Anti Skip-Skip Club, Lebih Teliti Saat Bekerja!
Ilustrasi Anti Skip-Skip Club | Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan, bukan hanya tentang kamu bisa menyelesaikannya tepat waktu sesuai jadwal deadline. Ketelitian akan sejumlah detail dalam pekerjaan juga menjadi nilai plus tersendiri, dan menjadikan hasil kerja tersebut lebih maksimal. Tentu kamu nggak mau dong kalau di cap “asal kerja” aja?

Kurang cermat atau kurang teliti dalam bekerja tentu akan merugikan diri sendiri dan orang lain, karena akan berpengaruh pada kualitas kerja yang dihasilkan. Maka pastikan jangan sampai skip atas beban pekerjaan yang diberikan yah, Goodmates. Coba deh kamu ikuti cara berikut untuk selalu membiasakan bersikap cermat dan teliti dalam setiap pekerjaan.

1. Persiapakan dengan Detail   

Ilustrasi persiapkan dengan detail
Ilustrasi persiapkan dengan detail | Pexels.com/AndreaPiacquadio

Mulailah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan lebih awal sebelum memulai pekerjaanmu. Biasakan juga untuk selalu menulis catatan sedetail mungkin untuk segala sesuatunya, agar tidak ada yang ketinggalan.

Tidak ada salahnya juga kamu mencoba untuk membaca atau mengecek hasil pekerjaanmu dengan suara keras dan berulang. Meski awalnya terkesan ribet, tapi lama-lama akan menjadi kebiasaan baik yang membuatmu lebih teliti loh, Goodmates.

2. Always Double Check!  

Ilustrasi always double check
Ilustrasi always double check | Pexels.com/KarolinaGrabowska

Jika tugas yang diberikan sudah selesai, kamu bisa mengecek berulang kali hasil pekerjaan tersebut, apakah masih ada yang kurang dan perlu diperbaiki sekecil apapun. Dengan begitu, kamu bisa lebih menyempurnakan dan memeriksa semuanya dengan benar.

Cobalah untuk selalu bersikap tenang dan tidak bertindak terburu-buru untuk segera menyelesaikan pekerjaan tersebut. Ingat! Tidak selamanya hal yang diselesaikan cepat itu berarti hebat,ya!

3. Fokus! Prioritaskan yang Utama

Ilustrasi fokus prioritaskan yang utama
Ilustrasi fokus prioritaskan yang utama | Pexels.com/AndreaPiacquadio

Fokus dengan apa yang sedang kamu kerjakan. Dengan begitu segala sesuatu yang dihasilkan akan maksimal dan lebih mudah untuk diselesaikan. Prioritaskan pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dulu. Upayakan untuk menyelesaikannya sesuai deadline, atau sebelum dealine malah lebih baik. Pastikan jangan sampai ada yang skip atau jadi terbengkalai ya, Goodmates.

4. Hindari Multitasking

Ilustrasi hindari multitasking
Ilustrasi hindari multitasking | Pexels.com/KarolinaGrabowska

Terkadang kita memang dituntut untuk bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Tapi di lapangan, gak jarang hal tersebut justru mengurangi kualitas hasil pekerjaan tersebut. Ada beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan perhatian lebih tanpa harus diganggu kegiatan lain. Percaya saja, setiap usaha tidak akan mengkhianati hasil!

5. Jauhi Stress, Bangun Suasana Nyaman

Ilustrasi jauhi stress, bangun suasana nyaman
Ilustrasi jauhi stress, bangun suasana nyaman | Pexels.com/AndreaPiacquadio

Jangan hanya terpaku pada hasil kerja yang harus selalu maksimal tapi justru malah membuat beban pikiran kamu bertambah, padahal pekerjaan tersebut belum dimulai. Kerjakanlah tugas tersebut secara mengalir dengan prinsip “serius tapi santai”. Dengan begitu tanpa terasa pekerjaan tersebut selesai sesuai jadwal.

Untuk menambah mood dalam bekerja, kamu bisa mencari mood booster versi kamu. Contohnya seperti menyiapkan playlist musik favorit atau pesan makanan kesukaan.  Tapi inget, jangan kelamaan yah!

Bekerja dengan penuh ketelitian tentu menjadi nilai plus yang wajib kita miliki. Kalau kamu terbiasa menyelesaikan segala sesuatu dengan teliti, tentu ada kepuasan tersendiri melihat hasil akhirnya loh, Goodmates. Dan pastinya akan berpengaruh juga pada perkembangan karir kamu, kan?

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspedia dan channel Youtube Workerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

Workerspedia
Human Resources

Workerspedia adalah media atau wadah bagi para pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berbagai hal di dunia kerja.