5 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Beli Laptop Second
Laptop Second | Unsplash - Samantha Borges

Sama seperti membeli pakaian di thrift shop, membeli laptop second masih menjadi pilihan. Bukan karena dana terbatas, tetapi masih banyak performa laptop lama yang sama dengan laptop keluaran terbaru dengan harga yang jauh lebih murah.

Namun tetap, laptop second tetaplah laptop yang pernah digunakan oleh orang lain. Sehingga kita harus lebih waspada agar tidak 'tertipu' oleh seller nakal yang bisa membandol harga mahal dengan kualitas yang ternyata tidak sesuai harga.

Daripada buntung, lebih baik kita simak lebih lanjut informasi mengenai apa hal yang wajib diperhatikan sebelum membeli laptop second, yuk?

Hal yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop second

Laptop second | Unsplash - Giorgio Trovato
Laptop second | Unsplash - Giorgio Trovato

Membeli barang second memiliki tantangan tersendiri. Hal tersebut disebabkan karena tidak semua barang second memiliki kualitas yang sesuai dengan harga walaupun bila dibandingkan dengan barang baru, akan lebih murah.

Namun jangan salah! Jika kamu beruntung, ada juga barang second yang kualitasnya sama dan bahkan lebih baik daripada barang terbaru, lho.  Agar tidak tertipu, mari kita simak hal yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop second.

Survey harga 

Tidak hanya berlaku untuk laptop keluaran terbaru saja, kamu wajib mematok harga dengan mencari harga-harga laptop yang kamu inginkan. Hal tersebut dilakukan agar kamu tidak 'ditipu' oleh seller yang akan menjual laptopnya kepadamu.

Karena tidak sedikit juga seller yang biasa mematok harga laptop second lebih mahal, dan bahkan jauh lebih mahal dari harga aslinya!

Tidak hanya itu, dengan survey harga pun bisa menjadi referensi jika kamu hendak nego harga. Jangan lupa juga sebutkan alasan nego tersebut agar agenda nego bisa lebih lancar dan terhindar dari salah paham.

Usahakan cari laptop yang masa pakainya sebentar

Membeli barang second memang memiliki risiko. Salah satunya risiko turunnya performa hingga rusak. Tetapi kamu bisa meminimalisir risiko tersebut dengan mencari laptop yang masa pakainnya sebentar.

Artinya adalah laptop yang digunakan sebentar oleh seller lalu dijual, dinilai akan lebih aman untuk di pakai sebab kondisi laptop baik dari segi software maupun hardware masih 'fresh', terlebih lagi ini adalah laptop yang dimana semakin tua risikonya akan semakin besar.

Lihat kondisi laptop

Melihat kondisi laptop sebelum dibeli wajib dilakukan. Tidak hanya memeriksa body laptop, tetapi juga bagian dalam seperti perangkat lunak. Pastikan kondisi body laptop dalam keadaan bersih dan semua komponen seperti baterai, port, dan lain-lain berfungsi. 

Sementara untuk perangkat lunak, usahakan kamu melihat spesifikasi dari laptop tersebut, cek connection,  kemudian jangan lupa cek virus dengan anti virus. 

Hal tersebut dapat menghindari kamu juga dari seller nakal yang kerap memberikan spesifikasi yang tidak sesuai dengan perkataannya.

Minta dampingan orang ahli

Jika kamu ingin membeli laptop second tetapi tidak banyak mengetahui seluk beluk mengenai laptop serta spesifikasinya, usahakan untuk meminta bantuan berupa pendamping orang ahli yang banyak mengetahui soal laptop.

Sekali lagi ini, langkah ini akan menghindarkan kamu dari seller nakal yang biasanya kerap memberikan review yang tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. Tentunya kita tidak ingin dibuat buntung karenanya bukan? 

Gunakan transaksi Cash on Delivery

Goodmates pastinya sudah tidak asing, 'kan dengan istilah Cash on Delivery atau COD? Transaksi ini dinilai lebih aman untuk membeli laptop second daripada sistem transfer bank. 

Bukan tanpa alasan, dengan menggunakan COD kita akan langsung bertemu dengan seller dan juga barang yang akan dibeli. Akan lebih baik jika kamu menggunakan tips sebelumnya yaitu membawa orang ahli untuk memeriksa kembali kondisi laptop dari segi bodi dan juga software.

Jika semua sudah sempurna dan sesuai dengan keinginan, kamu bisa langsung membayar. Bagaimana Goodmates, sudah dicatat tipsnya? Semoga kamu bisa segera mendapatkan laptop yang diinginkan, ya.