Belajar Pertanian di Jurusan Agroteknologi
Ilustrasi Teknologi Pertanian | Foto: Piexabay

#FutureSkillsGNFI

Jurusan Agroteknologi atau yang pada beberapa kampus disebut juga dengan Agroekoteknologi, merupakan salah satu jurusan yang berada di bawah naungan fakultas pertanian.  Belakangan ini jurusan ini semakin diminati dan juga memiliki persaingan yang cukup ketat seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya teknologi pertanian yang akan dibutuhkan ke depannya. Penasaran sebenarnya apa sih Agroteknologi itu? Apa saja ya yang dipelajari dalam jurusan ini? Lalu bagaimana dengan prospek kerjanya? Yuk kita bahas

Pengertian Agroteknologi

Agroteknologi berasal dari kata “Agro” dan “Tekno”. Agro sendiri berasal dari kata agronomi yang artinya ilmu yang mempelajari tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan pertanian. Sedangkan tekno berasal dari kaya teknologi yang berkaitan dengan sains. Jadi Agroteknologi dapat diartokan sebagai ilmu yang mempelajari tentang teknologi dalam pertanian.

Perbedaan Agroteknologi dan Agribisnis

Berada di bawah naungan fakultas serta mempelajari bidang yang sama yaitu pertanian, jurusan agroekoteknologi seringkali sulit dibedakan dengan jurusan agribisnis. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang mencolok loh GoodMates diantaranya yaitu agroteknologi memiliki peran di on-farm yaitu tahap produksi tanaman baik di lahan, sawah, maupun dengan media lainnya (contohnya hidroponik). Sedangkan agribisnis berperan di off-farm yaitu pemasaran hasil pertanian.

Perbedaan lainnya yaitu hal-hal yang dipelajari. Jika pada jurusan agribisnis lebih banyak mempelajari tentang ekonomi, pada jurusan agroteknologi akan lebih mendalami hal-hal yang berhubungan dengan proses penanaman tumbuhan hingga panen.

Yang Dipelajari Jurusan Agroteknologi

Sesuai dengan namanya, Agroteknologi mempelajari penerapan teknologi dalam budidaya tanaman.  Jurusan ini mencakup proses dari awal tanaman dalam berbentuk bibit sampai dengan panen, mulai dari pengolahan tanah, memilih bibit, penanaman, pemeliharaan tanaman, hingga panen dan pasca panen. Jurusan ini sangat cocok untuk GoodMates yang saat di bangku sekolah tertarik dengan mata pelajaran biologi, terutama biologi pada tumbuhan.

Mata kuliah yang akan diberikan diantaranya yaitu, pengantar ilmu pertanian, dasar-dasar agronomi, fisiologi tanaman, teknologi benih, kesehatan dan kesuburan tanah, pengelolaan hama dan penyakit tanaman, genetika tanaman, bioteknologi tanaman, pemuliaan tanaman, pengelolaan pasca panen, dan masih banyak mata kuliah seputar pertanian lainnya yang akan dipelajari. Selain mempelajarinya, GoodMates yang akan mengambil jurusan ini juga akan mempraktekan ilmu-ilmu yang diperoleh di dalam kelas secara langsung baik di kebun maupun di laboratorium.

Bukan hanya seputar budidaya tanaman, mata kuliah pendukung lain juga akan didapatkan dalam perkuliahan diantaranya yaitu pengantar ilmu ekonomi, ekonomi pertanian, serta kewirausahaan.

Peluang Lulusan Agroteknologi

Keuntungan mengambil jurusan ini yang pertama karena pertanian memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan, dengan penerapan teknologi yang tepat melalui lulusan agroteknologi hasil produksi berbagai komoditas tanaman akan meningkat.

Kemudian peluang untuk berkarir yang luas baik di swasta maupun instansi pemerintahan. Bahkan GoodMates juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan di bidang pertanian.

Prospek kerja lulusan agroteknologi tergolong luas sejalan dengan perkembangan pertanian di Indonesia.  Lulusan jurusan ini sangat dicari oleh perusahaan pembenihan, pupuk,  perkebunan, kehutanan, pangan, dan hortikultura.

Bagi yang berminat untuk berkarir di pemerintahan, lulusan agroteknologi memiliki peluang untuk berkarir pada beberapa instansi pemerintahan seperti Kemetrian Pertanian, Dinas Pertanian di tiap-tiap daerah, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Pertanahan Nasional (BPN), Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal), serta berbagai Badan usaha milik Negara (BUMN) maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak di bidang pertanian.

Nah, itu dia sekilas gambaran mengenai jurusan Agroteknologi. Buat GoodMates yang masih bingung atau tentang jurusan ini, semoga bisa bermanfaat ya.

Referensi: Quippercampus|| Ruangguru