Belajar Ilmu Parenting Bersama Komunitas Ibu-Ibu Produktif
Illustrasi komunitas ibu-ibu produktif | Foto: Unsplash

Belajar ilmu parenting kini bisa dengan beragam cara, termasuk bersama komunitas. Memasuki motherhood, banyak ibu-ibu belajar cara mengatur hubungan dengan suami, anak, hingga menjalin hubungan baik dengan orang sekitar. Hal ini bisa membuat ibu merasa susah karena harus menyeimbangkan peran tersebut.

Ada beragam cara untuk memperoleh ilmu parenting. Biasanya, orang tua khususnya ibu-ibu mempelajarinya melalui website parenting, buku, hingga film. Kini, komunitas bisa menjadi pilihan lain bagi mereka yang ingin mempelajari ilmu parenting.

Komunitas berikut hadir sekaligus menjadi wadah untuk saling membagi ilmu parenting. Mau tahu apa saja komunitas itu khususnya buat para perempuan? Simak daftar komunitasnya berikut ini.

1. Komunitas Wajah Bunda Indonesia

Komunitas Wajah Bunda Indonesia | Foto: Quora

Kamu bisa belajar ilmu parenting bersama komunitas Wajah Bunda Indonesia (WBI). WBI adalah komunitas perempuan yang sudah menikah atau belum dan memiliki semangat untuk bisa maju dan berkembang.

Baca juga: Kiat Menjadi Alpha Woman, Wanita Tangguh dan Penuh Percaya Diri

Komunitas ini lahir pada 27 April 2012, sebagai wadah berkumpulnya perempuan, khususnya ibu-ibu modern. Di sini, para ibu bisa berbagi kisah, cerita, pengalaman, tips, hingga info kegiatan yang berkaitan dengan hubungan keluaga.

WBI juga beberapa kali mengadakan talkshow dengan menggandeng pembicara dan brand terkenal untuk menyebarkan informasi mengenai ilmu parenting. Kamu bisa mengikuti akun Instagramnya di @wajahbundaid.

2. Komunitas SmartMumsID

Komunitas SmartMumsID | Foto: Popmama

Komunitas SmartMumsID hadir untuk menjadi tempat berkumpul para mama millennial yang aktif dengan jiwa kebersamaan yang tinggi. Jika kamu ingin belajar ilmu parenting, kamu bisa belajar di komunitas ini.

Komunitas ini memiliki beragam acara yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai cara menjalankan hubungan keluarga dengan baik. Kamu bisa mengikuti aktivitas mereka dengan mengikuti Instagram @smartmumsid.

Selama masa pandemi, komunitas SmartMumsID beberapa kali mengadakan Instagram Live dengan tema-tema yang menarik, serta pembicara berpengalaman. Kegiatan tersebut hadir sebagai wujud semangat positif untuk terus berkolaborasi.

Baca juga: Komunitas Haenyeo, Wanita Penyelam Laut dari Pulau Jeju 

3. Komunitas Cerita Ibu Cerdas

Komunitas Cerita Ibu Cerdas | Foto: @ceritaibucerdas/Instagram

Berisikan para ibu untuk berbagi seputar ilmu parenting dan hubungan keluarga, Komunitas Ibu Cerdas berdiri sejak tahun 2017. Awalnya, komunitas ini hanya berbasis WhatsApp Group (WAG) dari kalangan artis untuk saling berbagi informasi mengenai ilmu parenting.

Dari percakapan yang terjadi di WAG tersebut, komunitas ini kemudian sering melakukan kegiatan seperti Forum Group Discussion (FGD) setiap bulannya. FGD tersebut mengangkat tema-tema yang menarik, seperti pola asuh anak, gizi, hingga psikologi.

Di komunitas ini, ada beberapa artis Indonesia yang juga bergabung di dalamnya. Misalnya Deswita Maharani, Revalina S. Temat, Diva Nadia, Hesti Purwadinata, hingga Dian Ayu. Kamu bisa mengikuti kegiatan komunitas ini dengan mengikuti Instagramnya di @ceritaibucerdas.

Baca juga: Pahami Kehidupan Bersama Komunitas Filsafat Berikut

4. Komunitas Fairy Good Mom

Komunitas Fairy Good Mom | Foto: Kumparan

Komunitas Cerita Ibu Cerdas sudah berdiri sejak 11 Oktober 2019. Komunitas ini cocok buat kamu yang ingin menambah ilmu parenting dengan beragam kegiatan seru dan menarik.

Kamu bisa mengikuti kegiatan Cerita Ibu Cerdas dengan mengikuti akun Instagram @fairygoodmom. Di sana, kamu juga bisa mendapatkan beberapa tips terkait pola asuh anak. Tidak hanya untuk orang tua, komunitas ini juga sering melakukan kegiatan bersama dengan anak-anak.

Itulah beberapa komunitas yang cocok buat kamu yang sedang ingin belajar mengenai ilmu parenting. Kamu bisa mengikuti segala kegiatan dan aktivitas mereka di akun Instagram resmi masing-masing.

Referensi: Popmama | Kumparan