Artis Berprestasi, Ini Dia Tips Belajar Efektif Ala Maudy Ayunda
Maudy Ayunda│@maudyayunda/Instagram

Siapa yang tidak kenal Maudy Ayunda, aktris sekaligus penyanyi muda yang dikenal sebagai sosok wanita pintar yang melanjutkan studinya ke universitas-universitas top dunia. Maudy Ayunda lulus dari Oxford University pada tahun 2016.

Kemudian, Maudy melanjutkan studi S2-nya di Stanford University dan lulus pada tahun 2021 kemarin. Saat Maudy akan melanjutkan studi di Stanford, di saat yang sama ia juga diterima di Harvard, loh!

Nah, menarik untuk melihat bagaimana pola belajar seorang Maudy Ayunda hingga bisa menembus universitas-universitas top dunia. Kali ini, kita akan melihat apa saja tips belajar yang efektif ala Maudy Ayunda. Selengkapnya, bisa kamu cek di bawah ini.

Terbiasa untuk menulis

Dalam sebuah universitas, seorang mahasiswa pasti tidak bisa jauh-jauh dari kegiatan menulis. Tugas-tugas kuliah seperti membuat artikel, makalah hingga jurnal, tentu sangat membutuhkan kemampuan menulis yang baik.

Kemampuan menulis yang baik, akan sangat membantu seorang mahasiswa dalam menjalani studinya. Makanya, bagi kamu yang belum terbiasa menulis, kamu harus belajar dan mulai membiasakan menulis mulai sekarang.

Maudy Ayunda pun juga begitu. Saat Maudy kuliah di Oxford, ia terbiasa membuat dua artikel ilmiah setiap minggunya. Selain untuk mempermudah mengerjakan tugas, menulis juga bisa mengasah otak kita dalam mendalami materi.

Rajin membaca buku

Ilustrasi│Pexels/Pixabay

Bukan rahasia umum lagi, membaca buku adalah jalan terbaik untuk menambah wawasan. Apalagi untuk mahasiswa yang sedang melakukan studi, membaca buku adalah hal yang wajib.

Hal ini juga berlaku untuk sosok sepintar Maudy Ayunda. Selama menempuh studinya, Maudy adalah mahasiswa yang sangat sering mengunjungi perpustakaan. Maudy adalah orang yang sangat senang membaca buku dan betah berlama-lama di perpustakaan.

Memang, salah satu rahasia menjadi orang yang pintar adalah dengan rajin membaca buku. Maka dari itu, jangan malas untuk membiasakan membaca buku jika ingin menjadi seperti seorang Maudy Ayunda.

Pahami konsep, jangan dihafal

Sebagian orang mungkin lebih banyak menghafal materi daripada memahaminya. Hal ini adalah cara yang kurang efektif dalam belajar. Sebuah konsep seharusnya dipahami, bukan dihafalkan.

Membaca secara perlahan dan menulis inti suatu materi dapat membantumu untuk memahami materi tersebut. Tidak perlu tergesa-gesa, yang penting kamu dapat memahami materi tersebut dengan baik. Selain itu, selalu sempatkan untuk membaca ulang catatanmu. Hal ini akan membantumu untuk memahami materi lebih dalam lagi.

Sempatkan koreksi hasil ujian

Jangan lupa untuk melihat hasil ujianmu. Kamu bisa belajar dari hasil ujian yang sebelumnya agar bisa menghindari kesalahan di ujian yang selanjutnya. Jangan malas untuk mengecek hasil ujian, ya! Maudy Ayunda saja enggak malas, kok!

Dengan mengoreksi hasil ujian, kamu jadi tahu di mana letak kesalahan jawabanmu sebelumnya. Dengan begitu, di ujian selanjutnya, kamu menjadi lebih paham dengan materi dan soal yang diberikan.

Terapkan study life balance

Ilustrasi│geralt/Pixabay

Tidak ada salahnya untuk berambisi belajar. Namun, sebaiknya kamu menghindari gaya belajar yang kaku, ya. Jangan biarkan dirimu terpaku pada studi saja. Kamu juga perlu menyempatkan waktu untuk istirahat atau bahkan menyempatkan diri untuk melakukan hobi kamu.

Itu dia tips belajar efektif ala Maudy Ayunda. Yuk, segera terapkan pola belajar di atas, siapa tahu kamu bisa menyusul kesuksesan seperti Maudy Ayunda. Selamat belajar, Goodmates!

Referensi: IDN TimesCampuspediaKompas