Daftar Aplikasi di Android dan iOS untuk Menunjang Ibadah Selama Ramadan
Illustrasi aplikasi untuk menunjang ibadah | Foto: Unsplash

Memasuki bulan Ramadan, setiap orang mulai mempersiapkan diri, termasuk dalam urusan ibadah. Hanya menggunakan smartphone, kini kamu bisa menunjang ibadah selama Ramadhan dengan aplikasi-aplikasi yang tersedia di Android dan iOS.

Saat ini, umat muslim di seluruh dunia sedang melaksanakan puasa Ramadan. Ini berarti, seluruh umat muslim mulai melakukan beragam aktivitas, seperti puasa, tarawih, atau aktivitas lain yang berkaitan dengan Ramadan.

Di dalam pesatnya perkembangan teknologi komunikasi saat ini, kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi untuk menunjang ibadah selama bulan Ramadan. Untuk menggunakan aplikasi bukanlah hal yang sulit, cukup mengunduhnya di smartphone pribadi.

Penasaran ada aplikasi apa saja? Berikut beberapa rekomendasi aplikasi di Android dan iOS untuk menunjang ibadah kamu selama bulan Ramadan.

1. Aplikasi Muslim Pro

Aplikasi Muslim Pro | Foto: Google Play Store

Pertama ada Aplikasi Muslim Pro yang menjadi salah satu aplikasi paling banyak orang gunakan. Pasalnya, dalam aplikasi tersebut terdapat banyak fitur yang bisa menunjang ibadah kamu selama Ramadan, cocok buat kamu yang merayakan.

Beberapa fitur yang bisa kamu dapatkan mulai dari jadwal imsak/imsakiyah, audio azan, jadwal buka puasa, Al-Quran, hingga mampu menunjukan daftar restoran halal di sekitar yang bisa kamu kunjungi. Aplikasi ini bisa kamu unduh melalui Play Store maupun App Store.

Baca juga: Resmi! Qatar Siap Gelar World Cup 2022 pada Akhir Tahun

2. Aplikasi iDuas Ramadhan

Aplikasi iDuas Ramadhan | Foto: Google Play Store

Selanjutnya ada Aplikasi iDuas Ramadhan, salah satu aplikasi yang bisa menunjang ibadah kamu. Aplikasi ini dapat kamu unduh unduh di Play Store maupun App Store. iDuas Ramadhan memberikan fitur yang berisi panduan rinci mengenai doa-doa selama bulan suci.

Termasuk ada pula doa di malam Lailatul Qadr hingga Idulfitri. Pengguna juga bisa mengunduh audio MP3 dan video untuk setiap doa sehingga bisa kamu dengarkan secara offline. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi ini secara gratis untuk bisa mendapatkan fitur-fiturnya.

3. Aplikasi Cookpad

Aplikasi Cookpad | Foto: Google Play Store

Jika kamu bingung akan memasak apa pada saat buka puasa atau sahur, aplikasi Cookpad bisa menjadi salah satu jawaban dari permasalahan tersebut. Dengan begitu, hidangan buka puasa maupun sahur tidak akan membosankan dan mampu membuat semangat menjalani ibadah puasa.

Baca juga: Resep Makanan Tanpa Minyak, Bisa jadi Menu Sahur dan Buka Puasa

Aplikasi Cookpad berisi kumpulan resep sehingga bisa menjadi inspirasi memasak kamu selama bulan Ramadan. Ada beragam hidangan, mulai dari takjil, hidangan buka puasa, hingga sahur yang bisa kamu coba setiap hari.

4. Aplikasi Zakat Calculator

Aplikasi Zakat Calculator | Foto: Google Play Store

Bulan Ramadan juga tidak terlepas dari kewajiban untuk menunaikan Zakat. Zakat fitrah adalah salah satu kewajiban yang harus umat muslim tunaikan saat bulan Ramadan. 

Zakat Calculator mampu membantu pengguna untuk melakukan penghitungan zakat, mulai dari zakat uang, emas, perak, pertanian, investasi, dan lain sebagainya. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis di Play Store.

Baca juga: Jenis Olahraga Ringan yang Dapat Kamu Lakukan Selama Berpuasa

5. Aplikasi KESAN

Aplikasi KESAN | Foto: Google Play Store

Terakhir ada aplikasi KESAN. Aplikasi buatan developer lokal ini menyediakan Al-Quran, alarm azan, hingga jadwal salat. Bahkan, dalam aplikasi ini terdapat fitur Al-Quran yang lengkap dengan tajwid berwarna dan audio.

Selain itu, ada juga ratusan doa dan penjelasan, zikir dan shalawat lengkap, jadwal saalat, kalender Hijriah, hingga artikel-artikel harian yang bisa kamu baca tiap harinya.

Beberapa aplikasi di atas bisa kamu unduh secara gratis di App Store dan Play Store. Dengan adanya aplikasi ini, setidaknya bisa membantu kamu dalam menunjang ibadah selama bulan suci Ramadan.

Referensi: Kompas | Ekrut