Mahasiswa Ingin Tenang Kuliah? Beasiswa Unggulan Solusinya!
beasiswa-unggulan

#FutureSkillsGNFI

Bagi seorang mahasiswa meminta uang kepada orang tua menjadi momok yang menakutkan. Adanya perasaan yang tidak enak karena telah memberikan beban yang berat kepada orang tua untuk membayar UKT setiap awal semester tiba ataupun meminta uang bulanan. Oleh sebab itu, sebagian mahasiswa terkadang merasa gelisah saat akhir bulan tiba ataupun saat awal semester datang.

Adanya perasaan tidak enak tersebut mengantarkan pada sebuah pertanyaan, "apa yang dapat dilakukan agar memperoleh penghasilan?". Beasiswa menjadi salah satu jawabannya. Beasiswa Unggulan menjadi salah satu beasiswa yang menjadi incaran para mahasiswa.

Beasiswa ini adalah beasiswa dalam negeri yang ditujukan untuk mahasiswa S1, S2, dan S3. Beasiswa ini boleh diikuti oleh calon mahasiswa yang sudah diterima di perguruan tinggi dengan dibuktikan surat diterima di perguruan tinggi tersebut maupun mahasiswa yang sudah melaksanakan perkuliahan maksimal semester 2 saat mendaftar.

Beasiswa ini tentunya memberikan beberapa manfaat yang meliputi:

1. Gratis Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Bagi mahasiswa baru ataupun mahasiswa on-going akan dibebaskan dalam membayar UKT sampai semester 8. Adapun besaran dananya mengikuti UKT yang telah ditetapkan perguruan tinggi tersebut sehingga berapapun nominal UKT nya akan dibayarkan oleh beasiswa ini.

2. Mendapatkan Uang Bulanan

Selain kuliah yang gratis atau bebas pembayaran UKT, mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini juga akan diberikan uang saku sampai 1.4 juta perbulannya dengan diberikan uangnya setiap tahun ajaran baru.

3. Subsidi Uang Buku

Seperti yang diketahui bahwa buku (modul) yang digunakan oleh mahasiswa biasanya memiliki harga yang cukup menguras dompet. Dengan dapatnya beasiswa ini, kamu juga tidak perlu khawatir untuk membeli buku karena beasiswa ini juga memberikan dana untuk membeli buku yang digunakan selama perkuliahan.

Beasiswa Unggulan merupakan salah satu beasiswa yang memberikan banyak manfaat seperti yang telah disebutkan di atas. Oleh sebab itu, beasiswa ini sangat menarik di mata mahasiswa. Secara umum, mahasiswa/i memiliki peluang untuk memperoleh beasiswa ini apabila:

  1. Memiliki prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik pada tingkat nasional dan/atau internasional yang dibuktikan melalui sertifikat yang dilampirkan.
  2. Mendapatkan rekomendasi dari pihak institusi.
  3. Tidak memperoleh beasiswa lain yang sejenis dengan beasiswa ini.
  4. Sudah diterima pada perguruan tinggi dalam negeri dengan minimal terakreditasi B.

Bagi mahasiswa program S1, ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi ketika berminat untuk mendaftar beasiswa ini:

  1. Bagi mahasiswa baru batasan usia pada saat mendaftar berusia maksimal 22 tahun dan bagi mahasiswa yang sedang menempuh perkuliahan memiliki batasan usia maksimal 23 tahun.
  2. Bagi siswa lulusan dalam negeri wajib untuk mengisi nilai Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).
  3. Bagi mahasiswa S1 yang sedang menempuh pendidikan diwajibkan memiliki IPK minimal 3.25 pada skala 4.00
  4. Baik mahasiswa baru maupun yang sedang menempuh perkuliahan diwajibkan untuk membuat karya tulis berupa essay dengan menggunakan Bahasa Indonesia dengan judul atau tema “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia.” Adapun essay yang dibuat harus ditulis pada form berkas persyaratan dengan minimal 1500 kata.

Setelah melihat manfaat dan persyaratan beasiswa ini, berdasarkan hasil wawancara pada (21/6) bersama dua orang penerima beasiswa unggulan tahun 2019 dan 2020 memberikan beberapa tips dalam menaklukkan beasiswa ini, yaitu:

1. Jangan Ragu dan Malu untuk Bertanya dan Mencari Informasi Terkait Beasiswa Ini

Selalu mencari tahu terkait informasi pendaftaran beasiswa ini melalui media sosial, website resmi, maupun awardee beasiswa unggulan di tahun sebelumnya.

2. Siapkan Berkas Sedari Awal dan Selengkap Mungkin

Seleksi administrasi merupakan gerbang untuk memasuki tahap selanjutnya, yaitu wawancara. Oleh karena tahap ini menjadi tahapan yang penting, maka untuk yang berminat mendaftar beasiswa ini disarankan untuk menyiapkan seluruh berkas yang diminta untuk diunggah pada website resmi beasiswa unggulan saat mendaftar, seperti sertifikat TOEFL, sertifikat penghargaan atau lomba, transkrip nilai bagi mahasiswa on-going dan nilai UN dan USBN bagi mahasiswa baru, dan berkas lainnya . Hal ini bertujuan agar setiap persyaratan yang dibutuhkan dapat terpenuhi.

3. Gunakan Esai Bahasa Indonesia Sesuai dengan Ejaan PUEBI

Pada bagian essay diusahakan menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan ejaan PUEBI. Adapun isi dari essay tersebut diharapkan untuk sesuai dengan judul atau tema yang telah ditetapkan. Jika masih bingung untuk menulisnya dapat bertanya pada kakak tingkat yang sebelumnya berhasil mendapatkan beasiswa ini atau dapat mencari beberapa referensi essay pada internet.

4. Berlatih Sebelum Seleksi Wawancara Berlangsung

Jika sudah dinyatakan lolos tahap administrasi, maka selanjutnya tahapan wawancara. Biasanya terdapat jarak waktu antara pengumuman lolos tahap wawancara ini sehingga dapat digunakan untuk berlatih. Hal ini bertujuan agar meminimalisir rasa gemetar dan gugup saat diwawancarai. Untuk tahap wawancara ini juga dapat mencari tahu pengalaman dari awardee tahun sebelumnya.

5. Perbanyak Sertifikat dan Perbagus Nilai

Bagi mahasiswa baru disarankan untuk memperbanyak sertifikat baik bidang akademis maupun non akademis dengan tingkat nasional dan/atau internasional. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan. Oleh karena itu, semasa sekolah coba untuk memfokuskan diri untuk memperoleh sertifikat baik di bidang akademik maupun non akademik.

Bagi mahasiswa on-going disarankan untuk memfokuskan diri dalam bidang akademik, yaitu mengoptimalkan kemampuan diri untuk memperoleh IPK yang besar, yaitu minimal 3.25 yang mana merupakan syarat minimal IPK untuk mendaftar beasiswa ini. Oleh sebab itu, penting untuk diperhatikan dan jika memungkinkan dapat lebih tinggi dari batas minimum tersebut.

6. Terakhir, Jangan Lupa untuk Senantiasa Meminta Doa dan Restu Orang Tua

Selain berusaha dengan maksimal, doa orang tua menjadi salah satu senjata yang ampuh bagi anak-anaknya. Adanya keberhasilan yang akan diperoleh salah satunya disebabkan karena adanya doa dari orang tua. Oleh sebab itu, pastikan sebelum mendaftar meminta doa terlebih dahulu ya kepada kedua orang tua!

 

Referensi: Beasiswa Unggulan