Atasi Penyakit Maag dengan 7 Bahan Alami Ini
Atasi penyakit Maag | Foto: Sora Shimazaki/Pexels.com

Banyak orang mengalami masalah kesehatan seperti penyakit maag. Selama ini, kebanyakan orang menganggap bahwa gangguan pencernaan tersebut cuma bisa teratasi secara optimal dengan obat apotek. Mengobati penyakit maag bisa juga menggunakan obat dari bahan alami.

Meski begitu, rupanya penyakit yang biasanya disebabkan buruknya pola makan ini dapat diatasi dengan sederhana. Tanpa merogoh uang lebih dalam, kamu pun bisa melawan gejala maag yang sering kali menghampiri. Kira-kira, bahan apa sajakah itu? Berikut Goodside rangkum 7 bahan alami untuk mengatasi maag.

1. Jahe

Jahe | Foto: Julia Topp/Unsplash.com

Jahe memiliki segudang khasiat bagi kesehatan tubuh, salah satunya meredakan gejala sakit maag. Melalui kandungan antibakteri dan antiinflamasinya, rempah yang satu ini bisa mengurangi peradangan dalam dinding lambung.

Saran mengenai metode konsumsi bahan alami satu ini, yaitu membuat air hangat dari campuran bubuk jahe. Namun, jika gejala maag terasa lumayan parah, kamu juga bisa menggigit seruas jahe yang sudah tercuci bersih selama beberapa menit, diikuti tegukan air dan menelan jahe tersebut.

2. Madu dan Lemon

Madu dan lemon | Foto: Victoria Emerson/Pexels.com

Dengan antioksidan yang tinggi, madu mempunyai sifat antiinflamasi sekaligus mampu membunuh bakteri. Di sisi lain, lemon yang mengandung asam askorbat dan vitamin C dapat menyembuhkan luka radang yang mengakibatkan adanya maag.

Buat kamu yang mempunyai riwayat sakit maag, cobalah untuk mencampur madu, lemon, serta air hangat dan mengonsumsinya di pagi hari sewaktu perut kosong. Pastikan untuk memakan secara rutin supaya maag berangsur pulih.

3. Kunyit

Bubuk kunyit | Foto: Marta Branco/Pexels.com

Sebelas dua belas dengan jahe sebagai rempah-rempah terpopuler, kunyit banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan jamu dan menu masakan.

Bagian rimpang kunyit mampu meredakan asam lambung. Zat curcumin yang terkandung pada kunyit bersifat antiinflamasi, antibakterial, dan antijamur sehingga bisa mengatasi iritasi saluran pencernaan.

Selain dalam bentuk olahan jamu, kamu bisa mengonsumsi kunyit dengan mencampurkan 1 sdt bubuk kunyit dalam air hangat. Setidaknya, konsumsi dua hari sekali supaya bisa memperoleh hasil signifikan. Walaupun begitu, sebaiknya tidak berlebihan juga karena bisa memicu mual dan diare.

4. Oatmeal

Oatmeal | Foto: Jeshoots/Pexels.com

Perlu diketahui, oatmeal bukanlah terbuat dari gandum, tetapi dari oat (Avena sativa) alias tanaman serealia berbiji yang kaya akan karbohidrat.

Mengonsumsi olahan biji-bijian ini biasanya sebagai makanan diet. Hal tersebut karena oatmeal ternyata mengandung tinggi serat yang berguna untuk menyerap asam dalam usus sehingga melancarkan pencernaan.

Mengonsumsi oatmeal secara rutin sebagai menu sarapan pagi akan membantu menetralkan asam lambung. Kamu dapat melarutkannya dengan air ataupun susu, kemudian menambahkan buah-buahan seperti apel, pisang, jeruk, serta buah lain yang tidak bersifat asam.

5. Lidah buaya

Lidah buaya | Foto: Pisauikan/Unsplash.com

Kebanyakan orang mungkin mengetahui kalau lidah buaya hanya bermanfaat untuk rambut maupun skin care. Padahal, tanaman dengan nama ilmiah Aloe vera ini manjur untuk mengobati maag.

Lidah buaya mempunyai gel dengan kandungan vitamin, asam amino, mineral, serta zat antiradang. Senyawa tersebut dapat meredakan iritasi lambung, pembengkakkan lapisan lambung, sampai menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi pencernaan.

Cara penyajiannya yaitu membuat jus lidah buaya. Kamu tinggal mencuci bersih daun lidah buaya dan mengambil gelnya. Sebanyak 2 sdt gel tersebut dicampurkan dalam segelas air putih dan dikonsumsi dengan dosis 1-2 gelas per hari untuk hasil yang maksimal.

6. Air kelapa

Air kelapa | Foto: Datingscout/Unsplash.com

Meneguk air kelapa rupanya tidak cuma menyegarkan kerongkongan, melainkan juga memuat pencernaan jadi lebih sehat. Segudang manfaat bisa kamu temukan dalam air kelapa, termasuk mengurangi gejala yang muncul akibat maag.

Apabila kamu merasa asam lambung mulai naik, cobalah meminum air kelapa untuk menghilangkan sensasi terbakar pada perut sewaktu mengalami maag. Sebab, air kelapa dapat mengubah tingkat pH tubuh yang awalnya rendah (asam) menjadi lebih tinggi (basa).

7. Teh herbal

Teh herbal | Foto: Drew Jemmett/Unsplash.com

Secangkir teh herbal, dalam hal ini berupa teh hijau, mengandung berbagai bahan yang berkhasiat tinggi bagi tubuh. Salah dua kandungan yang paling tinggi adalah antioksidan dan antiinflamasi.

Kedua zat ini berperan untuk membuat lambung menjadi lebih nyaman, sekaligus menekan produksi asam lambung berlebihan yang memicu timbulnya penyakit maag. Selain itu, teh herbal juga bisa menghambat perkembangan sakit maag kronis bersamaan dengan mengurangi potensi kanker perut dalam jangka panjang.

Itulah 7 obat maag bahan alami yang dapat kamu buat dengan mudah di rumah. Kamu bisa memilih salah satunya untuk mengatasi penyakit maag. Yang terpenting, jangan lupa selalu terapkan pola makan teratur supaya terhindar dari maag, ya, Goodmates!

Referensi: Hello Sehat | Realfood | KONTAN