Ada Peluang! Inilah 5 Karier Bidang Teknologi yang Paling Dicari
Ilustrasi orang yang bekerja di bidang teknologi. | Sumber: ThisisEngineering RAEng/Unsplash

Semenjak pandemi, tak dapat dipungkiri kebutuhan masyarakat terhadap teknologi semakin besar. Kini untuk menggantikan pertemuan tatap muka, hampir seluruh kegiatan mengandalkan platform video conference. Belum lagi acara-acara yang biasa diadakan offline kini digelar secara virtual. Banyak pihak yang harus kreatif berinovasi mengeluarkan ide-ide yang out-of-the-box.

Melihat kebutuhan yang tinggi pada bidang teknologi, hal ini juga mempengaruhi permintaan karier di bidang teknologi. Dilansir dari Top Universities, berikut ini merupakan 5 karier yang paling dicari pada bidang teknologi yang terakhir di-update pada November 2021 lalu.

Machine Learning Engineer

Ilustrasi pekerjaan Machine Learning Engineer. | Sumber: Ilya Pavlov/Unsplash
Ilustrasi pekerjaan Machine Learning Engineer. | Sumber: Ilya Pavlov/Unsplash

Kawan punya ketertarikan pada bidang ilmu komputer? Machine Learning Engineer menggunakan big data untuk membuat algoritma yang akan digunakan untuk memprogram mesin yang dapat melakukan tugas seperti manusia atau hingga berkembang tanpa campur tangan manusia seperti mobil self-driving atau asisten suara digital.

Machine learning adalah salah satu bentuk kecerdasan buatan yang nanti perlu dilatih sebelum digunakan oleh penggunanya. Pemrogramannya menggunakan algoritma yang menyerap data pelatihan yang telah disusun oleh Machine Learning Engineer.

UX Designer

Ilsutrasi pekerjaan seorang UX Designer. | Sumber: Kelly Sikkema/Unsplash
Ilsutrasi pekerjaan seorang UX Designer. | Sumber: Kelly Sikkema/Unsplash

Pernah gak Kawan sedang menggunakan dua aplikasi dan membandingkan kenyamanannya saat menggunakan kedua aplikasi tersebut? Nah, tahukah Kawan, aplikasi layanan yang sering Kawan gunakan itu terdapat andil UX Designer lo di dalamnya.

UX (User Experience) designer memiliki fokus pada desain di balik layar. Profesi ini akan bertanggung jawab memastikan perangkat lunak, tampilan website, atau tampilan aplikasi telah dapat memenuhi kebutuhan pengguna.

Sehingga desain yang dibuat oleh UX Designer harus didasari oleh kebutuhan pengguna. Hasil kerja UX Designer harus dapat memastikan produk tersebut usable dan pengguna mendapatkan pengalaman menyenangkan saat menggunakan produk kita.

Robotics Engineer

Ilustrasi pekerjaan Robotics Engineer. | Sumber: ThisisEngineering RAEng/Unsplash
Ilustrasi pekerjaan seorang Robotics Engineer. | Sumber: ThisisEngineering RAEng/Unsplash

Kawan tertarik pada elektronik, programming dan mekanik? Mungkin profesi sebagai Robotics Engineer dapat menjadi salah satu pilihan bagi Kawan.

Apabila UX Designer bertanggung jawab mendesain di balik layar suatu aplikasi atau website agar usable, melansir penjelasan oleh Career Explorer, maka Robotics Engineer bertugas merancang di belakang layar untuk menciptakan robot dan sistemnya agar mampu melakukan tugas yang tidak dapat dilakukan atau diselesaikan oleh manusia. Misalnya, penggunaan robot untuk membantu mengemas produk makanan.

Data Scientist

Ilustrasi pekerjaan seorang Data Scientist. | Sumber: Myriam Jessier/Unsplash
Ilustrasi pekerjaan seorang Data Scientist. | Sumber: Myriam Jessier/Unsplash

Bagi Kawan yang suka berurusan dengan banyak data dan suka menyusun strategi menggunakan data untuk memutuskan sesuatu, mari berkenalan dengan profesi Data Scientist.

Melansir penjelasan dari Career Explorer, Data Scientist bertugas mengumpulkan, melaporkan dan mengkomunikasikan temuan data kepada perusahaan guna menghadapi tantangan bisnis yang sedang dihadapi.

Tidak hanya memperhatikan data dan penjelasannya, tetapi juga memahami masalah dan mencocokan algoritma dengan permasalahan tersebut, serta memahami solusinya. Profesi ini dapat berperan di berbagai industri seperti finance, ritel, pemerintahan, hingga e-commerce.

Cloud Engineer

Ilustrasi pekerjaan seorang Cloud Engineer. | Sumber:  Christina @ wocintechchat.com/Unsplash
Ilustrasi pekerjaan seorang Cloud Engineer. | Sumber:  Christina @ wocintechchat.com/Unsplash

Mengutip dari Glints, Cloud Engineer merupakan seseorang yang bertugas membangun infrastruktur cloud. Infrastruktur yang dibangun harus sesuai dengan rancangan yang telah dibuat oleh arsitek cloud.

Secara keseluruhan, Cloud Engineer bertanggung jawab merencanakan, memantau dan mengelola sistem cloud organisasi, seperti Google Cloud, Microsoft 365 dan Slack.

Referensi: Glints | Discover Data Science | Career Explorer | Berkarir ID | Top Universities | Career Explorer | Glints