Air Fryer, Apakah Alternatif Menggoreng Terbaik?
Sumber: unsplash.com/Joshua Hoehne

Seiring berjalannya waktu, teknologi juga semakin bergerak ke arah yang lebih canggih. Hal ini ditandai dengan munculnya banyak peralatan yang membantu kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Salah satu wujud nyata dari perkembangan teknologi adalah peralatan memasak yang kini cukup canggih dan mudah digunakan.

Air Fryer merupakan terobosan baru peralatan memasak yang menggunakan teknologi canggih. Akan tetapi, air fryer tidak muncul baru-baru ini, ditunjukkan pertama kali pada tahun 2010 di Berlin oleh perusahan elektronik, Philips. Dilansir dari Exnovate, Fred van der Weij merupakan seseorang mengembangkan alat masak tersebut. Alat ini dapat digunakan untuk memanaskan makanan, bahkan menggoreng makanan dengan sedikit atau tanpa minyak. Kegunaan air fryer sedikit berbeda dengan oven dan microwave yang tidak dapat digunakan untuk menggoreng, tetapi sama-sama dapat digunakan untuk menghangatkan makanan.

Akhir-akhir ini, pemakaian air fryer di Indonesia menjadi sebuah tren yang ditunjukkan dengan banyaknya masyarakat yang membagikan video di media sosial bagaimana cara penggunaan air fryer. Lalu, apakah air fryer merupakan pilihan terbaik untuk memasak makanan?

Sumber: www.istockphoto/Wichayasit Suttiwiriyakun
www.istockphoto.com/Wichayasit Suttiwiriyakun

Apakah Air Fryer Boros Listrik?

Air Fryer memerlukan sumber daya listrik supaya berfungsi dan memiliki kipas mekanik yang berguna untuk menghasilkan suhu panas yang dapat menggoreng makanan. Air Fryer memiliki sebuah wadah yang digunakan untuk meletakkan makanan yang akan digoreng. Alat masak ini juga dilengkapi dengan tombol untuk mengatur suhu yang diinginkan dan timer yang berfungsi untuk mengatur lama waktu memanaskan makanan.

Suhu panas yang dihasilkan oleh kipas mekanik akan menyebar ke seluruh permukaan makanan dan nantinya akan membuat kandungan air dalam makanan menguap, sehingga membuat tekstur makanan menjadi renyah.  Air fryer bekerja terus menerus untuk menghasilkan panas hingga masakan matang sehingga memasak dengan cara ini memerlukan penggunaan listrik yang cukup tinggi. Apabila makanan memerlukan proses penggorengan yang cukup lama, penggunaan air fryer tidak disarankan jika tidak ingin terjadi pemborosan listrik.

Penggunaan Air Fryer Bagi Kesehatan

Pada umumnya, cara menggoreng makanan membutuhkan kurang lebih 750 ml minyak goreng. Sedangkan penggunaan air fryer hanya membutuhkan kurang lebih satu sendok makan atau bahkan tanpa minyak goreng. Menggoreng menggunakan air fryer dapat mengurangi konsumsi minyak goreng karena kebutuhannya yang jauh lebih sedikit. Konsumsi minyak goreng yang lebih sedikit akan membantu mengurangi lemak dan kalori yang dapat memicu bertambahnya berat badan.

Ilustrasi | Foto: unsplash.com/Markus Winkler

Akan tetapi, penggunaan air fryer perlu diperhatikan karena cara ini tetap dikategorikan sebagai penggorengan. Menggoreng makanan dengan suhu tinggi dapat menghasilkan senyawa akrilamida yang berbahaya bagi kesehatan, yaitu memicu sel kanker. Semakin lama proses penggorengan, maka semakin tinggi akrilamida yang dihasilkan.

Meskipun penggunaan air fryer dapat membantu mengurangi konsumsi minyak goreng dan dapat membantu mengurangi kolestrol, tetapi cara ini bukan pilihan terbaik dalam memasak makanan. Penggunaan air fryer tentu masih dapat dilakukan, tetapi frekuensi menyantap makanan hasil dari penggorengan harus diatur untuk menghindari masalah kesehatan.

Air fryer dapat menjadi alternatif memasak masa kini karena cara penggunaannya yang lebih praktis, dapat menghemat waktu, dan dapat membantu mengurangi konsumsi minyak goreng. Tetapi, Konsumsi minyak goreng digantikan dengan penggunaan listrik yang meningkat. Selain itu, harga air fryer sendiri dapat dikatakan cukup mahal hanya untuk menggoreng dan memanaskan makanan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tidak semua jenis makanan dapat diproses menggunakan air fryer. Air fryer tentunya memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri sehingga penggunaannya harus melalui pertimbangan.

 

Referensi: Healthline | Kompas | Exnovate