaan Kawan.

Butuh highlighter pada artikel online? Liner solusinya

Kamu butuh highlighter online saat berselancar di internet? Mungkin dapat mencoba extension Liner. | Sumber: Chrome Web Store
Kamu butuh highlighter online saat berselancar di internet? Mungkin dapat mencoba extension Liner. | Sumber: Chrome Web Store

Apabila sedang membaca catatan pada buku fisik, Kawan dapat menandai kalimat-kalimat penting menggunakan stabilo atau highlighter. Lalu bagaimana bila ingin menandakan kalimat penting dalam sebuah artikel online?

Umumnya, saat mengerjakan tugas kuliah atau saat sedang belajar untuk materi perkuliahan, mahasiswa butuh membubuhkan tanda-tanda bagi poin-poin kalimat yang penting untuk dihafalkan. Mungkin extension chrome yang satu ini dapat membantu Kawan.

Liner-Search Faster & Highlight Web/Youtube, merupakan extension yang dapat membantu memberikan highlighter pada dokumen PDF, artikel online, bahkan menandakan bagian-bagian penting pada video di Youtube. Kumpulan highlighter ini juga dapat dikumpulkan dan diatur.

Melalui Liner, Kawan juga dapat mendeteksi apabila terdapat highlighter lainnya dalam sebuah tulisan yang ditandai oleh pengguna Liner lainnya. Hal ini dapat membantu pekerjaan Kawan agar lebih mudah dan cepat selesai. Tak kalah penting, fitur dasar dari Liner tidak berbayar.

Dark mode untuk tampilan lebih nyaman saat WFH

ilustrasi penggunaan extension Dark Reader. | Sumber: Chrome Web Store
ilustrasi penggunaan extension Dark Reader. | Sumber: Chrome Web Store

Semenjak pandemi, mungkin Kawan semakin akrab dengan perangkat-perangkat yang membantu kegiatan daring. Seperti laptop untuk kegiatan belajar dan mengerjakan tugas kuliah. Tentunya jam kerja yang cukup panjang menuntut mata lebih lama menatap layar laptop yang dapat membuat penglihatan menjadi kurang nyaman, disebabkan cahaya dari layar laptop tersebut. Hal ini dapat diminimalisir dengan mengubah layar laman website Kawan menjadi gelap.

Mari berkenalan dengan Dark Reader. Extension yang satu ini dapat menyulap tampilan website Kawan menjadi dark mode. Tak peduli siang ataupun malam, saat merasa layar sudah terlalu menyilaukan, Kawan dapat mengganti tampilan website dengan dark theme.Dark Reader juga menawarkan fitur di mana Kawan dapat mengatur keterangan, kontras, bentuk dan ukuran font dan lainnya juga lo. Meski begitu, jangan lupa untuk selalu menyempatkan diri untuk sejenak beristirahat ya Kawan. Melalui laman resminya di Chrome web store, Dark Reader mengklaim tidak menampilkan iklan dan tidak mengirimkan data pengguna kemanapun. Wah, terdengar semakin menarik, ya?

Katakan selamat tinggal pada pop up ads dengan memasang AdBlock

ilustrasi penggunaan extension AdBlock. | Sumber: Chrome Web Store
ilustrasi penggunaan extension AdBlock. | Sumber: Chrome Web Store

Siapa yang suka gemas dengan iklan yang tiba-tiba muncul dan mengganggu? Sedang menikmati membaca suatu artikel, tiba-tiba iklan video muncul, belum lagi gerak-gerik gambar di kanan kiri yang mengganggu konsentrasi. Tapi, bagaimana jadinya bila hal-hal seperti itu dapat dihilangkan?

Mungkin Kawan tertarik untuk memasang AdBlock, sebuah extension yang fungsinya telah tertera dengan jelas pada namanya. Dilansir dari laman resminya di Chrome Web Store, AdBlock mengklaim dapat memblokir iklan-iklan yang muncul tiba-tiba di platform YouTube, Facebook, dan website lainnya. Meski begitu, sebagai catatan AdBlock tidak akan memblokir iklan yang dianggap tidak mengganggu, hal ini juga dibutuhkan untuk mendukung proses kerja website tersebut.

Selamat mencoba extension, semoga dapat membantu pekerjaan Kawan!

Referensi: Developer Chrome | Dark Reader | Liner  | AdBlock | Youtube Levelup iD