5 Rekomendasi Situs Jurnal Online untuk Bahan Tugas Kuliahmu
Ilustrasi│Scott Graham/Unsplash

Bagi seorang mahasiswa, kamu pasti sering disibukkan dengan berbagai tugas kuliah yang menumpuk. Tak jarang, banyak tugas yang mengharuskan untuk mencari referensi dari jurnal ilmiah.

Nah, mencari jurnal juga bukan hal mudah, seringkali beberapa mahasiswa kesulitan dalam mencari jurnal ilmiah. Di bawah ini, ada beberapa situs jurnal online yang menyediakan berbagai jurnal ilmiah yang bisa kamu gunakan untuk  mengerjakan tugas kuliah.

Academia Edu

Academia adalah salah satu situs jurnal online yang cukup terkenal. Terdapat banyak sekali jurnal ilmiah yang tersedia di Academia. Tidak hanya berisi jurnal ilmiah suatu bidang pengetahuan saja, di Academia terdapat berbagai jurnal dari berbagai bidang pengetahuan juga yang bisa kamu akses.

Jurnal-jurnal yang ada di Academia ini adalah jurnal penelitian para akademisi. Academia juga menyediakan jurnal bahasa Inggris dan juga bahasa Indonesia. Jika kamu ingin mengakses jurnal di Academia, kamu harus melakukan login terlebih dahulu.

Researchgate.net

Ilustrasi│Daniel/Unsplash

Situs yang satu ini tidak berbeda jauh dengan situs yang pertama. Jumlah jurnal yang disediakan Researchgate cukup banyak. Researchgate juga menyediakan jurnal berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Sama seperti Academia, untuk mengakses jurnal di Researchgate kamu harus login terlebih dahulu. Disarankan untuk login dengan email kampus karena prosesnya akan lebih mudah. 

Pada situs ini, semua akademisi bisa mengunggah hasil penelitiannya, baik itu dosen maupun mahasiswa. Oleh sebab itu, jurnal yang ada di Researchgate terbilang cukup lengkap dari berbagai bidang pendidikan.

ISJD LIPI

Situs jurnal online yang satu ini mungkin tidak cukup terkenal seperti dua situs sebelumnya. Meski begitu, jumlah jurnal yang tersedia ISJD LIPI cukup banyak dan lengkap.

Berbeda dengan dua situs sebelumnya, untuk mengakses jurnal di situs ini, kamu tidak perlu melakukan login terlebih dahulu. Jurnal yang tersedia di situs LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) ini kebanyakan adalah jurnal berbahasa Indonesia.

Sage Journal

Sage Journal adalah situs yang tepat bagi kamu yang ingin mencari jurnal internasional. Ya, jurnal-jurnal yang ada disini adalah jurnal internasional yang semuanya berbahasa Inggris. 

Jurnal yang tersedia di Sage Journal sangat lengkap, jurnal dari berbagai bidang pendidikan tersedia di sini. Beberapa jurnal di Sage Journal yang tidak terkunci dapat diunduh secara gratis tanpa login

Meskipun beberapa journal ada yang terkunci dan harus membayar agar bisa diakses. Jumlah jurnal yang tidak terkunci dan bisa bebas diakses masih cukup banyak dan lengkap.

Google Scholar

Google Scholar mungkin adalah situs yang paling populer bagi mahasiswa untuk menemukan jurnal ilmiah. Jurnal yang dapat diakses melalui Google Scholar memang cukup banyak dan lengkap. Terdapat jurnal bahasa Indonesia dan bahasa Inggris juga.

Selain itu penggunaannya juga cukup mudah, tinggal mengetikkan judul jurnal atau tema objek penelitian sebuah jurnal. Nantinya, akan muncul berbagai daftar jurnal yang bisa kamu akses.

Nah, itu dia beberapa situs jurnal online yang bisa membantumu untuk mencari jurnal ilmiah. Semoga bisa membantu tugas kuliahmu, ya!

Referensi: IDN TimesKompasDunia Dosen