4 Jurusan ini Cocok Bagi Penggemar Game Online
Jurusan Penggemar Game | Unsplash - Onur Binay

'Demam' game online semakin memanas! Tidak hanya dijadikan sebagai hobi, sebagian orang mulai menjadikan game sebagai pekerjaan tetap untuk menghasilkan uang seperti Youtuber Gaming, dan juga atlet E-Sport. 

Tak heran bila industri game saat ini menjadi salah satu pekerjaan yang diincar banyak orang. Penggemar game online yang tentunya tidak sedikit memberikan keuntungan besar bagi industri game itu sendiri.

Apakah Goodmates merupakan salah satu penggemar atau bercita-cita untuk bisa menjadi salah satu dari para pembuat game, tetapi masih bingung bagaimana cara membuatnya? Jurusan ini mungkin cocok untuk menjadi awalan kariermu.

4 jurusan yang membantumu menjadi pembuat game

Game online | Unsplash - Erik Mclean
Game online | Unsplash - Erik Mclean 

Tidak seperti saat bermain game, memberikan pengalaman menyenangkan bagi para konsumen bukanlah hal yang mudah bagi para pengembang game. Dibutuhkan orang-orang ahli dan juga modal besar untuk membentuk fondasi game yang kokoh.

Selain itu ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan untuk membuat satu game seperti grafik, alur cerita, sistem permainan, dan lain-lain. Kamu bisa mempelajari ilmunya lewat jurusan berikut.

Teknologi Game

Bagi beberapa universitas, teknologi game merupakan bagian dari teknologi informatika. Dikutip dari Rencanamu, jurusan ini mempelajari tentang bagaimana sebuah game bisa dimainkan banyak orang.

Dimulai dari merancang cerita, membuat animasi dan storyboard, sistem permainan seperti level, bahkan kamu juga akan diajarkan cara mendistribusikan game kepada publik. Ibaratnya jurusan ini menjadi paket lengkap untuk kamu si pembuat game. 

Sayangnya jurusan ini tidak banyak ditemukan di seluruh universitas. Jadi kamu harus memilih secara hati-hati, ya, Goodmates.

Software Engineering

Salah satu fondasi terbesar dalam dunia game adalah perangkat lunak yang menjadi 'cangkang' bagi game tersebut. Tanpa perangkat lunak atau software, tentu game tersebut tidak akan ada.

Dilansir dari Kompas, di jurusan Software Engineering kamu akan diajarkan untuk membentuk perangkat lunak yang nyaman, mudah digunakan, tepat guna, dan juga memiliki kekuatan.

Tidak hanya diajar membentuk saja, kamu juga akan diajarkan untuk memecahkan solusi di kala perangkat lunak tersebut down atau mengalami kerusakan, bahkan sampai tidak bisa digunakan.

Desain Komunikasi Visual

Sesuai dengan namanya, jurusan Desain Komunikasi Visual atau yang dikenal DKV merupakan jurusan yang cocok untuk Goodmates yang ingin bergabung mengembangkan game dari sisi visualnya. 

Tidak hanya sekedar gambar biasa, memasuki DKV tandanya kamu harus siap untuk membuat gambar yang bermakna komunikatif dan informatif agar dipahami oleh publik. Oh ya, di beberapa universitas, salah satu mata pelajaran yang wajib diikuti adalah animasi. Sangat cocok untuk kamu si pembuat game. 

Manajemen Komunikasi

Siapa bilang kalau jurusan yang satu ini tidak berkaitan erat dengan pengembangan game? Jangan salah, jurusan Manajemen Komunikasi dapat turut andil untuk membentuk alur cerita yang baik.

Memang, membuat ide cerita adalah hal yang bisa dilakukan semua orang terlepas dari jurusannya. Tetapi dengan kamu menambahkan orang ahli dari Manajemen Komunikasi, kamu akan lebih mudah menuliskan alur cerita yang runtut agar mudah dipahami dan dapat membentuk pesan yang baik.

Bagaimana Goodmates, sudah menemukan jurusan yang 'kamu banget'? Jangan lupa untuk selalu mencari informasi mengenai jurusan favoritmu agar tidak tertinggal informasi, ya. 

Referensi: Rencanamu | Kompas