Daftar Beasiswa untuk Mahasiswa S1, D3, dan D4 Indonesia 2022
Beasiswa Mahasiswa | Foto: Freepik

#FutureSkills

Bagi Goodmates yang sedang mencari beasiswa untuk mahasiswa on-going, berikut ini GoodSide telah merangkum daftar beasiswa untuk mahasiswa S1 dan Diploma yang rutin hadir setiap tahunnya oleh berbagai penyedia beasiswa.

Beberapa di antaranya akan tutup, tetapi masih ada kesempatan untuk mencoba sekarang juga. Beasiswa untuk mahasiswa S1 dan Diploma terdiri dari berbagai macam. Ada yang merupakan beasiswa dalam negeri dan ada juga beasiswa luar negeri.

Beasiswa untuk mahasiswa S1 maupun Diploma jumlahnya sebenarnya cukup banyak, tetapi memang butuh usaha untuk mencarinya. Berikut ini daftar beasiswa untuk mahasiswa S1 maupun Diploma dengan jumlah kuota serta nilai beasiswa yang berbeda-beda.

1. Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE)

Ilustrasi beasiswa | Foto: Pexels

Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) dari Yayasan Salemba Empat untuk mahasiswa S1 yang telah menempuh pendidikan minimal di semester 2. Bantuan beasiswa untuk mahasiswa S1 ini dalam bentuk tunjangan biaya hidup senilai Rp750.000 setiap bulan selama 1 tahun dan dapat perpanjang di tahun berikutnya.

Tidak hanya itu, penerima beasiswa juga akan mendapatkan berbagai program pembinaan. Mulai dari belajar tatap muka, leadership program, seminar, workshop, dan coaching yang tentunya akan sangat bermanfaat dalam pengembangan diri nantinya.

Pendaftaran beasiswa untuk mahasiswa S1 tahun 2022 saat ini sedang buka. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 25 April 2022. Informasi pendaftaran bisa kamu klik di sini.

Baca juga: Pahami Berbagai Jenis Beasiswa yang Perlu Kamu Ketahui

2. Beasiswa Cargill Global Scholars

Peserta beasiswa cargill | Foto: Iqra

Cargill secara rutin menawarkan Program Beasiswa Cargill Global Scholars, sebuah program beasiswa untuk mahasiswa S1 tingkat dua (semester 3--4) di Indonesia. Cakupan beasiswa untuk mahasiswa S1 dari Cargill ini dalam bentuk bantuan dana senilai $2,500 setiap tahun.

Tak hanya itu, penerima beasiswa juga akan mengikuti seminar kepemimpinan dan mendapatkan bimbingan dari salah satu pemimpin Cargill. Pada 2021 lalu, terdapat 10 perguruan tinggi yang menjadi partner Beasiswa Cargill.

Pendaftaran beasiswa untuk mahasiswa S1 tahun 2022 saat ini sedang buka. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 20 Mei 2022. Informasi pendaftaran bisa kamu klik di sini.

3. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi

Peserta beasiswa pertamina | Foto: Pertamina

Selanjutnya ada beasiswa Pertamina Sobat Bumi, apresiasi kepada mahasiswa berprestasi secara akademik. Tak hanya itu, beasiswa ini juga untuk mahasiswa yang aktif dalam organisasi atau kegiatan sosial-kemasyarakatan, serta memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Beasiswa ini dapat mahasiswa D3, D4, dan S1 ikuti selama sedang berkuliah di universitas mitra beasiswa. Fasilitas yang akan mahasiswa dapatkan berupa bantuan UKT maksimal sebesar Rp4.000.000 setiap semester dan bantuan biaya hidup bulanan sebesar Rp500.000

Pendaftaran beasiswa untuk mahasiswa S1 dari Pertamina Sobat Bumi saat ini sedang buka sampai 17 April 2022. Informasi pendaftaran bisa kamu klik di sini.

Baca juga: Cari Tahu Daftar Lengkap Nominasi Baeksang Arts Awards 2022

4. Beasiswa Bakti Tani

Para petani | Foto: Bakti Tani

Program beasiswa untuk mahasiswa S1 ini terselenggara oleh TaniFoundation dan Yayasan Khouw Kalbe dalam bentuk bantuan biaya pendidikan Rp6.000.000 per semester hingga lulus. Ada juga program pengembangan diri dalam bidang pertanian.

Peserta yang dapat mendaftar adalah dengan mengambil program studi yang dapat bermanfaat bagi sektor pertanian, seperti Pertanian, Kehutanan, Perikanan, Peternakan, Agribisnis, Teknik Pangan, Teknik Pertanian, Ilmu Gizi, dan sejenisnya.

Saat ini pendaftaran untuk tahun 2022 sedang buka dan akan tutup pada Juni 2022. Informasi pendaftaran bisa kamu klik di sini.

5. Beasiswa DataPrint

Beasiswa DataPrint | Foto: Event Kampus

Program Beasiswa DataPrint khusus untuk kategori mahasiswa perguruan tinggi jenjang Diploma (D3 & D4) dan Sarjana (S1) di seluruh Indonesia. Adapun Beasiswa DataPrint 2022 dalam bentuk bantuan dana dengan nominal Rp400.000, Rp700.000, dan Rp1.000.000.

Dana beasiswa tersebut akan ada satu kali bagi masing-masing peserta yang lolos penilaian. Aspek penilaian berdasarkan esai, prestasi, dan keaktifan peserta.

Pendaftaran Beasiswa DataPrint tahun 2022 periode 1 saat ini sedang buka dan akan tutup pada 22 Mei 2022. Informasi pendaftaran bisa kamu klik di sini.

Baca juga: Daftar Beasiswa dalam Negeri yang Patut Kamu Coba

6. Djarum Beasiswa Plus

Peserta Beasiswa Djarum Foundation | Foto: Kompas

Sesuai namanya, program Djarum Beasiswa Plus 2022/2023 tentu saja dari Djarum Foundation. Beasiswa ini khusus untuk mahasiswa/i berprestasi di Indonesia.

Beasiswa yang ada berupa bantuan dana senilai Rp1.000.000 setiap bulan selama 1 tahun, serta berbagai kegiatan pembekalan soft skills.

Saat ini pendaftaran Djarum Beasiswa Plus 2022/2023 sedang buka dan akan tutup pada 23 Mei 2022 mendatang. Informasi pendaftaran bisa kamu klik di sini.

Referensi: INDBeasiswa.com | Scholars Official | DaftarBeasiswa.com