6 Tools Digital Marketing untuk Permudah Bisnis Kamu
Ilustrasi│Campaign Creators/Unsplash

Pada masa seperti sekarang, perkembangan teknologi digital sudah sangat maju. Pemasaran produk melalui media digital menjadi sarana terbaik untuk memasarkan sebuah produk. Berkaitan dengan perkembangan tersebut, saat ini banyak alat yang memudahkan kita untuk melakukan pemasaran digital.

Tidak hanya untuk digital marketer profesional saja, beberapa alat-alat ini juga bisa digunakan oleh pemilik bisnis kecil untuk memasarkan produknya. Alat-alat ini bisa diakses secara online, mudah dipahami, dan memiliki fitur lengkap yang akan memudahkanmu untuk memasarkan produk. Penasaran apa saja marketing tools tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

Canva

Canva adalah pilihan utama bagi banyak digital marketer untuk mendesain konten pemasaran. Canva banyak dipilih oleh di Canva, kamu bisa mendesain sebuah konten pemasaran, sekalipun kamu bukan desainer profesional.

Alat-alat yang ada di Canva sangat lengkap, dan juga mudah dipahami. Selain itu juga terdapat banyak template yang bisa kamu gunakan, mulai dari untuk postingan instagram, poster, bahkan logo produk. Template-template yang tersedia di Canva juga masih bisa kamu edit sesuai dengan keinginanmu.

Ahrefs

Ilustrasi│Campaign Creators/Unsplash

Ahrefs adalah sebuah website yang bisa kamu akses untuk mengetahui kata kunci apa saja yang sedang banyak dicari di internet. Kata kunci tersebut akan sangat berguna untuk pemasaran melalui website.

Untuk mengakses layanan penuh yang ada di Ahrefs, kamu perlu untuk mendaftar dan berlangganan. Namun, untuk layanan layanan generator kata kunci, kamu bisa mengaksesnya secara gratis.

Google Analytics

Google Analytics adalah alat yang berguna untuk memantau traffic dan perkembangan website. Google Analytics menyajikan data statistik tentang performa website, pengunjung website.

Data yang disajikan Google Analytics cukup lengkap, mulai dari traffic kunjungan website, hingga demografi pengunjung website seperti umur dan wilayah asal pengunjung website. Data-data ini dapat kamu gunakan sebagai benchmark pemasaran produk kamu.

Trello

Ini adalah sebuah tools yang sangat berguna untuk mengorganisir konten pemasaran digital. Trello membantu untuk menyusun daftar konten yang akan dibuat, jadwal konten, hingga memudahkan pekerjaan tim. Pada masa pandemi ini, Trello banyak digunakan untuk koordinasi pekerjaan tim yang kebanyakan bekerja secara WFH (Work From Home).

Hootsuite

Ilustrasi│Carlos Muza/Unsplash

Hootsuite merupakan sebuah tools yang berguna untuk memantau sosial media. Kamu dapat memantau berbagai sosial media melalui Hootsuite, mulai dari Instagram, Facebook, hingga LinkedIn.

Hootsuite menyajikan berbagai data seperti jumlah like, share, engagement rate, dan sebagainya. Disini kamu juga bisa menjadwalkan kapan postingan akan diposting ke sosial media, dan akan terposting secara otomatis.

Unsplash

Kamu pasti pernah menggunakan ini. Sebuah website yang menyediakan banyak gambar yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik konten pemasaranmu. Jutaan gambar yang ada di Unsplash bisa kamu gunakan secara gratis untuk ilustrasi kontenmu. 

Jumlah gambar yang tersedia di Unsplash sangat banyak. Gambar-gambar yang tersedia di Unsplash memiliki kualitas HD, dan kamu bisa memilih kualitasnya saat akan men-download.

Referensi: NiagahosterGlintsJagoanhosting