4 Kampus Dunia dengan Toga Unik, Mana Favoritmu?
Kampus Dengan Toga Unik | Unsplash - RUT MIIT

Menggunakan toga sudah pasti menjadi impian bagi seluruh mahasiswa. Atribut yang terdiri dari topi dan pakaian ini sudah menjadi tradisi umum bagi semua kampus. Toga menandakan kelulusan mahasiswa setelah bertahun-tahun mengenyam pendidikan, serta mengikuti berbagai tes hingga akhir. Tentunya menjadi impian Goodmates juga, 'kan?

Tidak hanya dilihat sebagai simbol kelulusan, toga juga sering menjadi perhatian. Tidak hanya oleh mahasiswa di dalam kampus, tetapi juga di luar kampus karena bentuknya yang terlihat mewah dan berwibawa. Siapapun yang menggunakannya akan terlihat sangat luar biasa.

Namun, hal tersebut berbeda dengan empat kampus dunia ini. Tidak hanya memberikan kesan hebat, toga ini juga didesain berbeda dengan toga kampus pada umumnya. Bahkan beberapa di antaranya juga terlihat seperti seragam di film-film, lo. Seperti apa keunikan toga tersebut? Berikut informasinya.

Toga Cambridge University

Cambridge University | Twitter
Cambridge University | Twitter

Siapa yang tidak kenal dengan Cambridge University? Kampus yang termasuk ke dalam kampus terpopuler ini tidak hanya memiliki sistem pendidikan yang luar biasa hebat, tetapi juga toga dengan desain yang unik.

Apa yang membuat toga milik Cambridge University populer adalah desainnya yang menggunakan tudung hitam dengan bulu putih bak tengah menggunakan jaket pada musim dingin. Tudung tersebut mengelilingi bagian leher dan juga menutupi dada sehingga terlihat seperti menggunakan selendang.

Walau terkesan berlapis-lapis, tetapi toga ini memperlihatkan kesan yang elegan. Bahkan, toga ini terlihat seperti pakaian kerajaan pada musim dingin di film genre fantasi.

Toga Chulalongkorn University

Chulalongkorn University | Chulalongkorn University
Chulalongkorn University | Chulalongkorn University

Jika Goodmates sering melihat bahwa toga menggunakan warna yang kuat dan pekat untuk melambangkan warna kampusnya. Maka, di Chulalangkorn University Thailand kamu akan melihat toga dengan desain warna yang berbeda.

Toga yang dimiliki kampus yang satu ini begitu sederhana tetapi tidak meninggalkan kesan yang elegan. Warna toga yang dimiliki kampus ini adalah putih hampir transparan sehingga orang yang menontonnya bisa melihat pakaian yang dikenakan para mahasiswa.

Walau transparan, toga ini juga memiliki corak warna pada bagian pergelangan tangan dan bagian tengah toga. Artinya, melambangkan fakultas masing-masing sehingga akan lebih mudah mengenali mahasiswa dari mana saja yang mengikuti seremoni bermakna ini.

Toga University of The Philippines

University of The Philippines | University of Philippines Los Banos
University of The Philippines | University of Philippines Los Banos

Simple dan bermakna, dua kata yang melambangkan toga unik dari University of The Philippines atau yang biasa disebut UP. Berbeda dengan toga lain yang biasanya berbentuk jubah panjang menutupi bawah lutut, UP hanya menggunakan pakaian putih dan selendang untuk upacara kelulusan mereka.

Eits, selendang ini bukan sekedar selendang biasa, Goodmates. Dilansir dari Line Today, selendang merah dengan corak kuning dan hijau ini dinamakan Sablay. Biasanya Sablay digunakan pada acara penting universitas dan salah satunya graduasi ini. Sablay sendiri memiliki makna mendalam yang artinya nasionalisme dan pentingnya menempatkan budaya asli. 

Toga Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran | Jawa Pos
Universitas Padjajaran | Jawa Pos

Salah satu kampus dengan desain toga yang unik ternyata ada di Indonesia! Tepatnya di Universitas Padjajaran atau yang akrab disebut Unpad. Universitas yang berlokasi di Jatinangor dan Bandung ini memiliki toga yang khas.

Bahkan banyak yang beranggapan bahwa toga milik Unpad terlihat seperti seragam Hogwarts yang merupakan sekolah sihir dalam film Harry Potter sehingga toga tersebut viral di media sosial. Tidak hanya itu, toga yang dimiliki Unpad memiliki banyak warna.

Dalam kompas disebutkan bahwa Unpad memiliki berbagai macam warna toga yang dilambangkan berdasarkan tingkat kelulusan. Semakin tinggi gelar pendidikan akan semakin tinggi warnanya, tentu saja setiap warna memiliki arti sendiri.

Seperti biru menandakan kegigihan untuk meraih cita-cita, merah melambangkan kekuatan atau cita-cita yang bersifat agresid dan aktif, hijau tosca melambangkan kepribadian yang teguh, dan terakhir biru tua melambangkan kepribadian bijak, perasa, dan integratif.

Nah, itulah beberapa toga unik yang ada di dunia. Toga Indonesia juga ada yang unik, ya, ternyata. Bagaimana Goodmates, kamu lebih senang toga yang seperti apa, nih?

Referensi: Line Today | Kompas