5 Kampus Terluas di Indonesia, Bisa Tebak Mana yang Paling Luas?
Ilustrasi│marcela_net/Pixabay

Sejumlah kampus di Indonesia sudah mulai ada yang melaksanakan perkuliahan hybrid atau bahkan luring. Nah, hal ini berarti sejumlah mahasiswa akan kembali merasakan atmosfer kampus secara langsung, bukan hanya dari depan komputer saja.

Di Indonesia sendiri ada begitu banyak kampus, mungkin ada hingga ribuan kampus yang ada di Indonesia. Di antara ribuan kampus tersebut, ada beberapa diantaranya yang sangat luas, bahkan luasnya hampir menyamai sebuah negara.

Kali ini, kita akan membahas kampus-kampus terluas yang ada di Indonesia. Berikut kampus-kampus terluas di Indonesia.

Universitas Indonesia

Foto: Wikiwand

Universitas Indonesia atau yang dikenal juga sebagai UI merupakan salah satu universitas yang terkenal sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia. Selain menjadi salah satu kampus terbaik, UI juga salah satu kampus terluas di Indonesia, lo.

UI memiliki luas hingga 320 hektare. Di dalamnya terdapat berbagai fasilitas seperti stadion dan perpustakaan, danau, hingga sebuah hutan. Meski terkesan cukup luas, nyatanya UI hanya berada di urutan kelima sebagai kampus terluas di Indonesia.

Universitas Sumatra Utara

Foto: Detik

Di urutan keempat ada Universitas Sumatra Utara atau USU. USU memiliki luas mencapai 416 hektare, lebih luas 96 hektare dari UI. USU adalah salah satu kampus favorit di Pulau . Universitas ini adalah salah satu kampus incaran bagi mahasiswa di Pulau Sumatra.

Universitas Andalas

Foto: Okezone

Masih dari Sumatera, kampus terluas yang menempati urutan ketiga adalah Universitas Andalas yang terletak di Kota Padang, Sumatra Barat. Universitas Andalas memiliki luas kurang lebih 502 hektare.

Universitas Andalas memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Tidak hanya itu, fakultas dan jurusan yang ada di Universitas Andalas pun juga sangat lengkap.

Universitas Riau

Foto: Mamikos

Di urutan kedua ada Universitas Riau yang menjadi kebanggaan masyarakat Provinsi Riau. Universitas Riau terletak di Kota Pekanbaru dan memiliki luas mencapai 700 hektare. Hampir dua kali lipat luas Universitas Indonesia.

Fasilitas yang ada di Universitas Riau tidak perlu dipertanyakan lagi, Universitas Riau memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Salah satu yang terkenal adalah fasilitas Training Center yang difokuskan untuk mencapai tujuan civitas akademika, dengan beberapa  bidang yang berhasil dikembangkan untuk kegiatan pelatihan tersebut. 

Universitas Sriwijaya

Foto: Pikiran Rakyat

Masih belum beranjak dari Pulau Sumatera, predikat sebagai kampus terluas di Indonesia datang dari salah satu kampus negeri di Sumatera. Universitas Sriwijaya yang terletak di Kota Palembang, Sumatra Selatan memiliki luas mencapai 721 hektare dan menjadikannya sebagai kampus terluas di Indonesia.

Luas Universitas Sriwijaya ini bahkan setara dengan 3 sampai 4 kali lipat luas negara Monako. Selain itu, Universitas Sriwijaya juga merupakan kampus terluas di Asia Tenggara.


Referensi: GramediaSindonewsDetik