5 Rekomendasi Channel YouTube untuk Belajar Desain
Aplikasi desain | Foto: Emily Bernal/Unsplash.com

Goodmates, apakah kamu adalah orang yang ingin mengasah kemampuan di bidang desain grafis? Mempelajari desain grafis mempunyai segudang manfaat. Mulai dari mengasah kreativitas, memperluas peluang kerja, hingga bisa menghasilkan pemasukan. Kamu bisa mulai belajar lewat video-video di Youtube.

Dalam era digital yang serba canggih dan praktis seperti sekarang jelas mempermudah orang-orang untuk mempelajari beragam hal baru. Terdapat banyak cara yang dapat dipilih untuk belajar desain grafis, seperti mengikuti kelas online maupun belajar otodidak lewat bantuan channel YouTube.

Pada kesempatan ini, Goodside akan merangkum 5 rekomendasi channel YouTube yang dapat membantumu untuk mendalami dunia desain grafis. Cukup bermodalkan streaming, proses belajar desain grafis pun tinggal langsung kamu mulai.

1. Yes I’m a Designer

Yes i'm designer | Foto: dribble

Apabila kamu merupakan pengguna sejati software CorelDraw, ada niatan berpindah haluan untuk belajar Adobe Illustrator, channel yang satu ini dapat membantumu. Yes I’m a Designer merupakan salah satu channel yang membagikan berbagai tutorial lengkap seputar desain grafis.

Channel ini juga terbilang up to date dengan rutin mengunggah konten video baru setiap hari Senin. Terdapat beragam video bermanfaat di sini. Mulai dari tutorial, video trik 365 Days of Creativity sampai pembahasan fitur-fitur baru aplikasi desain yang dirangkum dalam sejumlah playlist.

Selain itu, Yes I’m a Designer juga menyediakan beberapa challenge yang bisa kamu ikuti untuk mengasah skill desainmu.

2. Tutvid

Cover tutvid youtube | Foto: Tutvid

Channel YouTube ini tidak hanya menyajikan tutorial desain grafis untuk berbagai software, seperti Adobe Lightroom dan Photoshop, lengkap pula dengan teknik-teknik retouch foto dan edit video memakai Photoshop.

Dirintis oleh Nathaniel Dodson, Tutvid hadir sebagai sarana pembelajaran otodidak bagi semua desainer, baik yang masih pemula maupun yang sudah professional. Cara Tutvid menyampaikan materi lewat videonya pun mudah dipahami sehingga kamu pun tidak perlu bingung sewaktu mempraktikkannya.

Di samping membuat konten tutorial, channel ini juga menyediakan sejumlah video yang berkaitan dengan teori-teori dalam dunia desain. Misalnya, mengenai kreativitas, aturan desain, dan lain sebagainya.

3. IceFlowStudios

Ilustrasi desain grafis | Foto: Timothy Exodus/Unsplash.com

Apakah kamu suka mengoperasikan aplikasi Photoshop? Ingin menjadi master dalam edit foto dan desain grafis? IceFlowStudios adalah jawabannya.

Sebagai salah satu channel YouTube yang tergolong senior karena sudah eksis sejak tahun 2006, IceFlowStudios masih tetap aktif membuat video. Uniknya, nama IceFlowStudios sekarang sudah berganti menjadi Howard Pinsky, sesuai dengan nama pemilik channel tersebut.

Berbagai konten Howard dikemas rapi dalam video yang diunggah sesuai dengan kategorinya masing-masing. Tidak hanya tentang Photoshop, tutorial Adobe Lightroom pun bisa kamu temukan di sini.

Kalau kamu benar-benar menyimak seluruh video channel ini, bukan tidak mungkin kamu dapat mewujudkan mimpi sebagai jagonya Photoshop.

4. Dansky

Dansky youtube | Foto: Dansky

Dansky merupakan youtuber yang giat memberikan tips dan trik untuk belajar desain lewat channel YouTube-nya sendiri dengan nama yang sama.

Video tutorial pada channel ini rata-rata berdurasi 5 sampai 10 menit. Gaya bahasanya santai disertai penjelasan yang runtut dan jelas. Pastinya mudah dicerna dan tidak akan membuat kamu bosan untuk menontonnya. 

Kamu juga bisa menemukan playlist berisikan kumpulan tutorial dasar yang lengkap di channel Dansky. Misalnya Adobe Illustrator, Photoshop, Premiere, serta InDesign. Tidak hanya itu, apabila kamu ingin mempelajari desain user interface (UI) lebih lanjut, Dansky menyediakan tutorial Adobe XD dan Sketch pula, lo!

5. Froyonion

Bedah desain froyonion | Foto: Jagad Media

Kalau nama-nama sebelumnya berasal dari luar negeri, kali ini ada channel YouTube untuk belajar desain asli buatan Indonesia, yaitu Froyonion. Channel yang satu ini cocok buat kamu yang tertarik untuk belajar secara gratis langsung dari para desainer tanah air.

Meskipun fokus utamanya bukan pada desain grafis, kamu bisa menikmati video tutorial motion graphic di sini. Konten semacam ini sangat bermanfaat buat kamu yang ingin mengembangkan kemampuan desain grafis dan video bersamaan. 

Lebih dari itu, ada juga tips and trik buat kamu yang ingin membuat foto estetik ala selebgram. Sebab, kemampuan visual yang umum seperti komposisi merupakan dasar untuk bisa menciptakan karya yang sedap dipandang. Siapa tahu nantinya bisa jadi lahan pengembangan baru untuk skill kamu di bidang kreatif lainnya?

Itulah 5 rekomendasi channel YouTube yang bisa membantu kamu mendalami dunia desain grafis. Berbekal kemajuan teknologi, sekarang kamu pun dapat belajar dengan hanya bermodalkan internet. Selamat berproses!

Referensi: Kreativv | IDNTimes | Medium