Belajar Bahasa Korea Anti Bosan dengan Pakai Cara Berikut
Ilustrasi drakor | Foto: Pinterest/Anmol Sahu

#FutureSkillsGNFI

Seiring berjalannya waktu, kemajuan yang dilakukan oleh Korea dapat semakin dirasakan oleh penduduk dunia. Tidak hanya melalui perkembangan teknologinya yang bisa diacungi jempol, kini kita bisa merasakan bahwa industri hiburan Korea pun telah menjadi pembicaraan yang hangat dan banyak digemari.

Oleh karena itu, semakin banyak orang yang tertarik untuk mempelajari bahasa Korea, baik secara otodidak maupun ikut pada lembaga kursus. Apapun pilihanmu, mau tahu juga kan cara belajar bahasa Korea yang enggak bakal ngebosenin? Yuk, langsung cek penjelasan berikut.

  1. Mau tulis diary kamu dengan cara yang anti-mainstream? Tulis saja dengan hangeul!

Sebelum melangkah lebih jauh, kamu harus mengenal terlebih dahulu huruf hangeul atau alfabet Korea. Agar lebih mudah dalam menghapal huruf hangeul ini, kamu bisa berlatih menuliskannya secara rutin. Akan tetapi, kalau belum punya kosa kata bahasa Korea yang memadai, bagaimana cara yang bisa digunakan agar tetap bisa melatihnya?

Tenang saja, kamu bisa mulai mencoba menulis hangeul dengan menyusun kata-kata yang bukan dari bahasa Korea. Hal ini bisa membantu kamu menghapal huruf hangeul dengan mudah. Misalnya, kamu bisa menulis diary kamu dengan hangeul walaupun isinya tetap memakai bahasa Indonesia. Dijamin, isi diary-mu akan lebih terjamin keamanannya juga, lo (kecuali di sekitar kamu juga ada yang bisa membaca huruf hangeul, ehe).

  1. Kamu pendengar setia lagu Korea? Coba deh mulai dengar lagu itu sambil baca liriknya!

 

Setelah menghapal hangeul, untuk mengasah kemampuan membacamu, kamu bisa mulai membaca  kata bahasa Korea yang sederhana dan dapat dijumpai di kehidupan sehari-hari. Mau naik level lagi dengan cara lainnya? Kamu juga bisa mulai mendengar lagu Korea sekaligus membaca liriknya (bukan dalam bentuk romanisasinya, ya).

Ini merupakan cara yang enggak bakal ngebosenin untuk diterapkan. Kamu jadi bisa memperkaya kosa kata dari lirik lagu yang kamu dengar dan melatih kemampuan membacamu dengan lebih baik. Kamu bisa mulai dengan memilih lagu-lagu yang slow agar dapat mengikuti liriknya secara perlahan. Dengan cara ini, kamu juga dapat terbiasa untuk cara penulisan hangeul yang tepat dengan melihat pada liriknya.

  1. Siap untuk memperbanyak tontonan acara atau drama Korea? Inilah saatnya!

Dengan menonton acara televisi berbahasa Korea, kamu jadi bisa berlatih untuk mendengarkan percakapan yang kerap orang Korea pakai. Banyak acara televisi Korea yang menarik untuk ditonton. Kamu bisa memilih acara sesuai dengan pilihanmu sendiri. Dengan tontonan tersebut, kamu juga jadi bisa memperhatikan kebudayaan mereka, lo. Kamu tim yang suka masak-masak?

Kamu bisa menonton Three Meals a Day atau Youn’s Stay. Mau menonton games yang seru? Running Man dan Sixth Sense merupakan acara populer yang menarik untuk ditonton. Atau kamu ingin mengumpulkan insight cemerlang dari beragam sosok inspiratif? Kamu bisa menonton You Quiz on the Block. Selain itu, beragam genre drama pun bisa kamu pilih untuk ditonton. Enggak sedikit ungkapan familiar yang bisa kamu temukan dalam drama dan menarik untuk diketahui.

  1. Cari partner buat praktik bareng, siapa takut? Kajja!

Setelah berhasil menghapal hangeul, melatih kemampuan menulis, dan mendengar, rasanya enggak afdal kalau enggak dipraktikkan langsung, ya. Kamu bisa mempraktikkan langsung dengan saling bercakap dengan temanmu yang memiliki minat sama untuk mempelajari bahasa Korea. Jika kalian mempunyai minat yang sama dalam pembahasan kebudayaan Korea lainnya, tentu arah pembicaraan kalian akan lebih menyenangkan dan bervariasi.

Nah, begitulah cara yang enggak bakal  ngebosenin buat kamu untuk mempelajari bahasa Korea. Selamat mencoba, ya!

Referensi: Risman, Novianti. (2016). Asyiknya Belajar Bahasa Korea. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.