Awas! Bahan Alami Ini Ternyata Berbahaya Bagi Wajah
Kayu manis sebagai bahan alami untuk wajah | Foto: Pexels

Merawat kulit wajah merupakan salah satu kebiasaan yang wajib kita lakukan. Menjaga wajah dapat kamu lakukan dengan menggunakan skincare atau bahan-bahan alami. Namun, alih-alih mendapatkan wajah sehat, menggunakan bahan alami ternyata bisa berbahaya, lo.

Seperti yang kita tahu, semakin hari kian banyak perkembangan yang terjadi termasuk pada produk perawatan kulit wajah. Banyak bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk skincare. Solusi ini berguna bagi banyak orang yang ingin memanfaatkan bahan ‘seadanya’ untuk menjaga kulit wajah mereka.

Akan tetapi, ada beberapa bahan alami yang berbahaya untuk kamu jadikan sebagai  alternatif perawatan kulit wajah. Simak baik-baik, berikut bahan alami yang tidak boleh kamu pakai untuk perawatan wajah.

1. Kayu Manis

Kayu manis | Foto: Pexels

Bahan alami pertama ialan kayu manis. Kayu manis sendiri memiliki manfaat antimikroba, yaitu kemampuan sebuah zat untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme. Meskipun begitu, kayu manis tidak cocok menjadi perawatan bagi wajah.

Baca juga: Tips Mudah Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

Sensasi terbakar pada wajah dapat terjadi ketika kita mengaplikasikan kayu manis. Hal ini bisa terjadi karena kulit yang alergi atau hipersensitif terhadap kayu manis.

Maka dari itu, jika kamu tetap ingin menggunakan kayu manis untuk masker wajah, ujilah terlebih dahulu dengan mengaplikasikan kayu manis pada kulit di dekat daun telinga.

2. Lemon

Buah lemon | Foto: Pexels

Kabarnya, lemon bisa mencerahkan kulit wajah. Namun ada hal yang harus kamu ketahui bahwa lemon sangat tidak cocok untuk kamu oleskan secara langsung ke kulit wajah.

Lemon memiliki pH kurang dari tiga, sedangkan pH alami kulit wajah ada di skala empat sampai lima. Dengan mengoleskan lemon ke kulit wajah, tentunya dapat berdampak buruk bagi wajah.

Baca juga: Ingin Wajah Glowing? Simak Alat Kecantikan Berteknologi Canggih

Kandungan asam ini dapat merusak buffer dari kulit wajah kamu. Hal tersebut akan menyebabkan iritasi, kulit kemerahan, sensasi terbakar, kulit melepuh, hingga kerusakan permanen pada kulit wajah. Lemon juga dapat menyebabkan kulit wajah hipersensitif terhadap sinar matahari.

Jika kamu masih penasaran dan masih ingin menggunakan lemon untuk alternatif skincare, kamu bisa mengonsumsi perasan lemon. Nantinya, perasan tersebut kamu campurkan ke air hangat atau teh hangat dan minum setiap hari.

3. Putih Telur

Putih telur | Foto: Pexels

Bisa menjad masker wajah, putih telur dapat mengencangkan dan menghaluskan kulit wajah. Namun di balik kelebihannya, ada efek samping yang cukup buruk.

Telur mentah sangat berpotensi untuk terkontaminasi dengan bakteri salmonella. Jika kamu aplikasikan telur mentah di dekat mulut lalu tidak sengaja tertelan, hal itu dapat menyebabkan infeksi saluran pencernaan.

Selain itu, masker putih telur juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Efek negatif dari putih telur dapat kamu minimalisir dengan menggunakan telur yang sudah kamu olah atau sudah terpasteurisasi.

Baca juga: Anti Ribet! Skinmalis jadi Tren Perawatan Wajah Masa Kini

4. Gula

Gula pasir | Foto: Detikhealth

Memiliki rasa manis, gula dapat kamu manfaatkan sebagai lulur kulit tubuh untuk eksfoliasi. Namun, tekstur yang gula miliki kurang baik untuk kamu aplikasikan langsung ke kulit wajah.

Kulit wajah yang lebih tipis daripada kulit tubuh, dapat tergores oleh tekstur gula yang kasar dan sedikit bergerigi. Goresan ini tentunya dapat menyebabkan kulit wajah menjadi terluka yang berujung pada iritasi.

Gula memang dapat kamu manfaatkan untuk scrub atau eksfoliasi pada kulit bibir maupun kulit tubuh. Namun, tidak dengan kulit wajah karena efeknya yang kurang baik.

5. Mayones

Mayones | Foto: Wikipedia

Menjadi salah satu bahan yang paling sering dapat rekomendasi sebagai masker wajah, mayones memiliki kandungan lemak dan minyak berbahaya bagi wajah.

Lemak dan minyak yang terkandung dalam mayones, dapat menyumbat pori-pori wajah sehingga menyebabkan pertumbuhan bakteri dan kuman. Hal ini juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Itulah berapa bahan alami yang sebenarnya sedikit berisiko jika kamu aplikasikan langsung pada wajah. Jika Goodmates masih tertarik untuk menggunakan bahan-bahan di atas, alangkah baiknya untuk perhatikan kadar dan frekuensi penggunaannya.

Referensi: Asian ParentBeautynesia