5 Kebiasaan Buruk yang Sebaiknya Mulai Kamu Hilangkan
Ilustrasi│Nubelson Fernandes/Unsplash

Apakah kamu sering merasa tidak produktif dalam mengerjakan sesuatu? Atau mungkin sering menyesal setelah melakukan sesuatu karena tidak maksimal? Mungkin hal ini kamu rasakan karena kamu membiarkan kebiasaan buruk kamu masih berjalan.

Kebiasaan buruk, yang meskipun terlihat kecil dan remeh, apabila dibiarkan saja akan semakin mengakar dan berpengaruh pada produktivitas kamu loh! Nah, kamu bisa cek di bawah ini apa saja kebiasaan buruk yang bisa mempengaruhi produktivitas kamu. Jika kamu menemukan kebiasaan yang sering kamu lakukan, sebaiknya mulai sekarang kamu harus bisa menguranginya ya!

Sering Menunda-nunda

Menunda-nunda adalah hal yang sangat umum, hampir semua orang suka menunda-nunda pekerjaan. Namun ini adalah hal yang tidak baik dan harus dihilangkan. Jika ingin beristirahat sejenak tidaklah masalah, tapi jangan jadikan istirahat sebagai alasan untuk menunda pekerjaan lebih lama lagi.

Seperti halnya dengan kebiasaan mengerjakan pekerjaan yang sudah mepet deadline. Ini adalah kebiasaan buruk yang harus segera dihilangkan. Menunda pekerjaan dan mengerjakannya saat mepet deadline yang ada malah hanya akan membuat pekerjaan tidak maksimal. Daripada menunda, jauh lebih baik jika segera diselesaikan, dengan begitu akan ada banyak waktu luang yang bisa kamu gunakan untuk bersantai tanpa memikirkan deadline.

Kebiasaan menunda-nunda tidak terbatas pada menunda pekerjaan saja. Menunda bangun tidur dengan menunda alarm juga merupakan kebiasaan buruk yang sebaiknya mulai dihilangkan.

Tidak Memiliki Planning

Ilustrasi│Kelly Sikkema/Unsplash

 

Bagi sebagian orang, mungkin merencanakan pekerjaan yang akan dilakukan pada suatu hari tidaklah penting. Jangan salah, merencanakan pekerjaan apa saja yang akan dilakukan pada satu hari cukup penting untuk membuat diri kita disiplin. Selain itu planning juga akan memberikan motivasi kepada diri kita untuk segera menyelesaikan satu pekerjaan dan melanjutkan pekerjaan selanjutnya. 

Tidur Tidak Teratur

Tidur yang teratur akan berdampak besar pada pekerjaan kita. Jam tidur yang teratur akan membuat mood tidak terjaga, mempengaruhi kinerja otak, hingga berdampak pada kesehatan. Maka dari itu, jangan biasakan begadang dan tidur malam kurang dari 6 jam, bahkan lebih baik juga jika dibarengi tidur siang yang cukup.

Terlalu Sering Memainkan Gadget

Bagi sebagian besar orang, terutama milenial, gadget adalah sumber distraksi terbesar. Kadang kita mencoba berniat untuk mengecek sosmed sebentar di tengah-tengah pekerjaan, dan tanpa tersadar kita telah berselancar di sosial media selama setengah jam. Akibatnya pekerjaan akan tertunda dan tidak kunjung selesai.

Jika kamu merasa sering mengalami kebiasaan ini, sebaiknya kamu mulai mendisiplinkan diri untuk menyelesaikan pekerjaan terlebih dahulu sebelum bermain gadget. Akan sedikit sulit saat pertama memulai, tapi jika kamu berhasil membiasakan, dampaknya akan sangat besar bagi produktivitas kamu.

Jarang Olahraga

Ilustrasi│Jonny Kennaugh/Unsplash

 

Sesibuk apapun, alangkah baiknya jika kamu untuk tetap menyempatkan berolahraga. Setidaknya kamu harus berolahraga kecil di pagi hari sebelum beraktivitas. Berolahraga di pagi hari bisa menyegarkan badan, pikiran dan membuat kita lebih fokus. Tidak perlu olahraga berat, lompat tali atau push up sudah cukup untuk membuat badan kita berkeringat.

Itu dia beberapa kebiasaan buruk yang seharusnya mulai dihilangkan. Beberapa diantaranya mungkin terdengar remeh dan tidak perlu. Namun, alangkah baiknya bagi kamu untuk mencoba membuktikannya sendiri mulai dari sekarang!

Referensi : GaladivaCekajaDevelop Good Habits