4 Hal Kecil Ini Bisa Membuatmu jadi Orang yang Lebih Baik
Ilustrasi│Zac Durant/Unsplash

Setiap orang tentu berusaha untuk menjadi versi terbaik dari dirinya. Ada banyak hal yang menjadi faktor penting untuk mencapai versi terbaik dari diri kita. Mulai dari kebiasaan sehari-hari, hingga pola pikir. Semuanya akan berpengaruh pada kualitas diri kita.

Kali ini, kita akan membahas tentang beberapa hal kecil yang bisa membuat seseorang dipandang sebagai orang yang lebih baik. Beberapa hal ini adalah hal-hal umum yang juga tidak jauh dari kehidupan sehari-hari kita.

Dengan menerapkan beberapa hal ini, akan sangat mungkin kamu bisa menjadi versi terbaik dari dirimu, serta akan dipandang sebagai sosok yang memiliki kualitas tinggi.

Menghargai waktu

Seseorang yang menghargai waktu, akan dipandang sebagai sosok yang berkualitas. Oleh sebab itu, hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah tentang menghargai waktu.

Menghargai waktu disini bermacam bentuknya, mulai dari mengumpulkan tugas dengan tepat waktu, menghadiri sebuah pertemuan tepat waktu, hingga contoh paling sederhana yaitu bangun pagi .

Jika kamu sebelumnya adalah orang yang tidak begitu peduli tentang ketepatan waktu, sebaiknya kamu segera merubah kebiasaan itu. Percayalah, hal sekecil ini akan berdampak besar pada dirimu sendiri dan kehidupan sosial kamu.

Tidak banyak bicara hal yang tidak penting

Ada sebuah pepatah terkenal yang berbunyi, “Tong kosong nyaring bunyinya”. Pepatah ini berarti bahwa orang yang tidak ada isinya adalah orang yang suka bicara hal tidak penting atau omong kosong.

Hal ini juga berlaku di kehidupan sosial dan kamu perlu menjauhi kebiasaan seperti ini. Namun, kamu juga harus membedakan, mana orang yang benar-benar membicarakan hal yang berbobot dan penting, dan mana orang yang hanya omong kosong.

Bertanggung jawab

Seberapa bertanggung jawab seseorang juga bisa menjadi tolak ukur kualitas yang dimiliki seseorang. Orang yang tidak bertanggung jawab, tentu akan dipandang sebagai orang yang abai dan dipandang remeh.

Oleh karena itu, jadilah orang yang bertanggung jawab. Lebih dari itu, kamu juga harus menjadi seseorang yang bisa memikirkan matang-matang sebelum memulai sesuatu. Kamu harus pikirkan, apakah kamu bisa mempertanggung jawabkan hal yang akan kamu mulai tersebut atau tidak.

Bergaul dengan orang-orang yang bisa membuatmu berkembang

Ilustrasi│Helena Lopes/Unsplash

LIngkungan sekitar adalah faktor yang cukup kuat dalam membentuk kepribadian seseorang. Jika kamu bergaul dengan lingkungan yang berkualitas, maka lambat laun kamu juga akan berkembang menjadi sosok yang lebih berkualitas.

Sebaliknya, jika kamu bergaul dengan lingkungan yang negatif, kamu juga akan berkembang menjadi orang yang negatif. Maka dari itu, bergaullah dengan orang-orang yang bisa membuatmu berkembang, dan jangan ragu untuk keluar dari lingkungan yang berdampak negatif pada diri kamu!

Itu dia empat hal yang bisa menaikkan kualitas dirimu. Cobalah untuk mulai menerapkan hal-hal di atas, dan rasakan perubahan yang akan terjadi pada dirimu.

Referensi: Lifepal│IDN Times│Alonesia