4 Tips Belajar Bahasa Asing Bermodalkan Kuota
Belajar Bahasa Asing | Unsplash- Waldemar Brandt

PENULIS: ANISA FITRI MAULIDA

Bahasa asing saat ini menjadi salah satu keterampilan yang banyak dibutuhkan di dunia kerja dan juga pendidikan. Tak heran, berkembangnya pasar di berbagai bidang yang dibuktikan dengan banyaknya kolaborasi perusahaan antar negara, tumbuhnya perusahaan multinasional, serta banyaknya negara yang menyediakan beasiswa sebagai pionir di bidang pendidikan membuat bahasa asing menjadi hal yang wajib untuk dipelajari.

Jika Kawan berpikir bahwasannya mempelajari bahasa asing itu sulit dan memakan banyak biaya, maka Kawan wajib mengetahui tips belajar bahasa asing bermodalkan kuota, berikut adalah tipsnya:

Mencari Tutor dari Youtube

Sama seperti belajar di sekolah, mencari tutor atau guru menjadi langkah awal dalam mempelajari bahasa asing. Adanya tutor dapat memberikan penjelasan dan juga menjadi pengawas agar implementasi bahasa yang digunakan sesuai dengan kaidah bahasa seharusnya.

Saat ini media sosial menjadi salah satu media yang banyak digunakan ahli untuk memberikan informasi dan pembelajaran, salah satunya adalah kanal Youtube. Kawan bisa mencari tutor atau guru di Youtube yang sesuai dengan gaya belajar yang disukai.

Jangan lupa juga untuk mencatat hal penting seperti kosa kata dan juga tata bahasa (grammar) agar dapat dipelajari kembali.

Hindari Menonton Film Menggunakan Subtitle Bahasa Indonesia

Tidak hanya mempelajari kosa kata dan grammar, mendengarkan dan menyimak orang lain berbahasa asing juga menjadi pelajaran yang harus dilakukan. Karena suatu kata akan diketahui bagaimana bunyi dan implementasinya saat diucapkan.

Menonton film dapat menjadi metode listening efektif dan juga menyenangkan. Namun disarankan untuk tidak menggunakan subtitle Bahasa Indonesia agar Kawan dapat menerjemahkan sendiri percakapan antar tokoh dalam film tersebut. Tidak hanya itu, menonton film tanpa menggunakan subtitle Bahasa Indonesia dapat menambah kosa kata juga lho.

Namun jika Kawan kesulitan, Kawan bisa menggunakan subtitle bahasa asing itu sendiri. Contohnya menggunakan subtitle Bahasa Inggris untuk film berbahasa Inggris.

Manfaatkan Aplikasi untuk Berbicara dengan Orang Asing

Salah satu tujuan mempelajari bahasa asing adalah dapat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang telah dipelajari sebelumnya. Maka dari itu, metode speaking sangat disayangkan bila tidak dipelajari.

Jangan risau bila Kawan tidak miliki teman untuk mempraktekan bahasa asing, sebab saat ini ada begitu banyak aplikasi yang ditujukan untuk berbicara dengan orang asing di seluruh dunia via daring.

Kawan dapat mencari aplikasi khusus untuk berbicara baik secara langsung maupun via chat di Google Playstore atau App Store.

Gunakan Terjemahan dan Pedoman Tata Bahasa Untuk Mengoreksi Tulisan

Di setiap pembelajaran, kesalahan mungkin akan Kawan dapatkan. Tak terkecuali saat belajar bahasa asing yang dimana bahasa tersebut tidak pernah digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Bila Kawan mulai mencoba untuk menulis dengan menggunakan bahasa Asing entah itu menulis essay atau menulis surat lainnya, pastikan Kawan menggunakan aplikasi penerjemah untuk berjaga-jaga bila ada kesalahan penulisan kata.

Canggihnya internet saat ini menghasilkan banyak produk yang bisa digunakan. Tidak hanya aplikasi terjemahan, Kawan juga dapat menggunakan aplikasi Grammar Checker dengan tujuan untuk memeriksa tata bahasa (Grammar) pada tulisan Kawan.

Bagaimana, Kawan? Sudah yakin untuk mulai belajar bahasa asing? Dari seluruh tips yang diberikan, ada satu tips kecil yang harus selalu diingat. Yaitu, konsisten.

Tanpa adanya konsisten yang tumbuh dalam diri, tips-tips di atas mungkin tidak akan bekerja maksimal.

Semangat belajar, Kawan! Yakinkan diri bahwa semua yang dipelajari, akan memberikan keuntungan di lain hari.