Cara Belajar yang Efisien Ala Siswa Korea Selatan
Ilustrasi belajar | Foto: Pexels

#FutureSkillsGNFI

Sulit berkonsentrasi ketika belajar memang menjadi sebuah tantangan bagi sejumlah orang. Konsentrasi dalam belajar merupakan hal yang sangat Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk mengatasi hal tersebut. Langkah alternatif yang dipakai salah satunya dengan mengubah cara atau gaya belajar agar lebih efektif dan efisien dalam proses belajar.

Setiap orang tentunya memiliki gaya belajar yang berbeda. Akan tetapi, tidak ada salahnya menilik atau mencoba cara belajar dari orang lain. Berikut ini ada beberapa tips belajar ala Siswa Korea Selatan yang dapat ditiru agar proses belajar menjadi lebih efisien dan nyaman.

1. Mengatur Waktu dengan Disiplin

Ilustrasi | Foto: Pexels

Melansir dari laman Korea Time, siswa Korea Selatan memiliki gaya belajar yang dapat dibilang cukup ekstrem. Mengapa dikatakan ekstrem? Karena mereka menghabiskan waktu 13 jam untuk belajar, 7 jam untuk tidur, dan sisanya digunakan untuk hiburan. Tampaknya waktu tersebut sulit ditiru oleh siswa di Indonesia, maka dari itu kamu dapat melakukan penyesuaian waktu secara mandiri.

Kamu harus bijak dalam mengatur waktu antara belajar dan istirahat dengan bijak sehingga tubuh tetap bugar ketika kamu memiliki kelas di keesokan harinya. Durasinya dapat kamu sesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Selama kamu dapat disiplin dalam mengatur waktu yang sudah kamu tentukan, perlahan-lahan kamu dapat terbiasa mengikuti alurnya.

2. Memilih Belajar di Tempat Nyaman

Tempat yang nyaman adalah salah satu faktor yang dapat membantu kamu dapat fokus dan tidak mudah kelelahan saat belajar. Siswa di Korea Selatan biasa pergi ke tempat-tempat khusus yang dirancang untuk belajar, seperti perpustakaan, study cafe, atau belajar di kamar tidur dengan meja belajar yang dirancang nyaman dengan memperhatikan pencahayaan dan suhu yang sejuk.

3. Menggabungkan Gaya Belajar

Kamu dapat menggabungkan beberapa gaya dari 8 jenis gaya belajar yang ada. Pilihlah gaya yang saling berkaitan agar kamu tidak bosan dan mendapat hasil belajar yang maksimal. Contohnya dengan memadukan gaya belajar audio dan gaya belajar visual, perpaduan gaya belajar ini dapat menjadi pertimbangan solusi gaya belajar kamu.

4. Menggunakan Timer

Menggunakan pengatur waktu merupakan salah satu cara penting agar dapat mendisiplinkan waktu, mengukur hambatan dalam belajar, atau mengukur kecepatan dalam memecahkan soal. Hal ini mudah dilakukan bahkan dapat diadaptasi oleh siswa di Indonesia dengan cara menyediakan stopwatch dan memantau waktu yang ada, misalnya dengan waktu belajar yang cukup tapi teratur selama 30 menit.

5. Mempelajari Hal Berbeda Setiap 20 Menit

Banyak siswa di Korea Selatan menerapkan sistem belajar hanya selama 20 menit untuk setiap materi. Setelah itu dilanjutkan dengan istirahat sejenak, lalu berpindah ke materi berikutnya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir rasa bosan saat belajar, karena otak manusia hanya bekerja secara optimal selama 20 menit ketika menyerap pembelajaran.

6. Mencatat Hal yang Belum Diketahui

Mayoritas siswa di Korea Selatan menggunakan metode mencatat pada buku catatan atau kertas kecil (notes) untuk memudahkan pemahaman saat belajar. Semakin banyak materi yang diserap semakin banyak pula ilmu yang akan melekat. Namun, sebaiknya jangan hanya dicatat saja, melainkan dibaca kembali dan dibahas lebih lanjut untuk memperdalam pembahasannya.

Dengan mengetahui cara belajar dari orang lain, pada tahap selanjutnya kamu dapat mengimplementasikan cara-cara tersebut dalam gaya belajar sehari-hari agar lebih efisien. Terapkan tips di atas perlahan-lahan, maka kamu akan terbiasa dengan alur belajarnya.

 

Referensi: Hipwee | BEM FEMA IPB