Waspadai Bahaya Terlalu Sering Menggunakan Celana Jeans Ketat
Illustrasi menggunakan celana jeans ketat | Foto: Pexels

Menggunakan celana jeans ketat kerap orang gunakan untuk menunjang penampilan mereka. Akan tetapi, terlalu sering menggunakan celana jeans ketat bisa menimbulkan beberapa dampak yang buruk bagi kesehatan.

Pada dasarnya, celana jeans memang menjadi salah satu pilihan utama orang-orang untuk mereka kenakan. Selain untuk kebutuhan style, celana jeans ketat bisa memberikan efek kaki lebih panjang sehingga tampak lebih tinggi.

Sayangnya, terlalu sering menggunakan celana ini tidak lepas dari bahaya yang mengintai. Hal ini mengakibatkan penggunaan celana jeans ketat akan mengalami terhambatnya aliran darah ke otot sehingga berpotensi adanya pembengkakan dan kompresi saraf.

Selain itu, masih ada beberapa bahaya yang bisa timbul akibat terlalu sering menggunakan celana jeans ketat. Apa saja bahaya dari celana jeans ketat? Berikut penjelasannya.

1. Saraf Terjepit

Illustrasi menggunakan celana jeans ketat | Foto: Pexels

Menggunakan celana jeans yang ketat bisa memicu terjadinya saraf terjepit. Pasalnya, celana yang ketat akan menganggu fungsi saraf yang melewati pangkal paha bagian atas dan menganggu fungsi saraf lateral femoral cutaneous.

Baca juga: Langkah Mudah Menjaga Gigi dan Mulut Agar Tetap Sehat

Saraf ini melewati pangkal paha ke paha bagian atas, baik pada laki-laki maupun perempuan. Penggunaan celana ketat bisa menyebabkan saraf tersebut terjebak di bagian bawah sebuah jaringan ikat sehingga saraf tersebut tertekan.

Kondisi ini adalah sebutan untuk saraf terjepit. Dengan kondisi tersebut, kamu akan merasakan sakit dan kesemutan di paha bagian luar.

2. Infeksi Jamur pada Vagina

Illustrasi menggunakan celana jeans ketat | Foto: Pexels

Bagi perempuan yang menggunakan celana jeans ketat terlalu sering, berpotensi tinggi terkena infeksi jamur pada vagina. Normalnya, vagina perempuan mengandung bakteri baik dan bakteri jahat. Bakteri baik akan mengendalikan pertumbuhan bakteri jahat.

Menggunakan celana ketat akan meningkatkan kelembapan dan menganggu sirkulasi udara di area vagina. Hal tersebut akan memicu pertumbuhan jamur. Gejala umum yang paling sering terjadi adalah keputihan yang berbau.

Baca juga: Auto Bersih! Ini Upaya Swedia Mengolah Sampah dengan Waste for Energy

3. Penurunan Produksi Sperma

Illustrasi menggunakan celana jeans ketat | Foto: Pexels

Tak hanya bahaya bagi perempuan, menggunakan celana jeans ketat juga berbahaya bagi laki-laki. Pasalnya, menggunakan celana ketat bisa memicu penurunan produksi sperma. Celana jeans ketat juga akan membuat area di sekitar testis menjadi terasa panas.

Apabila suhu testis terlalu panas, hal itu akan menganggu produksi sperma dengan jumlah yang ideal. Terlebih bagi kamu yang mengalami masalah kesuburan, segera hindari menggunakan celana jeans yang ketat.

4. Nyeri Punggung dan Timbul Kurap

Illustrasi menggunakan celana jeans ketat | Foto: Pexels

Bagi kamu yang sedang mengalami nyeri punggung, hindari menggunakan celana jeans ketat. Celana yang ketat akan semakin membuat nyeri punggung semakin buruk. Hal ini juga bisa menganggu aktivitas seperti susah berjalan, membungkuk, dan duduk.

Selain itu, celana jeans yang ketat juga bisa memicu timbulnya kurap. Kondisi itu biasanya terjadi pada laki-laki. Akan tetapi, jika perempuan yang terlalu sering menggunakan celana jeans ketat dan tidak menjaga kebersihannya, bisa berpotensi memunculkan masalah yang sama.

Tanda yang muncul adalah ruam merah dan gatal di area pangkal paha. Apabila hal tersebut muncul, kamu harus segera mengobatinya agar pertumbuhan jamur kurap tidak menyebar ke area paha, bokong, hingga anus.

Baca juga: Simak Tanda Smartphone Kena Hack dan Cara Menghindarinya

5. Gangguan Fungsi Otot 

Illustrasi menggunakan celana jeans ketat | Foto: Pexels

Pada beberapa kasus, menggunakan celana jeans ketat berpotensi mengakibatkan sindrom kompartemen. Kondisi ini muncul akibat terganggunya fungsi normal otot tubuh akibat adanya tekanan berlebih.

Tekanan tersebut memicu pembengkakan pada jaringan otot dan menjadi sulit untuk kamu gerakkan. Sebenarnya, menggunakan celana jeans ketat tidak secara langsung memicu munculnya masalah kesehatan. Akan tetapi, jika kamu menggunakannya terlalu sering bahkan tidak memperhatikan sisi kebersihannya, bisa memicu beberapa masalah kesehatan sesuai dengan informasi di atas.

Di samping itu, menggunakan celana jeans ketat terlalu sering bisa memicu permasalahan lain, seperti iritasi kulit atau lecet, perut kembung, hingga perubahan warna kulit. Maka, jangan terlalu sering menggunakan celana jeans ketat dan perhatikan kebersihannya.

Referensi: Liputan6 | Alodokter