Lakukan 5 Hal Ini untuk Bangun Energi Positif Pagi Hari
Bangun Pagi | Foto: Pexels

#FutureSkillsGNFI

Sobat GoodMates sering ga, sih setiap baru bangun pagi sudah merasa lelah padahal belum melakukan aktivitas apapun? Sering sekali ketika bangun di pagi hari kita merasa tidak bersemangat, inginnya hari tersebut cepat berakhir. Kalau sobat GoodMates sering merasakan hal seperti itu, wah hati-hati, ya pikiran-pikiran negatif tersebut justru bisa buat hari kamu makin kacau, loh.

Melansir dari Bustle.com, studi menunjukkan bahwa ketika kita memulai hari dengan suasana hati yang positif, itu dapat meningkatkan peluang kita untuk tetap bahagia seiring berjalannya hari. Pagi hari menandakan ada harapan dan peluang baru yang bisa kita kejar untuk memperkaya diri.

Jadi, kalau sobat GoodMates memulai hari dengan bersungut-sungut, tidak bersyukur akan hari yang telah Tuhan berikan, atau bahkan dengan perasaan putus asa, tentunya ini sangat menghambat peluang-peluang yang mungkin muncul pada hari tersebut.

Di samping memulai hari dengan pikiran negatif, kamu bisa memulai hari dengan perasaan lebih berenergi sehingga dapat membuat hari menjadi lebih produktif dan efisien. Berikut ini beberapa cara yang bisa GoodMates lakukan agar pagi harimu lebih ceria.

1. Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Minum Air Putih | Foto: Pixabay
Minum Air Putih | Foto: Pixabay

Melansir dari web alodokter.com, air adalah zat penting yang menyusun 50% - 60% komposisi dalam tubuh dan juga air diperlukan oleh seluruh organ tubuh untuk berfungsi sebagai mana mestinya.

Air putih dapat mengeluarkan racun sisa metabolisme di tubuh yang nantinya racun tersebut akan keluar melalui urine. Setelah bangun tidur, meminum air putih mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori.

Agar lebih produktif, minum air putih setelah bangun tidur menjadi salah satu caranya. Minum air putih di pagi hari dapat meningkatkan energi dan membuat badan kamu menjadi lebih segar.

2. Menulis Jurnal

Menulis Jurnal | Foto: Pixabay
Menulis Jurnal | Foto: Pixabay

Journaling adalah kegiatan di mana kita menuliskan atau mencurahkan perasaan atau pikiran dalam bentuk tulisan. Journaling dapat dilakukan untuk membangkitkan semangat pagi. GoodMates dapat menuliskan ucapan syukur akan hari yang baru, rencana yang akan dilakukan selama hari tersebut, dan goals apa saja yang ingin dicapai.

Menulis akan membuat kamu lebih fokus dan termotivasi. Melalui journaling, hidup menjadi lebih terarah sebab ada perencanaan yang dibuat.

3. Lakukan Olahraga Ringan

Olahraga | Foto: Pixabay
Olahraga | Foto: Pixabay

Olahraga tidak harus dilakukan di luar rumah, kamu tetap bisa berolahraga walaupun tidak pergi ke gym. GoodMates dapat melakukan peregangan di tempat tidur untuk merilekskan tubuh dan meningkatkan suasana hati.

Sekarang ini, video-video tutorial olahraga dari yang berat hingga ringan mudah kamu temui di youtube. Jadi, GoodMates bisa coba, yuk ikuti tutorialnya agar tubuh lebih rileks sepanjang hari.

4. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik | Foto: Pexels
Mendengarkan Musik | Foto: Pexels

Musik dapat menghasilkan getaran positif dan merefresh pikiran dari stress dan pikiran- pikiran negatif lainnya. Musik menjadi terapi bagi kesehatan masyarakat.

Memulai aktivitas pagi dengan nyaman dan tenang tentunya menjadi dambaan semua orang. GoodMates dapat mendengarkan musik sambil menulis jurnal untuk merencanakan hari ditambah teh hangat di sampingnya. Kombinasi ini adalah kombinasi yang sempurna di pagi hari.

5. Jangan Lupa Sarapan

Ilustrasi Sarapan | Foto: Pixabay
Ilustrasi Sarapan | Foto: Pixabay

Sarapan menjadi salah satu hal penting di pagi hari. Dengan sarapan dapat meningkatkan fokus dalam melakukan kegiatan. Perut yang keroncongan dapat menggangu konsentrasi kamu sehingga kegiatan yang dilakukan kurang maksimal. Waktu sarapan yang baik adalah sebelum jam 9 pagi.

Manfaat sarapan lainnya adalah dapat meningkatkan mood, sebab perut yang lapar dapat membuat mood menjadi lebih sensitif. Jika kamu   mudah merasa kesal bahkan pada hal-hal kecil, coba di cek GoodMates sudah sarapan atau belum?

Itulah beberapa cara yang bisa GoodMates lakukan untuk membangun energi positif di pagi hari. Sebab hari baru menandakan adanya semangat baru, harapan baru, dan peluang baru.

 

Referensi: Bustle | Ecole Globale | Alodokter | Alodokter