Apa Itu Ageisme? Kenali Ciri-Ciri dan Cara Atasinya!
Ilustrasi Ageisme | foto: pexels.com/Ron Lach

Goodmates, pernahkah kamu mendengar istilah ageisme? Ageisme merupakan salah satu permasalahan yang terjadi di setiap perusahaan dengan adanya kesenjangan atau perbedaan usia. Misalnya, antara generasi milenial dengan generasi baby boomers atau generasi di bawahnya.

Persoalan ageisme ini tak hanya berbicara seputar kesenjangan usia saja, melainkan juga berpengaruh pada pandangan terhadap suatu persoalan dan biasanya generasi yang lebih tua merasa benar karena memiliki pengalaman lebih banyak.

Ada beberapa hal yang menjadi pemicu adanya ageisme di lingkungan kerja. Hal tersebut disebabkan karena tak jarang adanya anggapan pada generasi tua bahwa generasi muda dianggap malas bekerja.

Namun rupanya, persoalan tidak sampai disitu. Generasi muda justru memiliki pandangan bahwa generasi tua tidak mau mengikuti perkembangan teknologi.

Seorang Profesor Manajemen dan Organisasi di Universitas Notre Dame, Jessica McManus Warnell, mengatakan bahwa ageisme dapat diatasi apabila setiap generasi memiliki kepekaan yang sama. Setidaknya adanya rasa hormat yang dimiliki oleh generasi muda terhadap generasi tua. Sebenarnya, hubungan baik antar generasi bisa diawali dengan saling menghormati. Lantas apakah di lingkungan kerja kamu masih ada ageisme? Yuk, kenali ciri-cirinya!

Ciri pertama bisa dilihat dari adanya peluang program pelatihan atau pendidikan yang ditujukan ke pegawai generasi muda. Ciri kedua bisa dirasakan dari kurang menantangnya sistem penugasan yang diberikan. Misalnya, pegawai muda lebih dikerahkan untuk mengerjakan program kecil. Sementara yang lebih tua mengerjakan program yang lebih besar.

Selanjutnya, kamu bisa melihatnya dari dilibatkan atau tidak dilibatkannya kamu dalam sebuah diskusi atau rapat bersama stakeholder atau klien. Alasannya tidak lain karena kamu dianggap sebagai pegawai baru atau lebih muda.

Kemudian, kamu bisa melihat dari adanya komentar atau ujaran yang melibatkan usia atau pengalaman. Misalnya, “Ah, kamu kan masih muda, perbanyak pengalaman aja dulu. Ini biar saya saja yang mengurus, karena saya sudah berpengalaman.“

Ciri yang terakhir bisa dilihat jika kamu sulit mendapatkan peluang untuk mendapatkan kenaikan gaji atau promosi, karena terhalang oleh anggapan pengalaman dan adanya kesenjangan usia.

Nah, apakah kamu merasakan tanda-tanda tersebut di lingkungan kerja kamu, Goodmates? Jika ya, kamu perlu mewaspadai hal tersebut dengan melakukan beberapa cara, seperti berikut ini:

  1. Berkolaborasi Kerja

Kolaborasi kerja, dapat dilakukan lintas divisi dan lintas generasi. Jadikan kolaborasi ini sebagai sebuah tim. Dengan begitu, setidaknya cara ini bisa mengurangi ageisme di lingkungan pekerjaan. Jadi tidak ada lagi diskriminasi usia antara yang muda dengan yang tua.

  1. Berpikir dan Bersikap Positif

Cara ini adalah sikap yang menunjukkan bahwa kamu merupakan seseorang yang passionate dalam bekerja dan mencari pekerjaan. Jangan lupa juga untuk bersikap terbuka dan menghargai terhadap pendapat rekan-rekan kerjamu.

  1. Mencari Mentor

Biasanya cara ini dilakukan pada generasi milenial dan Gen Z beberapa waktu belakangan ini. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan motivasi dan meningkatkan skill yang dikuasai. Dengan adanya mentor, kamu juga bisa bertukar pikiran mengenai ageisme yang sedang kamu alami. Niscaya, akan ada solusi atau titik terang yang tidak merugikan lintas generasi.

  1. Straight To The Point

Bagi kamu yang memiliki karakter straight to the point, tentu saja hal ini tidak akan membebani kamu untuk mengutarakan langsung pada lawan bicara saat kamu mengalami ageisme. Ya, cara ini mungkin bagi sebagian orang terlalu berani, namun hal ini baik dilakukan ketika kita bicara langsung. Tentu saja harus dilakukan dengan kalimat yang sopan.

Empat hal tersebut bisa kamu lakukan ketika menemukan ageisme di lingkungan kerja kamu, Goodmates! Kalau kamu memiliki pengalaman diskriminasi ageisme di lingkungan kerja, yuk bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya!

 

Referensi: Grid | Glints

Workerspedia
Human Resources

Workerspedia adalah media atau wadah bagi para pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berbagai hal di dunia kerja.