4 Beasiswa ini Dikhususkan untuk Wanita, Apa Saja?
Beasiswa Khusus Wanita | Unsplash - MD Duran

PENULIS: Anisa Fitri Maulida

Pada hakikatnya setiap manusia memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang setara. Namun sayangnya ada begitu banyak stigma yang mengatakan bahwasannya perempuan tidak perlu mengenyam pendidikan terlalu tinggi.

Hal tersebut dilandasi oleh perempuan yang pada akhirnya akan kembali ke dapur, melayani suami, dan lainnya. Namun stigma tersebut dapat didobrak oleh kehadiran public figure seperti Maudy Ayunda, Cinta Laura, Najwa Shihab, Gita Gutawa, dan public figure lainnya yang dapat mengenyam pendidikan sampai ke jenjang tinggi.

Tidak hanya itu, kehadiran beasiswa khusus wanita ini memberikan harapan pada wanita tangguh Indonesia untuk menjadi pendobrak stigma berikutnya. Lantas beasiswa khusus wanita apa saja yang bisa diikuti? Simak informasinya yang dilansir oleh Kobe Education sebagai berikut:

 

FINCAD Women in Finance Scholarship

Dengan tujuan untuk memberikan dan mendukung wanita untuk meraih pendidikan dan karir pada bidang keuangan, FINCAD memberikan beasiswa untuk jurusan Financial Asset Management, Market Risk Management, dan Derivatives Finance within The Capital Markets. 

Dilansir dari situs resmi FINCAD, beasiswa ini diberikan untuk para wanita di seluruh dunia yang akan meneruskan pendidikan ke jenjang S2 dan juga S3 bidang finance atau keuangan di universitas yang telah terakreditasi.

Beasiswa ini memberikan dana sekitar US$20,000 kepada peserta yang dinyatakan lolos persyaratan yang telah diberikan oleh FINCAD. Jika Kawan tertarik mendaftar, Kawan dapat mencari informasi lebih lanjut ke fincad.com

Margaret McNamara Education Grants

Lembaga yang berdiri pada tahun 1981 yang sebelumnya dikenal sebagai MMMF ini memiliki berbagai program dengan tujuan untuk memperbaiki dan mensejahterakan perempuan dan anak dari negara berkembang. 

Selain itu dilansir dari situs resmi Margaret McNamara Education Grants (MMEG), program ini dibuat dengan visinya pada bidang pendidikan dan juga kesetaraan gender. MMEG juga telah mendukung 465 perempuan dari 75 negara yang terinspirasi untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan dan anak-anak.

Salah satu program yang dimiliki oleh MMEG adalah beasiswa yang menempatkan para pemenang untuk berkuliah S2 atau S3 dengan berbagai jurusan di universitas yang telah terakreditasi di Amerika atau Canada, Afrika Selatan, dan juga Amerika Latin.

Setiap negara memiliki peraturan baik dalam waktu pendaftaran, lama belajar, persyaratan, dan lainnya. Maka dari itu, bagi Kawan yang berminat harap membaca persyaratan dan informasinya secara baik-baik di situs mmeg.org.

 

American Association of University Women (AAUW)

Dilansir dari Kobe Education, American Association of University Women (AAUW) merupakan lembaga yang memberi tujuh program beasiswa jenjang S2,S3, dan juga Postdoctoral di universitas di berbagai wilayah di Amerika Serikat.

Dengan motto Investing in Woman, AAUW memberikan program beasiswa ini dengan tujuan untuk mendukung wanita untuk mendapat kesetaraan dan juga pendidikan yang sama, serta mendukung wanita untuk mencapai impiannya.

Namun patut Kawan perhatikan bahwasannya dalam tujuh program yang diberikan, hanya ada dua program yang Kawan dapat ikuti bila Kawan tidak memiliki kewarganegaraan Amerika. Namun jika Kawan saat ini memiliki kewarganegaraan Amerika, Kawan dapat mengikuti salah satu dari lima program yang ditawarkan. Untuk informasi seperti regulasi, biaya yang diberikan, Kawan bisa mengunjungi situs aauw.org.

STEM Women Higher Education Scholarship

Bagi Kawan yang memiliki minat pada dunia sains dan ingin memperdalam pembelajaran pada bidang Sains, Teknologi, dan Matematika. Maka STEM Women Higher Education Scholarship dapat menjadi pilihan yang tepat.

Beasiswa yang di dukung oleh The Schlumberger Foundation ini berfokus pada pencapaian wanita pada pendidikan dan juga jenjang karirnya. Selain itu, mereka berharap bahwa pencapaian yang didapat oleh para pemenang beasiswa dapat memberikan dampak baik kepada negara asalnya.

Berbeda dengan banyak beasiswa, STEM Woman Higher Education Scholarship tidak memberikan batas umur untuk mendaftar beasiswa ini. Namun akan ada syarat tertentu yang akan dipertimbangkan jika Kawan mendaftar.

Untuk informasi lebih lanjut, Kawan dapat mengakses situs facultyforthefuture.net

 

Dengan adanya keempat beasiswa di atas memberikan keyakinan bahwasannya wanita layak untuk mendapat kesejahteraan dan pemenuhan pendidikan yang baik untuk mencapai karir yang diinginkan.

Apa Kawan siap menjadi bagian dari salah satu beasiswa di atas? Semoga sukses, Kawan!

Referensi: Kobi Education | FINCAD | MMEG