5 Manfaat yang Akan Kawan Dapat dengan Gabung di Komunitas
Ilustrasi│Bob_Dmyt/Pixabay

Selain menghabiskan masa muda dengan bersenang-senang, Kawan juga bisa mempergunakan masa muda untuk mengeksplor diri, dan mendalami minat atau bakat Kawan. Salah satunya adalah dengan bergabung di suatu komunitas, entah itu komunitas untuk mendalami suatu hobi, atau juga komunitas dengan tujuan sosial. 

Sebagai anak muda, bergabung dengan komunitas tidak ada ruginya sama sekali, Kawan bisa belajar banyak hal di komunitas, yang tidak akan Kawan dapatkan di tempat lain. Ada banyak juga jenis komunitas yang bisa Kawan ikuti, mulai dari komunitas fotografi, komunitas pecinta alam, hingga komunitas pengabdian masyarakat. 

Tidak hanya untuk menyalurkan hobi saja, tapi ada banyak hal positif lainnya yang bisa Kawan dapat dengan bergabung di komunitas. Nah, disini kita bakal membahas 5 manfaat yang akan Kawan dengan gabung di komunitas, simak terus ya!

1.Menyalurkan dan Memperdalam Hobi

Ilustrasi│janeb13/Pixabay

 

Mungkin Kawan memiliki satu hobi, tapi bingung bagaimana cara mengembangkan dan menyalurkan hobi Kawan. Misal Kawan punya hobi melukis nih, tapi orang-orang disekitar Kawan nggak ada yang punya hobi melukis kaya Kawan. Nah, Kawan bisa banget bergabung di komunitas melukis untuk menyalurkan hobi Kawan.

Selain untuk menyalurkan hobi, Kawan juga bisa sharing dengan anggota komunitas lain tentang suatu hobi. Kawan juga bisa memperdalam suatu hobi yang Kawan sukai dengan belajar langsung dari anggota lain yang lebih senior. Biasanya, di suatu komunitas juga sering diadakan suatu event yang bisa menambah wawasan Kawan tentang hobi yang Kawan sukai.

2.Menambah Teman dan Relasi

Ilustrasi│jamesoladujoye/Pixabay

 

Dengan bergabung di komunitas, tentu Kawan akan mendapatkan banyak teman baru dengan latar belakang yang berbeda-beda. Selain itu, orang-orang yang masuk di dalam komunitas biasanya memiliki minat dan hobi yang sama, sehingga Kawan jadi punya teman ngobrol tentang suatu bidang yang Kawan sukai. 

Terlebih lagi, Kawan juga bisa memperluas relasi dengan bergabung di komunitas. Dengan bergabung di komunitas, Kawan bisa semakin mudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang berkaitan dengan komunitas Kawan. Misalnya komunitas penulis, disini Kawan akan jadi lebih mudah mendapatkan informasi pekerjaan seputar kepenulisan karena relasi yang Kawan miliki.

3.Wadah untuk Mengabdi

Banyak komunitas di Indonesia yang memang tujuan utamanya adalah untuk pengabdian di masyarakat. Misalnya seperti komunitas relawan bencana, komunitas relawan pengajar, dan komunitas pengabdian lainnya. Bagi Kawan yang berjiwa sosial tinggi, Kawan bisa banget bergabung dengan komunitas seperti ini untuk mengabdi di masyarakat. 

Bahkan, banyak juga komunitas yang mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di wilayah-wilayah terpencil di Indonesia, dengan tanpa biaya alias gratis. Kegiatan seperti ini bisa menjadi wadah, bagi Kawan yang ingin turut membantu masyarakat serta mengeksplor wilayah terpencil di Indonesia.

4.Menambah Kemampuan Berorganisasi

Ilustrasi│StartupStockPhotos/Pixabay

Seperti halnya suatu organisasi pada umumnya, komunitas juga memiliki struktur organisasi untuk menjalankan komunitas itu sendiri. Selain itu, biasanya dalam satu komunitas juga sering mengadakan event-event tertentu. Bagi Kawan yang ingin merasakan berorganisasi, bisa banget Kawan menjadi salah satu pengurus komunitas, atau panitia event yang ada di komunitas yang Kawan ikuti.

5. Menambah Wawasan

Dalam satu komunitas, anggotanya pasti terdiri dari berbagai orang dari latar belakang yang berbeda. Dengan bertemu banyak orang dari latar belakang yang beragam, tentunya wawasan kita juga akan berkembang. Selain itu, tidak jarang juga kita bisa mendapatkan banyak ilmu baru dari sini.

Kawan bisa belajar banyak dari orang lain, atau bahkan dengan orang yang sudah sangat berpengalaman dalam suatu bidang. Hal yang tidak akan Kawan dapat jika tidak bergabung dengan komunitas dan hanya belajar secara otodidak.

Nah, itu dia Kawan beberapa manfaat dari bergabung dengan suatu komunitas. Nggak ada salahnya sama sekali bergabung dengan komunitas untuk anak muda loh! Namun, lebih baik Kawan bergabung dengan komunitas yang bergerak di hal positif saja ya,dan hindari bergabung dengan komunitas yang negatif.

Referensi : RencanamuKincirNew Tech Northwest