Alasan di Balik Pentingnya Pemanasan Sebelum Berolahraga
Ilustrasi│roxanawilliams1920/Pixabay

Dulu saat masih di sekolah, kita diajarkan untuk selalu pemanasan terlebih dahulu sebelum berolahraga. Tidak hanya itu, atlet-atlet juga selalu melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan sebuah pertandingan.

Sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya. Mengapa setiap sebelum berolahraga kita perlu pemanasan? Banyak orang yang menganggap remeh pemanasan dan melewatkannya sebelum berolahraga. Hal seperti ini jangan dicontoh, ya, karena pemanasan memiliki banyak manfaat bagi kita sebelum melakukan olahraga.

Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang apa saja manfaat pemanasan, dan alasan kenapa pemasaran tidak boleh dilewatkan. Bagi kamu yang penasaran, cek selengkapnya di bawah ini!

Mencegah risiko terkena cedera

Dalam keadaan normal, otot tubuh kita cenderung dingin dan kaku. Dengan melakukan pemanasan, otot dan tubuh kita akan menjadi lebih lentur dan panas. Hal ini karena pemanasan dapat dapat meningkatkan aliran darah ke otot dan meningkatkan suhu.

Dengan begitu, potensi kram, terkilir dan cedera lainnya bisa diminimalisir. Maka dari itu, penting untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Jika sudah terkena cedera, pemulihannya biasanya membutuhkan waktu cukup lama untuk pulih kembali.

Bisa mengurangi stres dan menenangkan pikiran

Banyak yang tidak tahu bahwa pemanasan bisa mengurangi stress dan menenangkan pikiran sebelum berolahraga. Stres umumnya terjadi saat otot-otot sedang tegang. 

Melakukan pemanasan dapat melenturkan otot, sehingga juga dapat mengurangi stres. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa pemanasan dapat membantu menenangkan pikiran. Dua hal ini tentu penting sebelum mulai berolahraga, terlebih lagi bagi seorang atlet yang akan bertanding agar bisa bertanding dengan maksimal.

Meningkatkan performa

Ilustrasi│lograstudio/Pixabay

Pemanasan dapat membuat otot-otot kita lebih lentur sehingga lebih siap dalam beraktivitas. Otot-otot yang lentur membuat tubuh kita lebih nyaman dalam berolahraga. Dengan begitu, kita bisa mengeluarkan performa kita dengan maksimal saat berolahraga.

Memelihara kesehatan tulang dan sendi

Selain mempersiapkan otot, pemanasan juga dapat mempersiapkan tulang dan sendi kita untuk aktivitas olahraga. Pemanasan dapat meningkatkan kelenturan sendi, serta membantu memproduksi cairan pelumas pada sendi.

Cairan pelumas ini akan membuat sendi lebih siap dengan gerakan-gerakan selama berolahraga, serta mengurangi risiko persendian terkena cedera. Selain itu, pemanasan juga dapat mencegah cedera punggung.

Bagus untuk jantung

Kegiatan olahraga akan membuat aktivitas jantung meningkat, dan berolahraga tanpa pemanasan akan membuat aktivitas jantung meningkat secara tiba-tiba. Hal ini tidak baik untuk jantung, dan dapat memicu beberapa masalah pada jantung.

Karena itulah penting untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Dengan melakukan pemanasan sebelum berolahraga, aktivitas jantung akan meningkat secara bertahap, hingga pada akhirnya jantung siap untuk melakukan aktivitas berat.

Nah, itu dia berbagai manfaat dari pemanasan sebelum berolahraga. Sekarang kamu sudah tahu kan pentingnya pemanasan sebelum berolahraga. Jangan pernah melewatkan pemanasan sebelum olahraga, ya!

Referensi: HealthlineHellosehatHalodoc