Intip 5 Alasan Pentingnya Mengikuti UKM, Mahasiswa Wajib Tahu!
Ilustrasi sekumpulan mahasiswa yang sedang melaksanakan kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa | Foto: Buro Millenials

Jika pada masa sekolah dahulu kamu lebih mengenal kegiatan ekstrakurikuler, saat kuliah kamu akan bertemu dengan UKM atau unit kegiatan mahasiswa. Sudah menjadi hal umum, apabila mahasiswa biasanya akan mulai memiliki segudang kegiatan.

Tidak hanya akan sibuk dengan kegiatan akademik, mahasiswa juga memiliki kegiatan non-akademik di luar kegiatan perkuliahan. Salah satunyabergabung dengan organisasi atau bergabung dengan unit kegiatan mahasiswa.

Setiap perguruan tinggi menawarkan beragam UKM. Antar perguruan tinggi bisa jadi memiliki beberapa UKM yang berbeda. Misalnya Universitas Gadjah Mada yang memiliki UKM Unit Berkuda. Kemudian, terdapat Universitas Airlangga yang memiliki UKM Airlangga Bridge Club.

Selain terdiri dari bidang yang berbeda, beberapa perguruan tinggi juga memiliki tingkatan UKM. Misalnya, di universitas terdapat UKM setingkat fakultas dan UKM di tingkat universitas.

Bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri sebagai calon mahasiswa baru, ini dia sederet alasan pentingnya mengikuti UKM di perguruan tinggi nanti.

Baca juga: Ciptakan Presentasi Memukau Lewat 4 Tools Ini

Pentingnya Ikut UKM

ilustrasi Unit Kegiatan Mahasiswa paduan suara : Foto: Universitas Putra Indonesia
Ilustrasi Unit Kegiatan Mahasiswa paduan suara : Foto: Universitas Putra Indonesia

Menurut penjelasan oleh deepublish, kehadiran unit kegiatan mahasiswa memiliki tujuan sebagai wadah untuk menghimpun mahasiswa yang memiliki kesamaan pada minat, hobi, kegiatan serta kreativitas. Konsepnya bisa hampir mirip seperti ekstrakurikuler yang telah lebih dulu kita kenal semasa sekolah.

Kalau kamu ingin mengembangkan kemampuan diri, menyalurkan hobi atau minat dan bakat pada bidang yang kamu sukai, UKM bisa menjadi salah satu solusi untuk memenuhi itu semua.

Kelebihan lainnya, dengan mengikuti sebuah UKM, secara tidak langsung kamu juga akan belajar untuk berorganisasi dan mengemban amanah pada posisi tertentu. Kamu akan belajar mengenai tanggung jawab dan komitmen pada unit kegiatan mahasiswa tempat kamu bergabung.

Baca juga: Pahami Berbagai Jenis Beasiswa yang Perlu Kamu Ketahui

Selain itu, kamu juga bisa melatih kemampuan berkomunikasi, berpendapat bahkan berdiplomasi. Pada sebuah UKM, kamu akan berhubungan bersama anggota lainnya atau bersama pihak luar. Kesempatan ini bisa menjadi peluang untuk melatih soft skill kamu tersebut.

Manfaat Ikut UKM

Ilustrasi UKM Kampus | Foto: Jopwell

Biasanya saat menjadi seorang mahasiswa baru, kamu akan mengalami masa-masa adaptasi dan transisi dari lingkungan sekolah menjadi perkuliahan. Dengan bergabung bersama UKM, tidak hanya bisa menyalurkan hobi atau minat dan bakat yang kamu punya, kamu juga bisa memperluas relasi dan tentunya mendapatkan banyak teman baru.

 

Jika UKM yang kamu ikuti setingkat fakultas atau universitas, UKM menawarkan kesempatan yang begitu besar agar kamu bisa memiliki teman dari program studi lain atau bahkan dari fakultas lain.

Selain bisa berprestasi secara akademis, kamu juga bisa mencoba berprestasi dari segi non-akademis. Yap! Salah satu caranya bisa kamu dapatkan dengan bergabung bersama UKM. Biasanya, setiap UKM memiliki koneksi atau hubungan dengan UKM pada bidang serupa di kampus lainnya. 

Kamu bisa memperoleh informasi lebih cepat mengenai ajang mencari prestasi atau lomba-lomba tertentu yang bisa anggota UKM ikuti. Prestasi non-akademis juga memiliki manfaat untuk CV atau portofoliomu kelak. Misalnya menjadi nilai tambahan saat kamu ingin mengajukan permohonan beasiswa.

Last but not least, kamu akan belajar bagaimana caranya memanajamen waktu dengan baik. Sebagai mahasiswa, tentu tugas utama yang harus kamu lakukan adalah menjalankan perkuliahan.

Dengan mengikuti sebuah UKM, kamu juga memiliki tanggung jawab tambahan, yakni menjalankan kewajiban sebagai anggota UKM tersebut. Hal ini akan membantu kamu melatih diri bagaimana caranya bisa membagi waktu dengan baik.

Referensi: UNJ Kita | Prisma Profesional | Penerbit Buku Deepublish