Belajar Menerima Diri Sendiri Dari Film Kartun Disney
Ilustrasi I Sumber: Freepik

#FutureSkillsGNFI

Apa yang tidak bisa dicari pada era digital saat ini? Melalui satu sentuhan, berbagai hal bisa didapatkan, mulai dari berita terkini, berbelanja, menjalankan hobi, sampai menengok kegiatan orang lain melalui media sosial. Meskipun sudah rahasia umum bahwa tidak semua yang tertampil di media sosial adalah seratus persen benar terjadi di dunia nyata.

Menurut informasi dari Indonesiabaik.id, pengguna sosial media individu usia 9-19 tahun menjadi kelompok pengguna terbanyak kedua setelah kelompok usia 20-29 tahun. Artinya, anak dan remaja masa kini cukup aktif mengakses media sosial. Melansir artikel binus.ac.id, sosial media mampu memicu cyberbullying, yaitu seseorang akan menerima komentar negatif jika tidak menampilkan diri sesuai standar netizen yang berdampak terhadap aspek psikologisnya.

Oleh karena itu, penerimaan diri bisa menjadi benteng awal agar komentar dari netizen tidak berpengaruh besar terhadap kondisi psikologis. Melalui penerimaan diri, berbagai aspek yang melekat pada diri, entah fisik, sifat, atau asal usul keluarga, menjadi sesuatu yang membahagiakan. Bukan kekurangan yang malu ditampilkan. Melalui artikel ini, ada beberapa film Disney yang bisa ditonton bersama untuk menyelami makna penerimaan diri.

1. Encanto (2021)

Ilustrasi Film Encanto I Sumber: Disney

Sebuah film garapan sutradara Jared Bush dan Byron Howard peraih ‘Best Animated Feature’ di ajang piala Oscar 2022. Bercerita tentang keluarga Madrigal yang setiap anggota keluarganya dianugerahi kekuatan istimewa, kecuali Mirabel. Kondisi ini membuat Mirabel menerima perlakuan berbeda oleh neneknya karena khawatir akan menular pada generasi berikutnya.

Meksi keadaannya berbeda, Mirabel tidak pernah membenci keluarganya karena ibunya selalu meyakini Mirabel bahwa dia tetap bagian dari keluarga Madrigal. Hingga di hari sepupu Mirabel mendapatkan kekuatan istimewa, Mirabel justru melihat kejanggalan dan mencoba menyampaikan kepada keluarganya. Sayang, tindakannya justru membuat nenek Mirabel marah. Namun, dari sini perjalanan Mirabel bermula dan memperlihatkan istimewa yang berbeda dari anggota keluarga lainnya.

2. Ron’s Gone Wrong (2021)

Ilustrasi Film Ron's Gone Wrong I Sumber: Disney

Memotret situasi kehidupan saat ada jejaring ramah anak menggunakan teknologi berbentuk robot bernama Bubble Bot (B-Bot) yang bisa menganalisa profil seseorang dan mencarikan teman. Sayangnya, Barney adalah satu-satunya anak yang tidak memiliki B-Bot karena faktor ekonomi sehingga membuatnya tidak bisa berbaur dengan teman lainnya. Saat menyadari bahwa anaknya tidak memiliki banyak teman, akhirnya ayah Barney menghadiahi sebuah B-Bot ‘rejected’ yang kemudian diberi nama Ron tepat di hari ulang tahun Barney.

Setelah berinteraksi beberapa saat, Barney mulai curiga bahwa B-Bot miliknya berbeda karena tidak bisa membuat profil otomatis seperti milik temannya yang lain. Barney tidak kehilangan akal dan mencoba melatih B-Bot miliknya agar bisa berfungsi untuk membuatnya berbaur dengan yang lain. Di film animasi karya sutradara Sarah Smith dan Jean-Philippe Vine menyuguhkan simulasi kemajuan teknologi yang jika disikapi dengan tepat dapat membantu untuk lebih mendalami penerimaan diri dan arti persahabatan sesungguhnya.

3. Zootopia (2016)

Ilustrasi Film Zootopia I Sumber: Disney

Film animasi ke-55 Disney yang disutradarai oleh Byron Howard dan Rich Moore. Bercerita tentang sebuah kota yang diisi oleh hewan karnivora dan herbivora yang hidup damai berdampingan. Film ini mengisahkan kehidupan Judy Hopps, anggota polisi pertama dari kelompok kelinci.

Perlakuan berbeda sebagai minoritas dari sekitar tidak menurunkan semangat kerja Judy karena polisi adalah profesi cita-citanya sejak kecil. Kemudian, Judy bertemu dengan Nick, seekor rubah yang sangat licik, yang ternyata ditakdirkan sebagai rekannya dalam melakukan investigasi kasus besar. Ketika menjalani misi inilah Judy semakin mengenal dirinya dan sisi lain Nick yang diacuhkan lingkungan sekitar.



Referensi: Smart Mama | YourSayIDN Times | Kompas