3 Kampus Terbaik di Asia Tahun 2022, Apa Kampus Indonesia Termasuk?
Kampus Terbaik di Asia | Unsplash - Leon Wu

Sekali lagi, QS University Ranking merilis data mengenai universitas-universitas terbaik se-Asia pada tahun 2022. Dilansir dari situs QS Top University, penilaian ini bekerja sama dengan Elsevier mengacu pada kriteria akademik, reputasi karyawan, persentase mahasiswa internasional, dan juga jumlah karyawan yang memegang gelar PhD.

Tentu kampus ini dapat menjadi referensi para Goodmates yang sudah berencana untuk mengenyam pendidikan di tahun baru 2022 ini.  Lantas universitas apa saja, ya? Apakah kampus-kampus di Indonesia masuk ke dalam list ini? Kita simak informasinya, yuk!

National University of Singapore

National University of Singapore | Shutterstock
National University of Singapore | Shutterstock

Tidak diherankan lagi jika National Singapore University atau biasa disingkat NUS menduduki peringkat satu universitas terbaik se-Asia. Selain menjadi universitas yang paling diincar di Singapura, NUS juga menduduki rangking 11 kategori universitas terbaik di dunia berdasarkan QS Top Universities.

Ada banyak jurusan yang NUS sediakan untuk para calon mahasiswanya. Lima di antaranya adalah yang terbaik dilansir dari Sun Education Group, yaitu jurusan Engineering-Petroleum, Engineering-Chemical,  Geography, Engineering - Civil and Structural, dan Engineering and Technology.

Berbicara mengenai seberapa terkenalnya universitas yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi. Bahkan, jika kamu berniat untuk mendaftar NUS, kamu harus bersaing dengan orang-orang untuk mendapatkan kursi yang dimana hanya 25 persen dari pendaftar yang akan diterima.

Peking University

Peking University | Medium
Peking University | Medium

Beri salam kepada universitas yang berhasil menempati peringkat dua, Peking University. Tidak hanya menjadi yang terbaik kedua se-Asia, Peking University juga masuk sebagai universitas terbaik di dunia pada peringkat 18.

Dikutip dari situs resmi Peking University, universitas yang berlokasi di Barat Laut Beijing ini tidak hanya dikenal karena akademik yang hebat, juga karena Peking University merupakan salah satu universitas tertua di China, dan juga kampus terindah.

Peking University sendiri merupakan universitas paling kompetitif di China. Para calon mahasiswa yang mengikuti tes Gaokao untuk masuk ke Peking University harus menelan kenyataan mengerikan bahwasannya mereka hanya menerima kurang dari satu persen pelamar.

Sementara untuk calon mahasiswi Internasional, tingkat penerimaan Peking University mencapai 95 persen asalkan sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Dilansir dari Yes Study Abroard, Peking University memiliki banyak sekali jurusan yang bisa Goodmates pertimbangkan. Beberapa diantarnya adalah Accounting, Arabic, Art Studies, Biological Science, Chinese Language, dan masih banyak lagi.

Nanyang Technological University

Nanyang Technological University | Alizila
Nanyang Technological University | Alizila

Tidak kalah dengan NUS, salah satu kampus yang namanya sudah di kenal dimana-mana yaitu Nanyang Technological University berhasil masuk sebagai peringkat tiga universitas terbaik se-Asia.

Tidak hanya se-Ssia, Nanyang juga berhasil meraih atensi calon mahasiswa di belahan dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan Nanyang yang berhasil menduduki peringkat 12 universitas terbaik di dunia, satu peringkat lebih bawah dari National University of Singapore.

Dikutip dari Go To University, universitas hits yang satu ini hanya menerima sekitar 25 perrsen calon mahasiswa dan calon mahasiswanya sendiri membutuhkan IPK sekitar 3.6 yang ditentukan Nanyang Technology University lebih tinggi dibandingkan universitas lain. Tidak hanya itu, calon mahasiswa dianjurkan pernah mengikuti kegiatan sosial, seperti OSIS, olahraga, komunitas, dan lainnya agar bisa menjadi nilai plus untuk bisa masuk.

Tidak kalah dengan universitas lain, Nanyang Technology University juga memiliki jurusan yang beragam. Terdapat sembilan jurusan untuk S1, seperti akuntansi dan bisnis, seni dan desain, hingga komunikasi. Selain itu, terdapat fakultas lain yang tak kalah menarik mulai dari pendidikan, teknik, kedokteran, ilmu pengetahuan alam, dan ilmu olahraga.

Bagaimana Goodmates, sudah mulai memutuskan untuk mendaftar universitas yang mana? Tetap semangat dan wajib untuk terus memeriksa informasi mengenai ketiga kampus tersebut.

Referensi: Top Universities | Sun Education | Peking University | Yes Study Abroard | Go To University