4 Hidangan Korea Ini Viral di Indonesia, Sudah Pernah Coba?
Hidangan Korea | Beauty Journal - Sociola

Saat ini demam Korea masih saja menyebar ke segala penjuru dunia, salah satunya adalah Indonesia. Tidak hanya dari lagu melalui K-Pop, tetapi juga melalui drama, budaya, dan salah satunya adalah makanan khas yang dimiliki Negeri Gingseng sana.

Goodmates tahu tidak?  Sekarang ini ada banyak hidangan asal Korea  tengah viral nih di Indonesia. Bahkan banyak dari hidangan tersebut ditetapkan sebagai menu tetap di cafe atau restorannya. Tidak hanya enak, hidangan ini pun memberikan citra rasa tersendiri.

Penasaran dengan hidangan apa saja yang tengah viral? Mari merapat, kita simak informasinya berikut.

Goguma Ppang

Goguma Ppang | Cookpad
Goguma Ppang | Cookpad

Goguma Ppang atau dalam Bahasa Indonesia Roti Ubi Ungu. Sesuai dengan namanya, roti ini berbentuk seperti ubi ungu yang begitu cantik dan tentunya Instagramable.

Goguma Ppang diambil dari Bahasa Korea itu sendiri yang dimana "Goguma" artinya adalah ubi ungu yang banyak dkigunakan sebagai makanan diet bagi idol dan juga aktor-aktris di Korea. Sementara kata "Ppang" sendiri artinya adalah roti.

Rasa dari Goguma Ppang sendiri terbilang unik, terdapat perpaduan rasa manis dan juga asin yang ternyata berasal dari keju mozarella yang di lelehkan dan menjadi isian bersama ubi. Sementara lapisan luar menggunakan roti dan kulitnya dibuat menggunakan tepung yang diwarnai pewarna makanan.

Korean Strawberry Milk

Korean Strawberry Milk | Tara's Multicultural Table
Korean Strawberry Milk | Tara's Multicultural Table

Beralih pada minuman, kali ini kita berbicara tentang Korean Strawberry Milk. Jelas dari namanya, ini adalah minuman susu yang dipadukan dengan buah stroberi yang menyegarkan.

Berbeda dengan susu stroberi yang biasanya dicampur hingga warnanya berubah menjadi merah muda atau pink, Korean Strawberry Milk ini menggunakan buah stoberi asli yang dimana sebagian sengaja di lelehkan, dan sebagian lagi dipotong dan dimasukan ke dalam fresh milk tersebut.

Sedikit berbeda dengan Korea, di Indonesia buah stroberi memiliki citra rasa yang asam sehingga tak sedikit Korean Strawberry Milk yang dihidangkan kerap memberikan rasa asam dari buah tersebut.

Namun, ada juga yang menyajikan dengan rasa manis sebab buahnya telah dicampur oleh gula. Tenang, Goodmates! Keduanya sama-sama menyegarkan, kok! Kira-kira kamu bakalan jadi tim asam atau tim manis?

Korean Birthday Cake

Korean Birthday Cake | Youtube
Korean Birthday Cake | Youtube

Ulang tahun adalah momen setahun sekali yang harus dirayakan dengan suka cita. Tidak hanya hadiah, rasanya ulang tahun tidak lengkap tanpa kehadiran kue, betul tidak Goodmates?

Nah, masyarakat Indonesia khususnya kawula muda tengah diramaikan oleh kehadiran Korean Birthday Cake yang memiliki desainnya tersendiri dan berbeda dengan kue ulang tahun versi Indonesia pada umumnya.

Hal tersebut dapat kamu lihat dari desain, dan juga pemilihan warna yang ada pada kue. Jika biasanya kue ulang tahun versi Indonesia memperlihatkan langsung kue yang dibuat seperti Black Forest, Rainbow Cake, dan lainnya, maka Korean Birthday Cake ini tidak.

Sebab mereka akan ditutupi oleh krim khusus berwarna lembut seperti pastel, baby pink, sky blue, dan lainnya. Selain itu, Korean Rainbow Cake ini terbilang lebih kecil daripada kue ulang tahun Indonesia yang umumnya bisa muat satu piring besar.

Walau tidak diperlihatkan isinya, namun biasanya Korean Rainbow Cake ini menggunakan Black Forest untuk isian kuenya. Selain itu, tidak ada hiasan buah seperti cherry yang biasa digunakan di kue ulang tahun versi Indonesia. Jadi, bagian atasnya benar-benar polos dan hanya diisi oleh tulisan berisi ucapan selamat ulang tahun.

Soju Halal

Soju Halal | Pikiran Rakyat Depok
Soju Halal | Pikiran Rakyat Depok

Soju? Iya Soju. Eits, jangan terkejut dulu Goodmates! Minuman yang satu ini dijamin halal,kok. Soju halal satu ini tidak terbuat dari fermentasi beras seperti soju pada umumnya.

Soju halal ini dipopulerkan oleh pengusaha asal Bandung, Sovi dan Rinda. Dilatarbelakangi oleh kegemarannya dengan drama korea, Sovi dan Rinda pun membuat soju versi sendiri yang ternyata terbuat dari Virgin Mojito.

Minuman yang satu ini juga memberikan rasa hangat dan segar pada tubuh, dan memiliki berbagai varian rasa seperti rasa leci, yoghurt, stroberi, dan lainnya. Semua varian itu banyak laku dipasaran.

Nah, Goodmates pernah mencoba salah satunya? Atau semakin penasaran dan ingin membelinya? Ayo segera cari cafe atau online shop yang menjual keempat hidangan tersebut, dan rasakan sensasinya.