“Bad Mood” Menghambat Profesionalitas Kerja? Harus Lakukan Apa, ya?
Ilustrasi Bad Mood Menghambat Profesionalitas Kerja | Foto: Pexels.com/cottonbro

Dunia pekerjaan tentu tak lepas dari problematika seputar deadline pekerjaan ataupun tumpukan tugas yang tiada akhirnya. Hal inilah yang kerap jadi pemicu perasaan kesal dan bad mood.

Suasana hati dipercaya bisa mempengaruhi produktivitas kerja bahkan kualitas pekerjaan seseorang. Maka sangat penting untuk selalu menjaga mood agar tetap baik dan hasil pekerjaan bisa tetap maksimal.

Jika rasa suntuk mulai menjalar saat sedang bekerja, tentu menurunnya semangat dan malas menyelesaikan pekerjaan akan berdampak kurang baik bagi perkembangan karir kamu. Tentu hal ini sangat tidak diinginkan, bukan?

Kalau kamu tipe yang suka bad mood tiba-tiba tanpa sebab, sebaiknya pahami cara berikut supaya kamu bisa kembali semangat dan tetap profesional saat bekerja nih, Goodmates.

  1. Cari Kegiatan yang Menyenangkan
Ilustrasi cari kegiatan yang menyenangkan
Pexels.com/IvanSamkov

Cobalah untuk keluar sebentar bertemu dengan rekan kerja yang se-frekuensi denganmu. Siapa tau kamu justru mendapatkan ide-ide segar lewat obrolan ringan dan diskusi spontan yang sekaligus mengubah mood negatif kamu menjadi positif. Tapi ingat, cara ini bisa kamu lakukan saat jam istirahat kerja atau saat ada kesempatan yang sesuai ya, Goodmates. Jangan coba-coba pergi saat jam kerja.

  1. Temukan Mood Booster-mu
Ilustrasi temukan mood booster-mu
Pexels.com/MikhailNilov

Carilah kegiatan yang bisa mengalihkan perhatianmu sejenak dari padatnya aktifitas bekerja. Nggak ada salahnya kok kalau kamu mencari mood booster di sekitarmu, seperti membeli makanan atau minuman kesukaan yang dapat memancing rasa bahagiamu. Meski terkesan sepele, hal ini bisa berpengaruh pada suasana hati agar menjadi lebih baik. Tapi ingat, secukupnya aja ya!

  1. Inhale Exhale, Cobain Deh!
Ilustrasi inhale exhale
Pexels.com/YanKrukov

Merasa bad mood sampai ingin menangis? It’s okay to cry. Nangis itu nggak dosa kok. Kamu justru bisa meluapkan emosi secara lepas tanpa menyisakan energi negatif sedikit pun. Jangan tahan emosimu yang malah membuat suasana hati bertambah buruk.

Tapi perlu diingat, setelahnya tenangkan diri kamu dengan mengatur nafas secara teratur. Teknik ini terbukti manjur untuk relaksasi dan bisa mengembalikan fokusmu loh, Goodmates.

  1. Buat Playlist Favorit!
Ilustrasi buat playlist favorit
Pexels.com/cottonbro

Mendengarkan musik favorit juga menjadi trik jitu mengatasi bad mood yang paling manjur. Cari playlist dengan lagu-lagu yang berisikan lirik penyemangat dan positif. Boleh juga tambahkan kegiatan lain seperti menggambar atau doodling. Ini jadi cara ampuh untuk menaikkan mood bekerja kamu.

  1. Jauhi Ponsel dan Aktivitas Medsos
Ilustrasi jauhi ponsel dan aktivitas sosial media
Pexels.com/AugustdeRichelieu

Nah, ini nih yang nggak kalah penting. Jauhkan aktivitas sosial media untuk sementara agar kamu bisa lebih berkonsentrasi dengan pekerjaan. Hindari kebiasaan mengecek media sosial atau hanya sekedar scroll-scroll, karena itu justru hanya akan semakin menunda selesainya pekerjaan kamu Goodmates. Ujung-ujungnya, makin malas dan nggak selesai deh. Nggak banget kan?

Semoga cara-cara tersebut bisa mengusir rasa bad mood kamu saat bekerja ya, Goodmates. Have a good day and keep on fire!!

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspedia dan channel Youtube Workerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

Workerspedia
Human Resources

Workerspedia adalah media atau wadah bagi para pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berbagai hal di dunia kerja.