Ingin Jadi Ulama Sekaligus Lanjutan Pendidikan S2 Double Degree? Beasiswa LPDP PKU Solusinya!
Cr: LPDP Kemenkeu | Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI)

Beasiswa Pendidikan Kader Masjid Istiqlal Pendidikan Ulama Indonesia (PKU-MI) merupakan Program Beasiswa Magister dan Doktoral. Program ini diselenggarakan oleh Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) bekerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) bagi calon Akademisi memberikan pembiayaan LPDP. Universitas sasaran Beasiswa Pendidikan Kader Ulama adalah PTIQ Institut Jakarta.

Program ini adalah program Masjid Istiqlal yang didanai oleh Kementerian Keuangan yang bekerjasama dengan PTIQ sbagai Institusi Pendidikan akademik mahasiswa. Program studi untuk program beasiswa Magister dan PhD PKU-MI adalah Al-Qur'an dan Tafsir. Penyelenggaraan Studi Beasiswa Pendidikan Kader Ulama berlangsung pada mata kuliah reguler di PTIQ Jakarta Institut dan mengambil mata kuliah di Masjid Istiqlal. Peserta harus tinggal di asrama yang telah disediakan.

Program beasiswa LPDP PKU merupakan program pengkaderan ulama yang secara akademik setingkat dengan S2. Dimana tujuan dari program ini bukan hanya mencetak intelektual yang bergelar akademik tapi juga ingin mencetak generasi yang mampu berperan sebagai ulama dan mamapu menjawab berbagai masalah yang ada di tengah masyarakat. program ini juga membuka peluang bagi pelajar yang ingin menekuni bidang keagamaan. 

Secara keseluruhan, program lpdp mayoritas menarah kepada jurusan umum/sains saja. Namun, untuk kesempatan ini LPDP membuka peluang bagi pendaftar keagamaan dan mengutamakan perempuan. Berbeda halnya dengan Program Kaderisasi Ulama yang menyediakan jurusan agama untuk pertama kalinya. Jadi, nantinya gelar akademik yang diberikan kepada mahasiswa diberikan setelah menyelesaikan perkuliahan di PTIQ dan Masjid Istiqlal sebagai tambahan keilmuan agama.

Adapun tahapan saat mendaftar program beasiswa PKU ini ada tiga tahapan, yaitu seleksi berkas, seleksi substansi, dan wawancara. Pada tahapan seleksi berkas, peserta wajib mengumpulkan LoA Unconditionall, kemampuan bahasa bersertifikasi, dan IPK minimum.  Pada tahapan seleksi substansi akan dilaksanakan tes bakat skolastik dan wawasan kebangsaan. Setelah dinyatakan lolos pada tahapan seleksi lpdp, peserta akan mengikuti seleksi PTIQ dengan 1 tahapan saja, yaitu hafalan Al-Qur'an tes baca kitab, dan membaca dan memahami teks brbahasa Inggris. 

Keuntungan yang didapatkan pada program beasiswa Kaderisasi Ulama berdasarkan hasil wawancara penulis dengan salah satu mahasiswa terkait, tentunya berbeda dengan program lpdp pada umumnya, dari segi pendidikan mahasiswa awardee lpdp pku akan mendaptkan pendidikan di 2 lembaga, yaitu Masjid Istiqlal dan PTIQ. Untuk keuntungan lainnya kurang lebih hampir sama dengan awardee lpdp program lainnya.

Rincian biaya yang akan didapatkan oleh mahasiswa program beasiswa kaderisasi Ulama ini di antaranya, yaitu:

  1. Biaya Pendidikan
  2. Biaya Pendaftaran
  3. Biaya SPP/Tuition Fee
  4. Tunjangan Buku
  5. Biaya Penelitian Tesis/Disertasi
  6. Biaya Seminar Internasional
  7. Biaya Publikasi Jurnal Internasional
  8. Biaya Pendukung
  9. Transportasi
  10. Asuransi Kesehatan
  11. Biaya Hidup Bulanan
  12. Biaya Kedatangan
  13. Biaya keadaaan darurat
  14. Tunjangan keluarga (Khusus Doktor)

 

Referensi: BPMI | Humas Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI)  | LPDP