Atasi Laptop Cepat Panas dengan Cara Berikut
Laptop Cepat Panas | Unsplash - James M.

Goodmates, kalian pernah tidak sedang asik-asik mengerjakan tugas atau bermain game di laptop, lalu laptop tiba-tiba terasa panas padahal baru dipakai sebentar? 

Laptop cepat panas merupakan salah satu masalah yang banyak di alami oleh para penggunanya. Bahkan tidak jarang juga panasnya laptop tersebut mengakibatkan laptop mati, dan tidak bisa dinyalakan lagi!

Duh, pasti kesal sekali ya kalau hal tersebut terjadi. Tapi tenang, Goodmates! Sebab Goodside akan memberikan tips atasi laptop cepat panas. Berikut adalah informasinya.

Atasi laptop cepat panas dengan cara berikut

Laptop Cepat Panas | Unsplash - Kari Shea
Laptop Cepat Panas | Unsplash - Kari Shea

Kondisi laptop cepat panas merupakan hal yang tidak bisa dibiarkan. Dikutip dari Asani, ada beberapa penyebab laptop menjadi cepat panas pada saat digunakan. Seperti penggunaan laptop yang terlalu lama dan meletakan laptop di tempat yang salah.

Ada juga yang disebabkan oleh faktor internal laptop itu sendiri seperti kipas dalam laptop yang sudah rusak, thermal paste yang sudah kering, dan ventilasi udara tersumbat.

Lantas apa yang harus kita lakukan ya? Berikut merupakan cara untuk mengatasi laptop yang cepat panas.

Meletakan laptop di tempat yang seharusnya

Siapa para Goodmates yang sering bermain laptop di atas kasur? Sekarang harus dikurangi, ya! Karena meletakan laptop di atas tempat yang menutupi bagian bawah laptop, terlebih lagi dengan bahan yang dapat menahan panas seperti kasur, bantal, dan lain-lain akan berbahaya bagi laptop.

Laptop memiliki ventilasi udara dan juga kipas yang umumnya di letakan di bagian bawah, jika kipas dan ventilasi udara tersebut ditutupi akan membuat sirkulasi udara yang masuk dan keluar dari laptop terganggu.

Alih-alih meletakan di kasur, akan lebih baik jika Goodmates meletakan alat yang berbahan keras seperti papan atau alas buku tebal. Jika kamu punya budget yang lebih, bisa membeli meja kecil yang sudah dilengkapi oleh kipas cadangan. Jangan khawatir, meja seperti itu banyak ditemukan di online shop, kok!

Pemakaian laptop di tempat panas

Sama seperti manusia, laptop yang disimpan di tempat yang panas seperti di dekat jendela akan membuatnya cepat panas atau overheating. 

Sebaiknya letakan laptopmu di tempat yang suhunya cenderung dingin dan tidak langsung terkena cahaya matahari.

Membuka aplikasi terlalu banyak

Penggunaan software yang banyak dalam satu waktu dapat menjadi salah satu faktor panasnya laptop, lho. Ketika laptop diperintahkan untuk membuka aplikasi, laptop akan bekerja semakin cepat hingga mesin menjadi panas.

Baiknya kamu mulai memperhatikan aplikasi mana yang harus di non-aktifkan dan mulai membentuk tabel prioritas mengenai aplikasi mana yang harus dibuka untuk pekerjaanmu.  Biasanya aplikasi yang berat seperti aplikasi editing akan membuat laptop bekerja lebih cepat juga. 

Cek kondisi kipas dan thermal paste

Tidak hanya kondisi eksternal, kondisi internal seperti badan laptop wajib kamu perhatikan. Dua diantaranya adalah kipas dan thermal paste yang merupakan komponen yang bertanggung jawab atas suhu laptopmu.

Sama seperti kipas pada umumnya, kipas yang ada di dalam laptop memiliki fungsi untuk mengalirkan panas pada laptop. Sementara itu dikutip dari IDN Times, thermal paste merupakan cairan di dalam laptop yang berfungsi untuk mengurangi panas.

Pastikan kamu memeriksa kipas laptopmu dan pastikan agar kipas terbebas dari debu, dan pastikan juga kipasmu berfungsi normal. Tak lupa dengan thermal paste, pastikan cairan disana tidak mengering, ya!

Menghapus virus

Virus merupakan musuh terbesar laptop. Hal tersebut disebabkan dampak negatif yang diberikan, salah satunya adalah dapat membuat laptop panas. Dilansir Winpreso, virus dapat membuat CPU terus bekerja hingga membuat laptop sangat panas. 

Jika hal tersebut terjadi, maka kamu harus segera menghapus virus tersebut dengan menggunakan anti virus. Tetapi jika terlanjur parah, kemungkinan yang harus kamu lakukan adalah instal ulang dengan menghapus seluruh file yang menjadi 'sarang' bagi virus.

Bagaimana Goodmates, apa sekarang laptopmu sudah mulai membaik dengan menerapkan cara di atas? 

Referensi: Asani | IDN Times | Winpreso