Perkuat Literasi dengan Aplikasi Baca Bebas Bayar
Aplikasi membaca digital | Foto: iPusnas

#FutureSkillsGNFI

Sadarkah kalian kita sudah memasuki era digital? Segala hal mulai dari kegiatan jual-beli, proses pembelajaran, pelayanan kependudukan, sampai registrasi pelayanan kesehatan dapat diakses melalui gawai kita.

Manusia menjadi dimudahkan dalam segala aktivitasnya karena proses yang prosedural dan birokratis dapat dihindari sehingga dapat menghemat waktu. Salah satu kompetensi yang diharapkan dapat dimiliki sekian miliar penduduk dunia dari perkembangan teknologi ini tentunya adalah kemampuan literasi yang meningkat.

Kemampuan literasi individu diperoleh dari tingginya minat membaca yang mendorong kemampuan literasi yang lebih baik. Minat baca sendiri merupakan salah satu indikator kemajuan suatu bangsa karena ketika seseorang memiliki minat baca yang tinggi, dapat dikatakan mereka memiliki kompetensi sumber daya manusia yang mumpuni bagi suatu negara. Berdasarkan penilaian PISA (Programme for International Student Assessment), angka minat baca penduduk Indonesia tercatat menduduki peringkat 72 dari 77 negara.

Rendahnya angka minat baca ini antara lain disebabkan oleh tidak adanya penanaman kebiasaan membaca sejak dini, kurangnya akses kepada fasilitas yang ada, ketidakmampuan membeli buku karena rendahnya kemampuan ekonomi, dan produksi buku di Indonesia yang masih kurang (Alroy & Sa’diyah, 2021). Hal tersebut menimbulkan rendahnya minat baca masyarakat Indonesia yang mana dapat berpengaruh kepada aspek-aspek lainnya seperti ekonomi, sosial, pendidikan, kesehatan, hukum, dan politik. Oleh karena itu, perlu adanya pengupayaan peningkatan budaya membaca pada masyarakat Indonesia.

Salah satu usaha peningkatan minat membaca masyarakat Indonesia adalah diluncurkannya aplikasi iPusnas (Perpustakaan Digital Nasional). Seiring berkembangnya zaman dan majunya teknologi, upaya pembaharuan, perluasan jaringan dan jangkauan, serta efisiensi ruang dan waktu pada manajemen perpustakaan menjadi opsi yang harus mendapat dukungan dari banyak pihak. Kehadiran perpustakaan digital diharapkan dapat memberikan kemudahan akses masyarakat kepada literatur yang ada sehingga mereka dapat mengakses literatur dimana pun dan kapanpun mereka mau.

Aplikasi iPusnas ini dapat diunduh oleh pengguna Android maupun iPhone sehingga semua orang mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengakses literatur yang ada. Registrasi yang mudah hanya dengan menggunakan email, nomor telepon, dan verifikasi, serta kemudahan meminjam buku dari beragam genre yang ada tanpa menggunakan biaya menjadi daya tarik bagi pengguna untuk menggunakan aplikasi ini. Buku yang telah dipinjam nantinya akan tersimpan dalam cloud sampai masa peminjaman buku berakhir.

Meskipun di iPusnas sendiri masih belum tercapai kelengkapan pustaka, namun setidaknya kehadiran aplikasi ini dapat membantu masyarakat yang ingin membaca buku dengan gratis, mudah, dan fleksibel.  Kehadiran aplikasi ini diharapkan dapat membantu upaya peningkatan minat membaca dan kemampuan literasi masyarakat Indonesia sehingga dapat dicapai kualitas sumber daya manusia yang lebih baik. Kemampuan literasi yang lebih baik tentunya akan memberikan pengaruh yang positif pula pada kehidupan masyarakat.

Efektivitas dan efisiensi yang diberikan menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk semakin memperkuat minat baca dan kemampuan literasi mereka. Penggunaan iPusnas harus mendapat dukungan dari berbagai pihak khususnya pemerintah dan institusi pendidikan sebagai aktor utama pendukung kemajuan sumber daya manusia suatu negara. Selain itu, lingkungan keluarga dan komunitas sosial juga harus memberikan dukungannya kepada peningkatan budaya membaca khususnya pada anak karena penerapan kebiasaan pada anak akan lebih mudah daripada pada orang dewasa.

Penting bagi kita menjadi bagian dari peningkatan kemampuan literasi dan kualitas sumber daya manusia yang lebih baik. Bukan hanya bagi kemajuan bangsa, namun juga untuk meningkatkan kualitas diri kita di era yang kompetitif ini.

Referensi: Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sistem Informasi PENGARUH APLIKASI MOBILE IPUSNAS TERHADAP PERKEMBANGAN MINAT BACA MASYARAKAT | SITASI (upnjatim.ac.id)