5 Aplikasi Belajar Bahasa Korea untuk Pemula
Ilustrasi aplikasi | Foto: Tekno Sindo

Sejalan dengan masuknya Korean Wave di Indonesia, kini bahasa Korea menjadi favorit kalangan millennial hingga Gen Z, khususnya Kpopers dan penggemar drama Korea. Belajar bahasa Korea dapat membantu seseorang untuk memahami dan mendapatkan segala informasi yang berkaitan dengan Korea.

Selain itu, menguasai bahasa Korea bisa jadi bekal dan peluang buat Goodmates yang ingin kuliah dan berkarier di sana. Kini, melalui genggaman kita dapat belajar bahasa Korea dengan mudah dan gratis.

Ada banyak aplikasi belajar bahasa Korea yang bisa Goodmates unduh melalui App Store dan Play Store. Berikut 5 rekomendasi aplikasi belajar bahasa Korea yang bisa membantu Goodmates.

1. Duolingo

Ilustrasi aplikasi Duolingo | Foto: play.google.com

Duolingo menempati posisi teratas sebagai aplikasi belajar bahasa asing terlengkap di Google Play. Tak perlu ragu lagi, aplikasi ini bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu jika ingin belajar bahasa Korea.

Bagi pemula, kamu bisa belajar dari materi yang mudah seperti frasa atau kata-kata dasar dalam bahasa Korea. Apabila sudah terbiasa, kamu bisa menyusun kalimat dalam bahasa Korea.

Baca juga: Cara Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Tanpa Ikut Les

Adapun materi atau latihan yang ada, semuanya sudah sesuai berdasarkan level tertentu. Nantinya, hanya bisa kamu akses jika sudah menyelesaikan misi atau latihan pada level sebelumnya.

Duolingo memiliki format seperti games sehingga Goodmates tidak akan merasa bosan jika menggunakannya. Salah satu metode yang ada ialah dengan memperkenalkan gambar berserta tulisan, lalu kita akan mencocokkan gambar dan tulisan tersebut.

2. LingoDeer

Aplikasi LingoDeer | Foto: Apk puff

Selanjutnya yang bisa kamu coba ialah aplikasi LingoDeer. Aplikasi ini memberikan pembelajaran berbasis audio sehingga membantu untuk belajar sambil mendengarkan. Terdapat 2.000 kata dan frasa yang bisa kamu pelajari dengan format menyenangkan.

Ada berbagai permainan interaktif, seperti kuis, flashcard, latihan soal, dan lainnya. Kamu juga tidak perlu khawatir apabila tidak memiliki kuota internet karena LingoDeer dapat terakses secara offline.

LingoDeer tersedia di Play Store dan App Store, tetapi dengan fitur terbatas. Jika kamu ingin mendapatkan fitur lebih lengkap, kamu perlu berlangganan sekitar Rp170 ribu untuk setiap bulannya.

3. HelloTalk

Ilustrasi aplikasi HelloTalk | Foto : play.google.com

Tak sabar ingin mempraktikkan kemampuan berbicara dalam bahasa Korea? Melalui aplikasi HelloTalk, kamu bisa belajar bahasa Korea secara menyenangkan sekaligus mendapatkan teman baru.

Baca juga: 5 Upaya untuk Menjaga Kelestarian Bahasa Daerah

HelloTalk akan memasangkan kamu dengan pengguna lain dari lintas negara yang memiliki kebutuhan bahasa yang sama denganmu. Misalnya, kamu ingin belajar bahasa Korea, kamu akan dapat teman yang fasih berbahasa Korea sekaligus ingin belajar bahasa Indonesia.

Aplikasi ini lengkap dengan fitur pesan teks dan rekaman suara sehingga pengguna lain yang menjadi temanmu dapat saling mengoreksi bahasa. HelloTalk dapat kamu unduh di App store dan Play Store.

4. Eggbun: Learn Korean Fun

Ilustrasi aplikasi Eggbun: Learn Korean Fun | Foto:Eurolinguiste.com

Eggbun: Learn Korean Fun merupakan aplikasi belajar bahasa Korea yang menawarkan fitur chatbot. Fitur ini akan membantu kamu belajar bahasa korea melalui chat dengan tutor bernama Lenny. Dengan begitu, kamu bisa belajar sepuasnya melalui aplikasi ini.

Lewat aplikasi Eggbun kamu dapat mengasah 4 kemampuan sekaligus, seperti menulis, membaca, mendengar, dan berbicara bahasa Korea. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan catatan budaya yang bisa kamu pelajari agar tahu mengenai budaya-budaya di Korea.

Baca juga: Ingin Mahir Berbahasa Asing? Yuk, Gabung Bersama Komunitas Polyglot Indonesia!

5. Naver

Ilustrasi aplikasi Naver | Foto: appannie.com

Tidak lengkap rasanya jika kamu belum memiliki aplikasi terjemahan yang membantumu untuk belajar bahasa Korea. Naver sebenarnya aplikasi terjemahan layaknya Google Translate. Namun, hal yang membuat aplikasi ini berbeda ialah salah satu mesin pencarian yang berasal dari Korea.

Dengan begitu, ketika kamu ingin menerjemahkan ke bahasa Korea, aplikasi Naver akan lebih detail dan akurat daripada aplikasi lainnya. Tak hanya menerjemahkan dalam bentuk tulisan, aplikasi ini bisa menerjemahkan lewat gambar, suara, hingga tulisan tangan. Naver bisa kamu dapatkan melalui Play Store dan Apps Store.

Itulah 5 aplikasi yang bisa kamu pilih untuk belajar bahasa Korea. Lewat aplikasi-aplikasi ini kamu pun bisa belajar di mana saja dan kapan saja.