3 Oleh-oleh Khas Bandung yang Tidak Boleh Dilewatkan
3 Oleh-oleh Khas Bandung | Unsplash - Neermana Studio

Oleh-oleh merupakan satu hal yang tidak bisa dilupakan pada saat berkunjung ke suatu tempat. Biasanya oleh-oleh merupakan representasi yang menampilan ciri khas dari tempat tersebut mulai dari makanan, pakaian, kain, kerajinan tangan, dan lainnya.

Sama halnya dengan Kota Pasundan yang menjadi salah satu primadona Jawa Barat yang satu ini. Bandung tidak hanya memberikan kesenangan pada saat kamu berkunjung, melainkan juga bisa menyebarkan kebahagiaan kepada yang belum juga berkunjung dengan buah tangannya yang menarik.

Lantas, oleh-oleh khas Bandung apa saja yang dapat dibeli, bahkan tidak boleh dilewatkan? Berikut adalah informasinya.

Camilan

Cemilan Khas Bandung | Brisik.id
Cemilan Khas Bandung | Brisik.id

Tentunya Goodmates tidak pernah melupakan fakta bahwa Bandung dikenal dengan kulinernya yang beragam, bukan? Bahkan, salah satu julukan Bandung yang terkenal selain Kota Pasundan adalah Kota Kuliner. 

Dengan julukan yang terkenal itu, rasanya tidak lengkap bukan bila Goodmates tidak memilih cemilan sebagai oleh-oleh yang bisa dibawa ke rumah? Lalu, apakah Goodmates tahu bahwa Bandung memiliki toko oleh-oleh cemilan yang unik? Sebab toko oleh-oleh di Bandung terutama cemilan sangatlah beragam hingga memiliki banyak tempat yang tersebar di seluruh penjuru Bandung.

Cemilan yang dijualnya pun bervarian bentuk dan juga rasa. Jika Goodmates senang dengan cemilan manis, Goodmates bisa membeli kue dari Cocomory, Kartika Sari, Amanda Brownies, Bolu Susu Lembang, dan toko cemilan manis lainnya.

Namun jika kamu lebih senang rasa yang asin dan pedas, kamu bisa membeli snack seperti makaroni basah dan kering, keripik maicih, gurilem, kerupuk seblak kering, dan lainnya yang bisa kamu temukan dengan mudah di toko cemilan.

Sepatu dan Tas khas Cibaduyut

Sepatu Khas Cibaduyut | Pinhome
Sepatu Khas Cibaduyut | Pinhome

Apakah Goodmates tahu bahwasannya pada zaman dahulu, Bandung dijuluki sebagai Paris Van Java? Karena pada masanya, para penduduk asal Belanda yang menetap di Indonesia sering berwisata dan melihat Bandung dengan berbagai toko dan beberapa diantaranya adalah toko yang menjual pakaian atau disebut dengan rumah mode.

Tidak hanya itu, penduduk Bandung juga dikenal sebagai penduduk yang fashionable sehingga ketika berjalan-jalan di sana terasa seperti berjalan-jalan di Paris yang dikenal sebagai Kota Mode.

Hingga saat ini julukan Paris Van Java masih melekat sebagai identitas Bandung. Selain itu, keberadaan Bandung sebagai rumah mode pun masih terjaga sampai sekarang, salah satunya adalah di daerah Cibaduyut Bandung yang dikenal dengan produksi sepatu dan tas dengan kualitas tinggi.

Tentu yang satu ini tidak dapat Goodmates hindari, terlebih lagi jika kamu adalah pecinta fashion. Sepatu dan tas dari Cibaduyut tidak dapat diragukan lagi bahan-bahan serta metode pembuatannya karena para pengrajin di sana sudah sangat terampil membuatnya.

Jangan lupakan bahwasannya dengan produksi yang baik dan juga bahan yang berkualitas, kamu masih bisa mendapat harga murah dibandingkan dengan sepatu dan tas brand luar negeri.

Tanaman Hias

Tanaman Hias di Bandung | Tribun Jabar
Tanaman Hias di Bandung | Tribun Jabar

Bandung dikenal dengan cuacanya yang sejuk. Walaupun pada saat matahari berada di atas kepala, Bandung tetap dirasa sejuk sebab lokasi geografis kota ini sendiri yang berdekatan dengan banyak bukit dan gunung. 

Tidak heran jika berkunjung ke Bandung, Goodmates akan menemukan banyak tanaman hias yang di jual di berbagai tempat. Tanaman hias tersebut juga dapat menjadi oleh-oleh yang bisa kamu beli, terlebih lagi jika kamu senang berkebun atau menghias taman.

Kamu bisa temukan berbagai macam jenis tanaman mulai dari ukuran yang besar hingga kecil sehingga bisa muat di berbagai tempat sesuai dengan selera. Bagaimana Goodmates, sudah tidak bingung lagi untuk beli oleh-oleh apa saat berkunjung ke Bandung?