Bikin Sehat, 3 Komunitas Olahraga Ini Eksis di Masa Pandemi
Ilustrasi olahraga di masa pandemi | Foto: Jonathan Borba/Pexels

Sejak pandemi, masyarakat menjadi lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Selain mengikuti protokol kesehatan, banyak masyarakat yang mulai menekuni hobi olahraga. Tak hanya itu, banyak pula dari masyarakat yang mulai mengikuti berbagai komunitas olahraga.

Mulai dari komunitas yoga hingga bersepeda, para anggota mendapatkan wadah untuk berolahraga bersama tanpa harus keluar rumah. Penasaran bukan dengan komunitas-komunitas tersebut? Berikut daftarnya untuk Goodmates!

1. Bakar kalori bersama Komunitas Geng Gobyos

Acara Geng Gobyos yang akan datang | Foto: @genggobyos/Instagram

Komunitas olahraga Geng Gobyos terbentuk secara tidak sengaja di tahun 2020. Pendirinya bernama Riana Bismarak. Ia merupakan seorang instruktur olahraga yang aktif mengajar di kelas secara langsung sebelum pandemi.

Setelah pandemi tiba, ia pun tidak bisa lagi mengadakan kelas offline dengan leluasa. Akhirnya, ia iseng mengadakan live instagram dan mengajak pengikutnya untuk berolahraga bersama. Tak disangka, kegiatan online itu disambut dengan baik. Olahraga bersama dengan media live Instagram pun sering Riana adakan sejak saat itu.

Memasuki tahun 2021, Riana akhirnya secara resmi membentuk Komunitas Geng Gobyos dengan keanggotaan berbayar. Istilah gobyos mengambil dari komentar yang sering ditulis pengikutnya saat mengikuti live Instagram. Meski baru berdiri, komunitas ini sudah memiliki 1.500 anggota.

Kalangan ibu rumah tangga mendominasi keanggotaan Geng Gobyos. Tak hanya yang ada di Indonesia, tetapi juga ibu-ibu yang berada di luar negeri. Banyak yang mengaku terbantu dengan adanya komunitas ini karena bisa hidup lebih sehat hingga menurunkan berat badan.

Untuk mengikuti kelas online dari Geng Gobyos, Goodmates bisa memilih paket 1 bulan, 3 bulan, atau 6 bulan. Geng Gobyos juga menyediakan paket trial selama 7 hari dengan biaya Rp50 ribu. Pendaftaran bisa dilakukan di website Geng Gobyos.

2. Bersepeda ria bersama komunitas Sekepal Pedal

Sekepal Pedal saat bersepeda di akhir minggu | Foto: @sekepal.pedal/Instagram

Bersepeda sempat menjadi olahraga yang menjadi pilihan banyak orang di masa pandemi. Tren olahraga ini bisa kita lihat dari adanya komunitas-komunitas bersepeda yang bermunculan, contohnya Komunitas Sekepal Pedal.

Komunitas asal Surabaya ini memiliki anggota sekitar 15 orang yang sebagian besar merupakan karyawan dari perusahaan Mitra Pinasthika Mustika (MPM). Terbuka untuk siapa saja yang ingin bergabung, Sekepal Pedal rutin melakukan gobar (gowes bareng) sejak Mei 2020.

Pada setiap agenda gobar, komunitas ini selalu mengusung tema dan tujuan kuliner yang berbeda-beda. Mereka mampu menempuh jarak bersepeda hingga 40–50 kilometer menggunakan sepeda lipat. Beberapa tempat menarik yang pernah didatangi Sekepal Pedal kala gobar adalah jembatan Suramadu, situs makam di Gresik, hingga pelabuhan.

Uniknya, salah satu anggota komunitas ini adalah seorang mekanik sehingga ia sering diandalkan saat terjadi masalah dengan sepeda di perjalanan. Apakah Goodmates jadi terinspirasi untuk mendirikan komunitas gowes bersama teman-teman sekitar?

3. Komunitas Olahraga Masama makin berkembang

Salah satu kegiatan olahraga yang pernah diadakan | Foto: @masamastudio/Instagram

Sebuah studio olahraga di Jakarta Selatan, Masama Studio, ternyata memiliki komunitas olahraga online yang berkembang pesat di masa pandemi. Sering mengadakan kelas online, olahraga yang ditawarkan bervariasi, mulai dari yoga, pilates, hingga zumba.

Menurut penggagas dari Masama Studio, Helen Irawati, anggotanya kini tak hanya berasal dari Jabodetabek namun juga dari berbagai kota di dunia. Ia berharap bahwa komunitasnya bisa menjadi wadah bagi para anggota untuk tetap bisa menerapkan gaya hidup sehat walaupun pandemi masih berlangsung.

Berbeda dari yang lain, Masama menawarkan inovasi olahraga yang unik seperti Pop Pilates dan Jazzercise (olahraga yang dipadukan dengan tari). Kalau Goodmates tertarik dan penasaran, kegiatan dari Masama bisa dilihat melalui akun Instagram @masamastudio.

Itulah 3 komunitas olahraga yang muncul dan berkembang di masa pandemi. Kondisi yang serba terbatas ternyata tidak menyulitkan untuk tetap hidup sehat. Jangan mau kalah, kita juga harus berusaha menerapkan gaya hidup yang sama, ya!

Referensi : Beritasatu | Jawa Pos | Viva