Punya Benda Ini Di Rumah, Perhatikan Waktu Pemakaiannya
Dapur Rumah Modern | Foto: Pixabay

Setiap rumah harus dijaga kebersihannya, dan tentunya perlu usaha untuk itu. Untunglah kita sudah dibekali banyak peralatan rumah tangga untuk meminimalkan usaha dan memaksimalkan hasil. Tapi tetap diperlukan konsistensi pemakaian alat-alat rumah tangga, karena rutin dipakai artinya harus rutin diganti pula.

Tidak harus menunggu rusak, karena terlalu lama peralatan rumah tangga dipakai maka daya gunanya juga akan menurun. Bahkan lebih parahnya akan menjadi sarang bakteri.

Peralatan rumah tangga yang sering dipakai tapi jarang dibersihkan atau diganti bisa menjadi sarang virus dan bakteri. Hal ini bisa memantik penyakit timbul menyerang. Punya benda-benda berikut, sebaiknya perhatikan lama pemakaiannya, supaya Kamu tahu kapan harus membersihkan dan menggantinya.

Sikat Gigi

Benda satu ini digunakan untuk membersihkan area mulut, gigi dan lidah. Oleh karena terpapar air terus menerus, membuat sikat gigi lembab dan bakteri mudah hinggap. Biasanya setelah satu bulan lebih, sikat gigi yang sering dipakai akan membuat bulu-bulu sikatnya tidak serapi di awal. Itulah mengapa sikat gigi harus rutin diganti setiap tiga bulan sekali.

Spons

Masih alat kebersihan, baik di dapur maupun kamar mandi. Spons juga menjadi alat yang sangat riskan dihinggapi bakteri. Maka dari itu harus rutin diganti setiap minggu atau setidaknya dibersihkan sebelum dan sesudah digunakan.

Sisir

Ada berbagai jenis sisir, mulai dari yang bergigi rapat dan yang bergigi jarang. Secara sekilas kita mungkin bisa menangkap helaian rambut yang tersangkut atau kotoran-kotoran yang masih bisa dilihat. Tapi sentuhan rambut dan sisir juga mampu mentransfer banyak kuman tak terlihat. Maka dari itu, sisir harus rutin dibersihkan setiap minggu dan diganti yang baru setiap tahunnya.

Talenan

Talenan yang digunakan sebagai alas memotong berbagai jenis bahan dapur ini tidak selamanya bersih. Pisau yang sering digunakan untuk memotong akan sedikit demi sedikit menggores permukaan talenan. Talenan berbahan dasar kayu, lebih-lebih lagi, mudah tergores dan membuat sisa-sisa potongan bahan melekat dan sukar dibersihkan. Sebaiknya talenan rutin diganti ketika goresan pada permukaannya makin dalam dan mulai berubah warna.

Karpet

Menjadi benda yang selalu diinjak setiap hari, karpet berisi segala macam kotoran yang dibawa oleh kaki atau dari tumpahan makanan. Karpet harus rutin dibersihkan, dan diganti bila perlu tergantung dari jenis karpetnya. Beberapa karpet yang mudah kotor harus lebih rutin diganti. Karpet bulu biasanya memerlukan kehati-hatian khusus untuk membersihkannya.

Pisau Cukur

Pria umumnya mencukur jenggot atau pun kumisnya secara teratur. Pisau cukur yang rutin dipakai harus sering diganti untuk menghindari berbagai efek samping dari bercukur. Disarankan mengganti pisau cukur 1-2 minggu sekali.

Handuk Mandi

Benda yang selalu digunakan sehabis mandi. Handuk juga berisiko menjadi tempat bakteri membiak karena keadaannya yang hampir selalu basah dan lembab. Daya guna handuk juga akan berkurang setelah lama dipakai, sudah tidak menyerap air dengan baik. Handuk harus selalu diganti setelah pemakaian 1-3 tahun.

Bantal

Hampir sepertiga umur manusia digunakan untuk tidur. Bantal yang menjadi alas tidur pada umumnya juga penuh kotoran. Terkena langsung dengan wajah dan rambut membuat bantal harus rutin diganti. Sarung bantal idealnya harus dibersihkan setiap minggunya, sedangkan bantal sendiri disarankan diganti setiap 2-3 tahun.

Begitu banyak peralatan yang kita gunakan. Semua peralatan yang rutin dipakai artinya harus rutin juga untuk merawatnya. Dibersihkan atau diganti setelah sekian lama dipakai. Jadi, sudahkah Kamu mengganti sarung bantal hari ini?

 

Referensi: TEMPO | IDN Times | Hellosehat