Daftar Aplikasi untuk Sukseskan Program Diet Selama Berpuasa
Ilustrasi aplikasi pembantu diet | Foto: Quick and Dirty Tips

Banyak orang menjalani diet selama bulan puasa demi memperoleh berat badan yang ideal, serta menjaga tubuh tetap dalam kondisi prima. Mereka yang tengah melaksanakan program seperti ini jelas harus rutin memantau asupan kalori untuk tubuh setiap harinya.

Seiring pesatnya perkembangan teknologi, sekarang telah banyak aplikasi diet yang tersedia dalam smartphone. Beberapa di antaranya bahkan tidak cuma sekadar menyediakan perhitungan kalori, melainkan juga jumlah nutrisi karbohidrat sekaligus lemak dari makanan.

Cukup dengan mengunduhnya via PlayStore atau AppStore, kamu dapat langsung mengetahui berapa total kalori sampai nilai gizi makanan yang akan kamu konsumsi. Apa sajakah aplikasi tersebut? Berikut daftarnya.

1. MyFitnessPal

MyFitnessPal | Foto: Medium

Sebagai aplikasi penghitung kalori untuk diet terpopuler, MyFitnessPal dapat menjadi rekomendasi buat kamu si pecinta kuliner sehat. Sebab, terdapat jutaan database makanan di dalamnya yang berguna sebagai informasi mengenai kandungan gizi dan nutrisi.

Pengguna dapat memilah dan menentukan makanan mana yang sekiranya cukup untuk memenuhi keperluan asupan kalori setiap harinya. Dari konsumsi sehari-hari tersebut, kamu juga bisa menakar berapa banyak kalori yang harus terbakar selama beraktivitas.

Baca juga: Jaga Kesehatan Penting Perhatikan Kalori Takjil Puasa

2. Fatsecret

Fatsecret | Foto: Yooreka.id

Aplikasi penghitung kalori ini menawarkan sederet fitur bermanfaat untuk menunjang kesuksesan program diet. Contohnya, ada  tampilan jumlah asupan lemak dan karbohidrat dari hidangan yang kamu makan.

Fatsecret juga mempunyai koleksi resep sehat selama program diet beserta database yang mencakup informasi gizi untuk banyak jenis makanan, merk, serta restoran. Adanya tips dan trik kesehatan pun akan membantu para pelaku diet dalam menyusun program yang lebih terarah, terutama selama berpuasa.

3. Lose It!

Lose It! | Foto: LoseIt.com

Ingin menurunkan berat badan dengan serius? Cobalah menggunakan Lose It!. Kamu akan memperoleh panduan-panduan berolahraga secara efektif dalam rangka mencapai tujuan tersebut.

Aplikasi penghitung kalori ini menyediakan buku harian makanan sederhana untuk pengguna gunakan. Terdapat pula fitur Snap It yang akan mempermudah perhitungan jumlah karbohidrat dalam makanan.

Kamu juga dapat melakukan pemindaian barcode terhadap suatu kemasan makanan untuk menghitung kalori yang terkandung di dalamnya. Selanjutnya, supaya lebih termotivasi dan bersemangat, tidak ada salahnya untuk mengikuti beragam tantangan yang tersedia dalam aplikasi Lose It!.

Baca juga: Rekomendasi Channel Youtube untuk Cari Inspirasi Menu Berbuka

4. Lifesum

LifeSum | Foto: Molten Ventures

Kali ini kamu tidak perlu lagi merasa bimbang dalam memilih jenis diet mana yang cocok. Lifesum menawarkan sederet kuis untuk mempermudahmu menentukan pilihan. 

Kamu dapat menemukan meal plan untuk diet paleo, diet keto, sampai berpuasa (fasting). Adapun plan yang tergolong mudah, bahkan cuma terdiri atas lima bahan sederhana saja.

5. MyNetDiary

MyNetDiary | Foto: MyNetDiary.com

Sewaktu mengunduh aplikasi MyNetDiary pertama kali, kamu mesti menjawab sejumlah pertanyaan dan melengkapi informasi lainnya untuk menentukan asupan kalori yang kamu butuhkan.

Selain memberikan gambaran jumlah kalori sekaligus capaian berat badan ideal, aplikasi yang satu ini pun cocok bagi penderita diabetes. Pengguna tinggal menginput data insulin intake, gula darah, dan detak jantung.

Kamu juga bisa mengintegrasikan MyNetDiary dengan sederet perangkat dan aplikasi kebugaran lain, misalnya Apple Watch, Google Fit, Fitbit, hingga Garmin.

Baca juga: Simak Cara Atur Waktu Belajar Selama Bulan Ramadan

6. Yazio

Yazio | Foto: Apkmody.io

Kamu bisa mempertimbangkan aplikasi Yazio apabila menyukai tipe diet dengan metode berpuasa alias intermittent fasting. Tersedia lebih dari dua puluh fasting plan untuk mengetahui informasi tentang tubuh kamu selama menjalani puasa.

Selanjutnya, aplikasi yang satu ini juga mempunyai water tracker reminder untuk memastikan bahwa kebutuhan air harian pengguna tetap terpenuhi. Uniknya lagi, Yazio premium juga menawarkan fitur mood and symptoms tracking dalam aksesnya.

7. Carb Manager

Carb Manager | Foto: Apkgk.com

Buat kamu yang sedang menjalani diet keto atau diet rendah karbohidrat, Carb Manager bisa menjadi opsi yang tepat untuk membantumu menghitung kalori. Aplikasi ini berjalan sesuai namanya yang memungkinkan para pelaku diet menjaga rutinitas makan dengan fitur kalkulator untuk asupan karbohidrat.

Tidak cuma itu, terdapat pula kalkulator berbeda, yakni kalkulator untuk protein, lemak, serta kalori yang menampilkan total konsumsi harian. Carb Manager sendiri terbilang lumayan karena juga menyediakan aneka resep makanan diet keto yang bisa kamu coba di rumah.

Referensi: KompasBrilio | Tirto