Anti Mainstream, Inspirasi 3 Hadiah yang Ramah Bagi Lingkungan
ilustrasi hadiah. | Sumber: Eugene Zhyvchik/Unsplash

Goodmates, apakah ada teman atau keluarga yang sebentar lagi akan merayakan ulang tahun? Umumnya seseorang akan memberikan hadiah yang memiliki makna atau fungsi bagi penerimanya. Baik itu sesuatu yang bernilai dan dapat menjadi kenangan baru, atau sesuatu yang memang sedang dibutuhkan.

Biasanya banyak orang memberikan hadiah berupa barang kemudian membungkusnya dengan kertas kado atau paper bag. Sayangnya, pembungkus hadiah ini jarang digunakan kembali dan berakhir menjadi sampah baru bagi lingkungan.

Namun, bagaimana jadinya jika kamu dapat memberikan hadiah yang ramah bagi lingkungan? Tidak hanya dapat menyenangkan penerima hadiah, kamu juga dapat sekaligus menjaga bumi. Hadiah-hadiah ini juga dapat dibilang anti mainstream lo, hadiahmu akan menjadi sesuatu yang berbeda di antara kumpulan hadiah lainnya.

Digital subscriptions

ilustrasi subscription pada aplikasi Spotify. | Sumber: Heidi Fin/Unsplash
ilustrasi subscription pada aplikasi Spotify. | Sumber: Heidi Fin/Unsplash

Teknologi banyak berperan dalam kehidupan kita sehari-hari. Hampir semua orang menggunakan gawai dan berbagai macam aplikasi untuk membantu kegiatannya. Pernah tidak kamu berpikir memberikan teman atau keluarga digital subscriptions?

Kamu dapat memberikan subscriptions gratis pada layanan di aplikasi-aplikasi tertentu yang berbayar sebagai hadiah kepada temanmu. Misalnya memberikan subscription 1 bulan untuk akun Spotify milik temanmu yang suka mendengarkan musik. Atau layanan berlangganan e-magazine media tertentu selama 1 tahun untuk keluargamu.

Tanaman

ilustrasi tanaman. | Sumber: freddie marriage/Unsplash
ilustrasi tanaman. | Sumber: freddie marriage/Unsplash

Nah, yang satu ini selain sebagai upaya kecil menghijaukan kembali bumi, kamu juga bisa memberikan inspirasi hobi baru bagi si penerima hadiah. Ini juga dapat menjadi inspirasi hadiah bagi teman atau keluarga pecinta tanaman.

Kamu dapat memberikan garden kit yang terdiri dari berbagai peralatan bercocok tanam, memberikan berbagai macam bibit tanaman, atau memberi hadiah grow kit. Grow kit biasanya berisikan paket menanam tanaman tertentu, mulai dari media tanam, pupuk, bibit tanamannya, pot, hingga dilengkapi instruksi cara menanam.

Nah, tips untuk membungkus kado yang ramah bagi lingkungan merangkum penjelasan oleh Waste4Change, kamu dapat memanfaatkan kertas koran atau kertas-kertas bekas sebagai pengganti kertas pembungkus kado. Kamu juga dapat menggunakan kain dengan teknik furoshiki.

Workshop atau kursus

ilustrasi workshop kerajinan keramik. | Sumber: Courtney Cook/Unsplash
ilustrasi workshop kerajinan keramik. | Sumber: Courtney Cook/Unsplash

Wah, jarang sekali ya ada seseorang yang memberikan hadiah berupa workshop (lokakarya) atau kursus keahlian tertentu. Memberikan hadiah yang dapat memberikan keterampilan baru bagi si penerima hadiah terdengar sebagai sebuah ide yang bagus.

Mengingat pandemi yang masih berlangsung, kamu dapat memilih jenis workshop yang digelar secara online maupun offline. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihan topik workshop yang dapat kamu pilih juga beragam sekali.

Kamu dapat menyesuaikan dengan minat si penerima hadiah. Misalnya, memberikan reservasi workshop membuat kerajinan keramik yang dapat dibawa pulang jika sudah selesai. Selain memberikan pengalaman dan keterampilan baru, si penerima hadiah juga memiliki barang baru hasil kreasinya sendiri.

Itu dia beberapa ide hadiah yang ramah bagi lingkungan. Tidak hanya untuk momen perayaan ulang tahun, ide ini juga dapat kamu gunakan pada momen-momen lain saat perlu memberikan hadiah.

Referensi: Ideas.ted.com | Waste4Change | Cosmopolitan