Ingin Kuliah ke Thailand? Simak Beasiswa S2 dan S3 Berikut
Beasiswa S2 dan S3 Thailand 2022 | Foto: Markus Winkler/Unsplash

Biasanya setelah berhasil menyelesaikan pendidikan S1, sebagian orang memiliki rencana untuk melanjutkan pendidikan hingga jenjang berikutnya, yakni program S2. Ada banyak kesempatan yang bisa kamu ambil untuk lanjut S2, seperti halnya program beasiswa S2 dari Thailand.

Tentu menyenangkan jika memiliki kesempatan untuk bisa melanjutkan pendidikan, apalagi jika bisa mendapatkan beasiswa. Menempuh pendidikan di luar negeri juga memiliki segudang manfaat bagi kita.

Kamu dapat melatih kemandirian diri, membantu perkembangan diri, serta belajar beradaptasi dengan lingkungan dan budaya baru. Kalau kamu ingin mencoba menempuh pendidikan ke Thailand, berikut beasiswa untuk S2 serta S3 yang dapat kamu coba.

Presidential Scholarship, Beasiswa S2 dan S3 Thailand 2022

ilustrasi pendaftaran beasiswa S2 dan S3 Thailand 2022 | Foto; Scholar Edge LLC
Pendaftaran beasiswa S2 dan S3 Thailand 2022 | Foto: Scholar Edge LLC 

Beasiswa ini inisiasi dari Chiang Mai University (CMU) Thailand. Kabar yang membuat lebih bersemangat lagi, beasiswa ini merupakan jenis beasiswa fully funded atau beasiswa penuh. Pendaftaran periode 2 sudah buka sejak 21 Februari lalu hingga 25 April 2022 mendatang.

Baca juga: Buka Sampai Maret, Inilah Beasiswa Pemerintah Irlandia untuk Jenjang S1-S3

Sekilas informasi, bagi kamu yang belum terlalu familiar dengan Chiang Mai University, universitas satu ini memiliki visi dan misi yang mulia untuk menjadi “green and healthy university”. Caranya, dengan mendukung konservasi budaya Lanna dan pengembangan ekonomi berkelanjutan.

Mengutip Sindonews, beasiswa yang berasal dari Negeri Gajah Putih tersebut mencakup uang kuliah, asuransi kesehatan, dan kecelakaan jiwa. Kemudian, ada pula tunjangan buku dan peralatan kuliah, tunjangan publikasi penelitian, serta uang transportasi pulang pergi Indonesia-Thailand.

Tak sampai di situ saja, setiap penerima beasiswa akan menerima uang saku sejumlah THB 12.000 atau setara dengan Rp5,2 juta per bulannya.

Persyaratan Beasiswa S2 S3 Thailand

Persiapan berkas beasiswa | Foto: Pexels/Vlada

Seperti pendaftaran beasiswa pada umumnya, tentu Presidential Scholarship oleh Chiang Mai University juga memiliki persyaratan tertentu yang perlu kamu penuhi. Adapun beberapa syarat, seperti pendaftar merupakan lulusan S1 sederajat dengan minimal IPK 3,5. Bisa juga lulusan S2 dengan tesis yang memiliki riwayat publikasi internasional atau penelitian tugas akhir untuk pelamar S3.

Baca juga: Kuasai Strategi Berikut Kalau Ingin Lolos Beasiswa IISMA

Kemudian, untuk mendaftar di program S2 reguler atau internasional. Pendaftar yang memilih program internasional atau dengan bahasa pengantar yang menggunakan bahasa Inggris akan lebih utama.

Khusus bagi pelamar S2, perlu membuat research outline sebanyak minimal 2 halaman di samping pengalaman dan publikasi riset sebelumnya. Harus lengkap pula dengan alasan bidang riset, alasan mendaftar beasiswa, serta rencana studi yang kamu miliki.

Lalu bagi pelamar S3, harus membuat rencana riset sebanyak 305 halaman tentang rencana penelitian di Chiang Mai University, Thailand. Beasiswa S3 ini nantinya berguna untuk riset orisinal yang berguna untuk publikasi.

Persyaratan lainnya adalah mencantumkan sertifikat bahasa Inggris dengan jangka waktu 2 tahun terakhir. IELTS dengan skor minimal 6.0, TOEFL 183 (CBT) atau 79 (IBT). Bisa juga sertifikat CMU-eTEGS dengan skor minimal 70 paling lama tertanggal 5 Juni 2020, kecuali pendaftar beasiswa berasal dari negara native speakers.

Baca juga: Tips Membuat Motivation Letter yang Memukau untuk Mahasiswa

Pendaftar juga perlu mencantumkan dua surat rekomendasi dari advisor jurusan terakhir dan yang mengetahui karya ilmiah pendaftar. Surat rekomendasi ini mengutamakan berasal dari dosen Chiang Mai University, yang nantinya akan menjadi advisor penelitian akhir pelamar. 

Berdasarkan jadwal beasiswa S2 dan S3 Thailand 2022, masa perkuliahan untuk tahun akademik akan mulai sejak Juni 2022 mendatang. Untuk informasi lebih lanjut dan lebih lengkap, kamu dapat mengunjungi situs resmi mereka melalui admission.grad.cmu.ac.th.

Referensi: Sindonews | SCHMU ID | Chiang Mai University