Daftar 5 Beasiswa S1 dalam Negeri yang Patut Kamu Coba
Ilustrasi beasiswa dalam negeri | Foto: George Pak

Suatu kebanggaan jika selama menempuh pendidikan kita terbantu oleh beasiswa. Selain karena bisa meringankan, beasiswa juga sebagai bukti kelayakan kamu sebagai siswa atau mahasiswa yang berprestasi. Ada berbagai macam beasiswa yang bisa kamu ikuti, seperti beasiswa dalam negeri.

Untuk Goodmates yang akan lulus dari SMA sederajat atau sedang menjalani pendidikan S1, pemerintah, perusahaan, atau yayasan sering memberikan beasiswa. Beasiswa yang ada juga memiliki jenis dan manfaat yang beragam.

Kamu bisa memilihnya setelah melalui pertimbangan beasiswa mana yang akan kamu pilih. Penasaran apa saja beasiswa S1 yang bisa kamu coba ikuti? Berikut daftar beasiswa S1 dalam negeri.

1. Beasiswa Bank Indonesia

Logo Bank Indonesia | Foto: Bank Indonesia 

Bagi Goodmates yang saat ini menjadi mahasiswa S1 PTN & PTS di Indonesia, kini ada beasiswa dari Bank Indonesia (BI) yang akan memberikan bantuan berupa biaya pendidikan, tunjangan studi, dan juga biaya hidup.

Baca juga: Ingin Kuliah ke Thailand? Simak Beasiswa S2 dan S3 Berikut

Beasiswa BI terbagi menjadi dua jenis, yakni beasiswa unggulan dan beasiswa reguler. Hal yang membedakan di antara keduanya ialah persyaratan dan nominalnya. Beasiswa yang ada maksimal berdurasi empat semester atau dua tahun perkuliahan.

Para penerima beasiswa akan mendapatkan wadah oleh komunitas Genbi (Generasi Baru Indonesia) untuk mendapatkan berbagai pelatihan. Tujuannya agar para penerima beasiswa dapat meningkatkan kompetensi individu, serta mengembangkan karakter dan jiwa kepemimpinannya.

Terdapat beberapa program studi utama sebagai penerima beasiswa. Maka dari itu, pastikan bahwa program studi kamu termasuk dalam daftar prioritas. Untuk syarat dan ketentuan pendaftaran, kunjungi langsung website resmi dari Genbi.

2. Beasiswa CIMB Niaga

Penerima beasisa CIMB Niaga 2018 | Foto: Kejar Mimpi CIMB Niaga

Kedua ada Bank CIMB Niaga yang juga turut mendukung pendidikan di Indonesia dengan menyediakan beasiswa bagi mahasiswa S1. Beasiswa ini untuk mahasiswa yang sedang menjalani studi di semester 5 dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Beasiswa yang ada mencakup bantuan biaya kuliah selama 4 semester, fasilitas penunjang pendidikan seperti laptop, dan biaya penyusunan tugas akhir dan pengembangan diri.

Baca juga: Tips Membuat Motivation Letter yang Memukau untuk Beasiswa

Selain itu, penerima beasiswa juga mendapatkan coaching dari karyawan program management trainee CIMB Niaga, berkesempatan menjadi CSR volunteer, dan CIMB Niaga Brand Warrior. Setelah lulus dari kuliah, para penerima beasiswa pun akan mengikuti seleksi rekrutmen karyawan CIMB Niaga.

Bagi Goodmates yang tertarik untuk mengikuti program beasiswa CIMB Niaga, kamu dapat mengakses informasi lengkap melalui website Kejar Mimpi CIMB Niaga.

3.Beasiswa Aperti BUMNN

Flayer beasiswa APERTI BUMN | Foto: APERTI BUMN

Bagi kamu siswa lulusan SMA/SMK yang tertarik untuk meneruskan pendidikan di perguruan tinggi di bawah naungan APERTI BUMN, kamu bisa mencoba program beasiswa yang satu ini.

Program beasiswa APERTI BUMN menyediakan pembiayaan secara penuh hingga masa kuliah berakhir. Calon penerima beasiswa akan melalui seleksi berdasarkan nilai rapor dan mengikuti seleksi wawancara.

Adapun perguruan tinggi yang berada di bawah naungan APERTI BUMN antara lain, Universitas Pertamina, Universitas Internasional Semen Indonesia, Telkom University, dan Politeknik Pos Indonesia.

Baca juga: Mengenal Seni Karawitan, Jurusan Unik dan Langka di Indonesia

Selain itu, ada pula Sekolah Tinggi Manajemen Logistik, Institut Teknologi Telkom Surabaya, Institut Teknologi PLN, BRI Institute, dan Institut Teknologi Telkom Purwokerto yang menjadi bagian dari APERTI BUMN.

Untuk detail pendaftarannya, kamu bisa kunjungi langsung website resmi dari masing-masing perguruan tinggi di atas atau ke website resmi APERTI BUMN.

4. Beasiswa Kepemimpinan TELADAN

Website Tanoto Foundation | Foto: Tanoto Foundation

Selanjutnya ada beasiswa program TELADAN (Transformasi Edukasi untuk melahirkan Pemimpin Masa Depan), inisiatif dari Tanoto Foundation untuk membangun pemimpin unggul di masa depan.

Tanoto Foundation memberikan dukungan pengembangan kepemimpinan, kesempatan pengembangan diri, pengabdian masyarakat, dan sarana untuk berkolaborasi dan jejaring. Tak sampai di situ, ada pula dukungan biaya kuliah dan tunjangan biaya hidup selama 3.5 tahun atau 8 semester.

Program TELADAN ini khusus untuk mahasiswa semester pertama dari 9 universitas yang menjadi mitra Tanoto Foundation. Di antaranya ada Universitas Sumatra Utara, Universitas Riau, UI, UGM, ITB, IPB University, Universitas Andalas, dan Universitas Brawijaya. Untuk syarat pendaftaran dan informasi lebih lanjut, kunjungi langsung website mereka di sini.

5. Program Sea Scholarship

Ilustrasi beasiswa | Foto: Instagram @seascholarshipid

Sea merupakan perusahaan digital yang terdiri dari tiga unit bisnis, yaitu Garena, Shopee, dan SeaMoney. Memasuki tahun kelima, program Sea scholarship ini khusus untuk mahasiswa berprestasi yang berada pada semester satu sampai enam.

Terdapat 6 perguruan tinggi yang bermitra dengan Sea. Di antaranya ITB, UI, UGM, IPB University, Institut Teknologi Del, dan Universitas Bina Nusantara. Beasiswa ini terbuka untuk semua jurusan kecuali Kedokteran, Kedokteran Hewan, Kedokteran Gigi, dan Ilmu Keperawatan.

Beasiswa yang ada mencakup biaya perkuliahan penuh hingga menyelesaikan kuliah di tahun keempat, tunjangan perbulan, dan program magang di ketiga unit bisnis.

Tak sampai di situ, kamu juga akan mendapatkan program pengembangan diri berkala dan tawaran kerja di berbagai posisi strategis pada unit bisnis Sea. Untuk selengkapnya, kamu bisa kunjungi website resminya idscholarships.sea.com.

Itulah lima beasiswa S1 dalam negeri yang patut kamu coba. Sebelum mendaftar, pastikan kamu sudah melengkapi syarat dan berkas-berkas yang ada.

Referensi: Tanoto Foundation | Sea Scholarship Indonesia | Glints | Kejar Mimpi