Banyak yang Tak Tahu, 10 Tokoh Nasional ini Ternyata Lulusan UGM
Joko Widodo│@Jokowi/Instagram

Siapa sih yang tidak tau UGM? UGM atau Universitas Gadjah Mada pasti sudah tidak asing lagi banyak masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, UGM adalah salah satu universitas ternama dan terbaik di Indonesia.

UGM pun juga telah menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas, bahkan tidak sedikit juga tokoh-tokoh nasional yang dulunya menimba ilmu di universitas yang memiliki julukan Universitas Perjuangan ini. Penasaran siapa saja tokoh nasional alumni UGM? Simak terus artikel ini Kawan!

Joko Widodo

Tidak perlu dijelaskan lagi, Joko Widodo adalah Presiden Republik Indonesia ketujuh. Kepemimpinan beliau tidak perlu dipertanyakan lagi, Indonesia mengalami pembangunan yang pesat di era Joko Widodo. Joko Widodo dulunya adalah mahasiswa jurusan kehutanan di UGM,dan menyelesaikan pendidikannya pada tahun 1985.

Anies Baswedan

Anies Baswedan adalah Gubernur DKI Jakarta yang menjabat pada periode 2017-2022. Salah satu gebrakan yang dilakukan Anies selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, adalah pembangunan stadion kelas internasional yang disebut-sebut akan menjadi kebanggaan masyarakat Jakarta. Anies Baswedan adalah alumni Fakultas Ekonomi UGM yang lulus pada tahun 1995.

Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo│@ganjar_pranowo/Instagram

Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah yang memimpin provinsi ini selama dua periode, yaitu dari tahun 2013 hingga 2023. Pria yang sering disapa Mas Ganjar ini, dikenal sangat dekat dengan rakyatnya. Mas Ganjar juga dikenal sebagai gubernur yang kharismatik dan memiliki gaya kekinian. Ganjar Pranowo sempat menimba ilmu di Fakultas Hukum UGM, dan lulus pada tahun 1995.

Retno Marsudi

Retno Marsudi adalah Menteri Luar Negeri yang menjabat di era Presiden Joko Widodo. Beliau adalah wanita pertama yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Republik Indonesia. Selama menjabat sebagai Menlu, beliau telah mencatatkan kinerja yang sangat baik dalam bidang diplomasi. Beliau adalah lulusan Ilmu Hubungan Internasional UGM angkatan 1981.

Sultan Hamengkubuwono X

Sultan Hamengkubuwono X atau HB X, adalah raja yang menduduki takhta Kesultanan Yogyakarta sejak tahun 1989 hingga sekarang. Beliau juga menjabat sebagai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Beliau adalah lulusan dari Fakultas Hukum UGM.

Budiono

Budiono│@metrotv/Instagram

Budiono sempat menjabat sebagai Wakil Presiden pada tahun 2009 hingga 2014. Sebelum menjabat sebagai Wakil Presiden, beliau sempat menjabat beberapa jabatan penting di lembaga keuangan negara. Beliau adalah alumni Fakultas Ekonomi UGM.

Amien Rais

Amien Rais adalah salah satu politikus yang memiliki peran cukup penting pada era reformasi. Beliau juga sempat menjabat sebagai Ketua MPR pada tahun 1999 hingga 2004. Beliau menyelesaikan pendidikannya dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM pada tahun 1968.

Mahfud MD

Mahfud MD juga merupakan salah satu politikus yang terkenal di Indonesia, ia telah lama mengarungi dunia politik Indonesia. Kini beliau adalah Menteri Polhukam yang menjabat dari tahun 2019. Beliau adalah lulusan Fakultas Sastra dan Kebudayaan, serta Doktor Hukum Tata Negara UGM.

Hotman Paris Hutapea

Pengacara yang satu ini juga sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Hotman Paris adalah pengacara terkenal di Indonesia, banyak kasus besar yang bisa diselesaikan oleh Hotman Paris. Hotman Paris mendapatkan gelar Magister Hukum di UGM.

Sapardi Djoko Damono

Sapardi Djoko Damono│@damonosapardi/Instagram

Sapardi Djoko Damono dikenal sebagai sastrawan terkemuka di Indonesia. Nama beliau sangat terkenal dalam dunia sastra Indonesia, berkat puisi-puisinya yang dikenal memiliki makna sangat dalam. Beliau sempat menimba ilmu di Fakultas Ilmu Budaya UGM, disana beliau mengambil studi Sastra Inggris.

Itu dia beberapa tokoh nasional yang pernah menimba ilmu di Universitas Gadjah Mada. Sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, kini UGM juga masih konsisten menghasilkan pemuda-pemudi yang berprestasi untuk Indonesia. Gimana nih Kawan, tertarik masuk UGM?

Referensi: InspiralokaMasGanjarAlumni Fisipol UGM