Ciptakan Presentasi yang Memukau Lewat 4 Tools Ini
Ilustrasi sedang presentasi | Foto: Matthew Osborn/Unsplash

Goodmates pasti sudah sangat familiar dengan presentasi. Bahkan, sejak duduk di bangku sekolah, kegiatan semacam ini kerap kali menjadi bagian dari penugasan terutama secara kelompok.

Kebanyakan orang umumnya memakai Microsoft PowerPoint sebagai alat utama dalam membuat file presentasi. Padahal, ada banyak tools presentasi yang bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan presentasi yang apik. Berikut Goodside rangkum informasinya.

1. Canva

Canva | Foto: Canva.com

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi desain sejuta umat ini? Canva sebetulnya merupakan tools membuat desain untuk beragam keperluan dunia grafis. Contohnya logo, cover buku, infografis, sampai thumbnail video.

Layanan yang satu ini rupanya juga mempunyai fitur untuk membuat desain presentasi secara online. Uniknya, kamu dapat mengakses ribuan template presentasi yang tersedia. Canva sendiri mengkategorikan jenis slide untuk mempermudah pemakaian, seperti creative, business, visual charts, dan masih banyak lagi.

Pengguna bisa memilih slide tersebut sesuai kebutuhan. Tidak usah bingung, kamu tinggal mengeditnya dengan mudah. Berminat menggunakannya? Silakan akses melalui laman Canva di sini.

Baca juga: Segera Gelar Konser di Indonesia, Justin Bieber Bagikan Makna Album "Justice"

2. Google Slides

Google Slides | Foto: Slidesgo

Kalau Microsoft memiliki Microsoft PowerPoint, Google pun mempunyai Google Slides. Tools presentasi online ini hadir dengan fitur Google Docs sekaligus Google Sheets bagi para pengguna.

Kamu bisa membuat slide presentasi di mana pun dan kapan pun selama terhubung via internet. Tidak perlu repot-repot, cukup masuk dengan sebuah akun Google dan kamu bebas bekerja dari perangkat mana pun. Google Slide juga memungkinkan kita untuk mengedit secara real-time, sekaligus berkomunikasi (chatting) dengan orang lain di dalam presentasi. 

Buat kamu yang suka lupa dalam menyimpan dokumen, tenang saja. Setiap perubahan yang ada akan otomatis tersimpan sewaktu mengetik. Manfaatkan menu revision history untuk cek perubahan yang pernah terjadi, berdasarkan tanggal dan siapa saja yang melakukan pengeditan.

Kelemahan dari Google Slides sendiri adalah template presentasi yang masih terbatas dan tergolong sederhana. Meskipun begitu, kamu boleh mengunggah tema sendiri, seperti dari PowerPoint dan memakainya di Google Slides. Kunjungi situs resminya untuk mencoba langsung layanan produk Google yang satu ini.

3. Prezi

Prezi | Foto: YouTube

Kalau kamu beranggapan bahwa slide presentasi itu monoton dan cenderung membosankan, kamu salah besar. Prezi hadir sebagai salah satu tools berbasis cloud yang menyajikan presentasi melalui cara yang lebih interaktif.

Baca juga: Rekomendasi Kegiatan Selama Gap Year, Bikin Kamu Tetap Produktif

Menu zoom in dan zoom out dengan efek transisi yang unik menjadi fitur andalan yang pastinya akan membuat audiens merasa betah. Kamu bisa mengkreasikan ide-idemu untuk membuat tampilan presentasi yang apik lewat bantuan tools tersebut.

Prezi juga mempunyai aneka template yang memungkinkan pengguna untuk mengedit presentasi online dengan gampang. Namun, layanan ini berbasis cloud sehingga hasilnya akan tersimpan dan harus kamu tampilkan secara online.

Berkolaborasi dan berbagi ide kreatif dengan orang lain pun akan terasa lebih efektif melalui Prezi. Aplikasi presentasi yang satu ini sangat ideal untuk semua kalangan, baik pelajar, mahasiswa, tenaga pendidik, hingga staf perusahaan.

Sejauh ini, Prezi mempunyai dua versi, yakni free untuk presentasi publik dan pro ($10/bulan) untuk fitur yang lebih lengkap. Kamu tertarik? Silakan langsung mencobanya di situs resmi Prezi.

4. Visme

Visme | Foto: satoristudio.net

Situs yang satu ini menyediakan semua fitur yang kamu perlukan untuk membuat presentasi. Sebab, Visme menyimpan segudang template artsy dengan lebih dari 100 jenis font, ribuan aset vektor, plus graphic tools gratis yang memudahkan penggunanya dalam mendesain slide presentasi yang menawan.

Baca juga: E-money dan E-wallet, Apa Perbedaannya?

Bukan cuma sekadar alat bantu presentasi biasa, Visme juga menawarkan visualisasi data, infografis, demo produk, banner web, sampai resume. Layout beserta background yang ada terlihat sangat jelas (HD) dan profesional pula.

Kamu dapat menciptakan konten visualmu sendiri dengan menambahkan animasi, video, ataupun audio ke dalamnya. Belum lagi dengan tampilan halaman Visme tergolong user friendly sehingga pengguna tidak akan merasa kesulitan untuk mencoba beragam fitur yang tersedia.

Sebagai catatan, layanan Visme tersedia secara gratis maupun berbayar. Tentunya fitur gratis akan bersifat terbatas, alias tidak sebanyak yang berbayar. Tertarik menggunakan Visme? Kunjungi situsnya di sini.

Demikian sejumlah tools yang dapat kamu manfaatkan untuk menghasilkan presentasi yang memukau. Dengan adanya rekomendasi ini, pastikan presentasimu tidak monoton dan bisa lebih menarik lagi.

Referensi: Cari Sinyal | Kompas