Rekomendasi 4 Aplikasi Desain Grafis Khusus untuk Pemula
Aplikasi Desain Grafis | Foto: pexels.com

#FutureskillsGNFI

Tidak begitu sulit untuk belajar bidang desain grafis bagi pemula. Di zaman yang semakin canggih, desainer grafis saat ini perlu menguasai aplikasi guna membantu mewujudkan ide-ide kreatif.

Beberapa aplikasi desain grafis yang ada di pasaran cukup beragam dan membuat kamu kebingungan dalam memilih. Kamu pasti akan kesulitan menggunakan aplikasi desain grafis karena baru pertama kali. Banyaknya tool-tool yang tersedia serta fungsinya yang belum kamu ketahui tentu akan menambah pusing, bukan?

Tidak perlu berkecil hati karena masih ada aplikasi yang ramah terhadap pemula. Biasanya, aplikasi berikut menyediakan tool-tool yang mudah kamu pahami dan operasikan. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi desain grafis yang dapat kamu pilih guna menunjang proses belajar.

1. Adobe Photoshop Express

Logo PS | Foto: Adobe

Para desainer grafis tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi terbitan Adobe Inc ini. Awal mula, Photoshop hanya untuk perangkat windows dan macOS saja. Namun, seiring mengikuti perkembangan teknologi, aplikasi ini sudah bisa kamu akses menggunakan smartphone.

Hingga kini, tersedia beberapa versi dari Adobe Photoshop sendiri. Ada banyak keunggulan dari aplikasi ini, seperti fitur tulisan yang bisa dibuat semenarik mungkin, memotong dan menghapus gambar, menyatukan gambar, manipulasi warna, hingga menggambar objek menggunakan fitur pensil

Adanya fitur yang cukup lengkap membuat Photoshop Express semakin banyak penggunanya. Terlebih lagi, aplikasi ini menyediakan beberapa plug-in yang dapat membantu desainer dalam menyempurnakan pekerjaannya.

Baca juga: Cara Atur Kerja Kelompok Agar Lebih Produktif

2. Coreldraw

Logo corel | Foto: Coreldram

Coreldraw merupakan aplikasi desain grafis tertua, aplikasi ini rilis sejak 1989. Kamu tidak perlu khawatir dengan aplikasi ini karena sejak awal perilisan hingga sekarang, Coreldraw terus mengembangkan dan meluncurkan versi-versi terbaru.

Aplikasi ini berguna untuk memudahkan pekerjaan menggambar atau mendesain sebuah gambar. Selain itu, Coreldraw juga memiliki fungsi lain, seperti membuat logo, brosur, kartu undangan, dan berbagai jenis desain vektor.

Dengan aplikasi ini kamu akan mudah mengkonversi bitmap ke objek. Seperti yang kita tahu, kegiatan mengkonversi bitmap ke objek termasuk hal yang cukup rumit. Namun, menggunakan Coreldraw hal tersebut bisa kamu atasi.

Baca juga: Intip 5 Tempat Pembungan Sampah 'Mewah' di Dunia

3. Adobe Illustrator

Logo AI | Foto: Adobe

Untuk rekomendasi berikutnya ada Adobe Illustrator. Aplikasi ini merupakan program editor desain grafis vektor terkemuka yang berkembang sekaligus dari Adobe Inc.

Adobe Illustrator sangat user friendly sehingga bagi pemula, aplikasi ini mudah dengan menu-menu dan toolbar-nya yang tidak terlalu rumit. Kelebihan lain yang bisa kamu rasakan setelah menggunakan aplikasi ini ialah hasil visual tidak mungkin pecah meski kamu perbesar.

Dengan keunggulan tersebut, aplikasi desain grafis ini bermanfaat untuk membuat logo, ilustrasi, iklan seperti papan reklame, hingga beragam desain pada produk.

Baca juga: Deretan Teknologi yang Seharusnya Tidak Pernah Tercipta

4. Canva

Logo Canva | Foto: Canva

Aplikasi ini cukup terbilang baru daripada aplikasi desain grafis lainnya. Meskipun terbilang baru, hingga saat ini aplikasi Canva sudah terunduh sebanyak 100 juta pengguna di seluruh dunia.

Adanya template yang bervariatif dan tinggal mengedit membuat aplikasi ini semakin banyak yang menyukainya. Selain memudahkan tentu juga menghemat waktu, jika kamu kurang puas dengan fitur yang tersedia kamu bisa berpindah menggunakan Canva pro agar lebih leluasa.

Perlu kamu tahu aplikasi Canva akan otomatis menyimpan hasil pekerjaanmu. Jadi, kamu tidak perlu khawatir apabila terdapat gangguan saat mengerjakan dan belum sempat menyimpannya. Canva bisa kamu akses melalui website sehingga tidak memakan banyak memori penyimpanan.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi desain grafis yang cocok bagi pemula dengan segala keunggulannya. Kamu bisa mendapatkan aplikasi tersebut melalui app store maupun playstore.

Referensi: IDN Times | Skillacademy