Anti Ribet! Skinmalis jadi Tren Perawatan Wajah Masa Kini
Ilustrasi perawatan wajah | Foto: Pexels

Skincare adalah salah satu kebutuhan yang wajah kita perlukan. Menggunakan skincare bisa membuat wajah kita tetap terjaga dan juga sehat. Adapun tren perawatan wajah yang kini tengah digandrungi, misalnya perawatan wajah skinmalis.

Dengan melakukan perawatan wajah, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat. Di antaranya kulit tetap bersih, ternutrisi, anti kusam, hingga mencegah penuaan dini. Tidak hanya perempuan saja yang memerlukan skincare, laki-laki juga perlu. Kulit laki-laki juga butuh perawatan dan nutrisi yang cukup sama dengan kulit perempuan. 

Terkadang, banyaknya variasi dan promosi skincare yang beredar menimbulkan dilema untuk memborong semua skincare yang ada. Duh, kalau seperti ini jadi pusing, ya? Nah, jangan khawatir! Kamu bisa melakukan perawatan kulit minimalis.

Sesuai namanya, perawatan kulit minimalis dikenal juga dengan nama skinimalism adalah perawatan kulit yang menggunakan sesedikit mungkin produk skincare. Hasilnya tentu saja sama  sama maksimalnya dengan perawatan kulit berlapis-lapis.

Berfokus pada proses dan produk penting dalam menjaga kesehatan dan keremajaan kulit, perawatan kulit minimalis dijadikan pilihan oleh banyak orang. Selain prosesnya yang enggak ribet, skincare minimalis juga memakan biaya yang jauh lebih murah.

Produk untuk mendukung skinmalis

Perawatan kulit minimalis ini cocok banget untuk kamu yang mau hemat. Perawatan kulit minimalis juga dapat mengurangi risiko iritasi pada kulit wajah karena menggunakan terlalu banyak produk. Iritasi ini juga dapat menimbulkan masalah kulit lain, seperti rosacea dan eksim.

Nah, untuk kamu yang mau mulai menerapkan gaya hidup dengan skincare yang minimalis, ini dia beberapa produk yang kamu perlukan.

1. Pembersih (cleanser)

Ilustrasi | Foto: Pexels
Cleanser bagian dari perawatan wajah | Foto: Pexels

Sebelum mendapatkan nutrisi, kulit kamu perlu dibersihkan terlebih dahulu. Cleanser atau pembersih ini berfungsi untuk menghilangkan make-up dan debu atau kotoran dari wajah kamu setelah seharian beraktivitas.

Buku Cosmetic Dermatology: Products and Procedures juga menekankan bahwa membersihkan wajah memiliki peranan penting dalam menjaga psikologis para perempuan dengan memberikan sensasi ritual pembaruan dan peremajaan wajah. Ada beberapa jenis pembersih untuk setiap tipe kulit.

Jika tipe kulitmu adalah tipe yang berminyak dan mudah berjerawat, carilah pembersih dengan kandungan glycolic atau salicylic acid. Jika kamu memiliki kulit sensitif, carilah pembersih yang tidak beralkohol karena produk dengan alkohol dapat membuat kulitmu iritasi hingga terasa terbakar.

2. Pelembab (moisturizer)

Ilustrasi | Foto: Freepik
Mouisturizer juga bagian dari perawatan wajah | Foto: Freepik

Setelah mencuci muka, seringkali kamu akan merasa kulit wajahmu menjadi sangat kering. Hidrasilah kulitmu dengan mengaplikasikan pelembab setelah mencuci muka. Carilah pelembab dengan kandungan ringan dan menghidrasi, seperti hyaluronic acid, untuk kamu yang memiliki kulit berminyak.

Bagi kamu dengan kulit kering atau sensitif, carilah pelembab dengan kandungan emolien yang lebih tebal dan gunakanlah pelembab bertekstur cream dibandingkan lotion yang rawan membuat kulitmu iritasi.

3. Tabir surya (sunscreen)

Ilustrasi | Foto: Freepik
Penting pakai sunscreen | Foto: Freepik

Produk yang satu ini merupakan produk yang penting bagi kulit, tetapi seringkali terlupakan. Sunscreen sangat berguna bagi kita yang tinggal di daerah dengan iklim tropis untuk melindungi kulit kita dari sengatan sinar matahari.

Ranella Hirsch, MD, FAAD, seorang ahli dermatologi dari Amerika Serikat juga menyarankan kita untuk tidak lupa memasukkan tabir surya ke dalam tahapan perawatan kulit kita. Sunscreen dapat mengurangi resiko kanker kulit, termasuk melanoma.

Selain mencegah kanker, sunscreen juga berperan dalam menjaga keremajaan kulit. Untuk sunscreen, pastikan kamu menggunakan facial sunscreen, ya! Disarankan dengan SPF 30 atau lebih.

Itu dia serba-serbi dari skinimalism. Ingatlah bahwa tren skincare ini sama seperti fashion. Enggak semua yang ada wajib kamu ikuti. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan kulit wajah dan perhatikan tipe kulit kamu, sebelum membeli sebuah produk. Kalo kamu tipe skincare minimalis atau berlapis-lapis, nih?

Referensi: IInisehat | Beautynesia | Femaledaily | Nusantics